Logo Sulselsatu

Kabupaten Gowa Kembali Raih WTP Ke-12 Kalinya dari BPK Sulsel

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Kamis, 30 Mei 2024 09:02

Kepala BPK RI Sulsel Amin Adab Bangun sata menyerahkan Opini WTP kepada Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Bupati Gowa Abdul Rauf Malaganni. Foto: Istimewa.
Kepala BPK RI Sulsel Amin Adab Bangun sata menyerahkan Opini WTP kepada Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Bupati Gowa Abdul Rauf Malaganni. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke-12 kalinya.

Capaian ini dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2023 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan di Kantor BPK Sulsel, Makassar, Rabu (29/5/2024).

Hal ini diungkapkan Kepala BPK RI Sulsel Amin Adab Bangun pada Serah Terima Laporan Hasil Pemeriksaan LKPD bagi Kabupaten Gowa, Maros, Bulukumba, Pinrang dan Tana Toraja Provinsi Sulsel.

Baca Juga : Adnan Purichta Ichsan Ajak Para Bupati Mulai Memikirkan Pembangunan Rendah Karbon

“Setelah melakukan proses pemeriksaan melalui tim yang diturunkan secara profesioanal dan sesuai prosedur, maka opini yang didapat oleh Gowa adalah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, dirinya menyampaikan ada empat kriteria BPK dalam memberikan opini atas LKPD kabupaten/kota salah satunya yakni konsistensi dan kesesuaian laporan keuangan dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP), kecukupan informasi dalam laporan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan terkait pengelolaan keuangan daerah dalam rangka penyusunan LKPD, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

“Dalam beberapa rekomendasi yang diberikan kepada pemerintah Kabupaten Gowa, seluruh rekomendasi tersebut telah ditindaklanjuti meskipun masih ada yang dalam proses, namun kami mengapresiasi semua bentuk kerja keras yang dilakukan pemerintah kabupaten/kota sehingga LHP ini meraih opini WTP,” jelasnya.

Baca Juga : TP PKK Gowa Manfaatkan Lahan Pekarangan Rumah Tanam Ribuan Bibit

Atas capaian itu, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengungkapkan rasa terimakasihnya karena Gowa mampu meraih WTP yang ke-12 kalinya dari BPK Sulsel. Menurutnya opini WTP ini merupakan salah satu hal penting dalam memajukan daerah.

“Alhamdulillah Gowa berhasil meraih opini WTP Ke-12 kalinya. Setiap penyerahan opini menjadi agenda penting bagi seluruh daerah, karena jika ingin membangun daerah maka kuncinya harus mendapat opini WTP dari BPK. Ini semua berkat kerja keras SKPD dan menjadi komitmen kita bersama kabupaten/kota lainnya,” jelasnya.

Olehnya dirinya juga mengapresiasi tim BPK yang melakukan pemeriksaan, Adnan menyebut tim BPK yang bertugas merupakan yang terbaik sejak dirinya menjabat sebagai kepala daerah.

Baca Juga : Pemkab Gowa Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan Tanam 1.000 Pohon di Lahan Kritis

“Kami juga berterimakasih kepada BPK khususnya tim yang melakukan audit. Ini akan menjadi motivasi untuk seluruh pihak agar bisa terus memberikan kontribusi untuk kemajuan daerah dan masyarakat lebih sejahtera di masa yang akan datang,” tutup Adnan.

Pada penyerahan ini, Bupati Gowa turut didampingi Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni, Pj Sekda Gowa, Abdul Karim Dania, Ketua DPRD Gowa, Rafiuddin dan Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Pendidikan12 Juni 2024 21:58
Danny Pomanto Minta ICMI Ambil Peran Cerdaskan Anak Bangsa di Tengah Krisis Moral
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto meminta Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) mengambil peran mencerdaskan anak bangsa di tengah krisis...
Video12 Juni 2024 20:40
VIDEO: Penyerang Timnas Indonesia Beri Hadiah Sepatu kepada Seorang Supporter
SULSELSATU.com – Seorang supporter mendapatkan sepatu dari penyerang timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen. Ragnar memberikan sepatunya kepada fa...
Bisnis12 Juni 2024 20:13
Hyundai Perkuat Layanan Aftersales di Makassar Lewat Hyundai Hadir Untukmu
PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) kembali meningkatkan pengalaman aftersales pelanggan di Makassar. Terbaru, HMID menghadirkan program Hyundai Hadir ...
Lifestyle12 Juni 2024 19:25
Asmo Sulsel Edukasi #Cari_Aman Demi Tingkatkan Keselamatan Berkendara ASN di Gowa
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) konsisten memberikan edukasi keselamatan berkendara atau safety riding kepada karyawan ataupun pekerja....