Logo Sulselsatu

Run the City Makassar Rangkaian LPS Monas Half Marathon 2024 Diikuti Seribu Pelari

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Minggu, 19 Mei 2024 15:31

Run the City Makassar yang merupakan rangkaian LPS Monas Half Marathon. Foto: Istimewa.
Run the City Makassar yang merupakan rangkaian LPS Monas Half Marathon. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, MAKASSARLembaga Penjamin Simpanan (LPS) bekerja sama dengan Harian Kompas akan kembali menggelar event lari LPS Monas Half Marathon 2024 di Jakarta.

Dalam rangkaian event tersebut, digelar Run the City di empat kota besar Tanah Air. Makassar, Sulawesi Selatan menjadi tuan rumah kedua untuk penyelenggaraan Run the City pada Minggu (19/5/2024).

Run the City Makassar diikuti sebanyak 1.000 pelari yang menempuh jarak total 5,2 kilometer.

Baca Juga : Pelari dari 21 Negara Ikut Ramaikan LPS Monas Half Marathon 2024

Hadir dalam pelepasan pelari (flag off) antara lain Walikota Makassar Danny Pomanto, Kepala Kantor Program Persiapan PRP dan Hubungan Lembaga LPS Hermawan Setyo Wibowo, dan Angoota Badan Supervisi LPS, Andi Timo Pangerang, serta Wakil Redaktur Pelaksana Harian Kompas A Tommy Trinugroho.

Sama halnya dengan sebelumnya di Medan, Run The City Makassar mengusung konsep fun run, dimana pelari akan start pada pukul 05.30 Wita di Taman Tugu Komodo dan akan finish di tempat yang sama.

Rute menempuh sejumlah jalan utama Kota Makassar, antara lain Jl Boulevard Central Point of Indonesia, Jl Metro Tanjung Bunga, melewati Tugu Ikan, berputar di Patung Kuda, sebelum kembali ke Taman Tugu Komodo.

Baca Juga : Hingga April 2024, LPS Jamin 573,915 Rekening Bank Umum dan 18,32 Juta Rekening BPR/BPRS

Sepanjang rute yang dilalui, peserta juga dapat menikmati suasana pagi Kota Makassar berlatar Pantai Losari dengan sejumlah landmark antara lain Tugu Globe Central Point of Indonesia (CPI), Tugu Ikan CPI, Patung Kuda CPI, dan Masjid Seribu Kubah.

Di sepanjang rute Run The City Makassar juga ada beberapa titik cheering untuk menyemangati pelari.

Sehari sebelumnya, Sabtu (18/5/2024) diadakan pengambilan RPC di Gedung Graha Pena Makassar. Para peserta Run the City Makassar mendapatkan paket lari.

Baca Juga : LPS Pertahankan Tingkat Bunga 4,25 Persen Bank Umum dan 6,75 Persen Bagi BPR

Usai berlari, para peserta juga menikmati beragam aktivitas di race village di Taman Tugu Komodo. Race village Run the City Makassar dibuat dengan konsep festival untuk menyambut pelari yang baru selesai berlari.

Selain acara di panggung utama, terdapat juga area kuliner, area permainan, dan area foto. Terdapat pula live grafitti sebagai background foto yang menarik yang berkolaborasi dengan seniman lokal.

Pada gelaran Run The City Makassar juga diberikan medali bagi pelari yang berhasil finish. Medali Run The City dari 4 kota yang dikunjungi (Medan, Makassar, Surabaya dan Jakarta) menjadi collectible item yang bisa dikumpulkan pelari. Medali ini bisa digabung menjadi satu kesatuan.

Baca Juga : Workshop dan Apresiasi Jurnalis 2024 Edukasi Peran LPS dan OJK kepada Media di Makassar

Hermawan mengatakan, Run The City Makassar merupakan salah satu bentuk sosialisasi LPS kepada masyarakat.

“Sosialisasi ini dibutuhkan agar masyarakat semakin paham fungsi LPS sehingga masyarakat tidak ragu lagi menabung di bank, karena ada LPS yang siap menjamin simpanan jika bank dicabut izin usahanya,” jelas Hermawan.

Hermawan juga mengucapkan terima kasih kepada warga Makassar atas tingginya animo terhadap kegiatan ini. Dalam waktu singkat slot pendaftaran RTC Makassar langsung diborong warga.

Baca Juga : Izin BPR Jepara Artha Dicabut OJK, LPS Siapkan Pembayaran Simpanan Nasabah

“Tahun depan kami akan tambah quota peserta dan kategori lomba larinya agar semakin banyak warga Makassar yang dapat menikmati kegiatan ini,” ujar Hermawan.

Acara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peresmian kantor LPS di Makassar. Sebagai informasi, tanggal 17 Mei 2024 kemarin, LPS resmi hadir di Makassar beralamat di Graha Pena lantai 17 JalanUrip Sumoharjo.

Wakil Redaktur Pelaksana Harian Kompas A Tommy Trinugroho mengatakan, Run The City merupakan program turunan dari LPS Monas Half Marathon. Tahun ini diadakan di empat kota di Indonesia yaitu Medan, Makassar, Surabaya dan Jakarta.

“Empat kota ini dipilih berdasarkan banyaknya persebaran pelari di Indonesia dengan tujuan memperkenalkan LPS Monas Half Marathon kepada pelari di Indonesia,” jelas A Tommy.

Vira (35) semangat mengikuti ajang lari Run the City yang akan berlangsung pada Minggu (19/5/2024) pagi. Ia datang bersama Adi Hermawansyah (36), sang suami.

Untuk pertama kali, ibu satu anak ini akan mengikuti ajang lari seumur hidupnya.

”Tertarik mau ikut. Kebetulan suami juga mau ikut acaranya. Jadi, kita sama-sama lari. Saya untuk pertama kali ikut ajang lari seperti ini,” katanya.

Berikutnya, Run the City akan menyambangi Kota Surabaya di Jawa Timur, yang merupakan kota terakhir sebelum puncaknya pada penyelenggaraan LPS Monas Half Marathon 2024 di Jakarta.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Olahraga22 Juli 2024 09:28
Kemenkumham Sulsel Juara Umum Turnamen Tenis Peringatan Hari Pengayoman Tahun 2024
SULSELSATU.com, JAKARTA – Kontingen Tenis Lapangan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) berhasi...
Olahraga22 Juli 2024 08:24
Daftar Juara Honda Dream Cup Palopo, Siap Jadi Bibit Pembalap Muda Potensial
Honda Dream Cup (HDC) di Sirkuit Ratona Motosport Palopo berhasil mendapatkan juaranya setiap kelas balap....
Berita Utama22 Juli 2024 08:07
Tim Sepakbola Kodim 1425 Jeneponto FC, Raih Tiket Ke Babak Semifinal Pada Turnamen Tarowang Super Cup
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Tim Sepak Bola Kodim 1425 Jeneponto FC berhasil melaju ke semifinal setelah memenangkan pertandingan melawan Pestisida F...
Metropolitan21 Juli 2024 22:37
Dosen Sastra UMI Jabat Ketua Asosiasi Dosen Swasta Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Muhammad Harun, S.S., M.Pd., C.I, yang merupakan Dosen Fakultas Sastra UMI, terpilih dan dipercaya menjadi Ketua Umum...