Logo Sulselsatu

Kalla Aspal Bawa Aspal Emulsi Jangkau Pasar di Wilayah Sulawesi

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Jumat, 31 Mei 2024 11:26

Pabrik Aspal Emulsi di Sulawesi. Foto: Istimewa.
Pabrik Aspal Emulsi di Sulawesi. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, MAKASSARKalla Aspal melakukan ekspansi produk terbarunya, yaitu aspal emulsi ke Sulawesi dengan membangun pabrik di wilayah kota Parepare dan kota Palu.

Kedua pabrik ini akan melayani permintaan mitra di wilayah Sulsel, Sultra, Sulteng hingga Gorontalo.

Produksi aspal emulsi di kedua pabrik tersebut pun telah dimulai tahun ini. Kapasitas masing-masing pabrik dapat menampung 3 ton aspal emulsi yang dapat menghasilkan 10 drum selama kurang lebih 6 jam produksi.

Baca Juga : Kalla Aspal Borong 6 Penghargaan dari Pertamina Patra Niaga, Raih Terminal Aspal Curah Terbaik

Adapun lokasi pabrik Kalla Aspal di wilayah Parepare berada di Jalan Poros Parepare-Barru, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru. Sedangkan di Palu berlokasi di Jalan Bahari Kompleks Pelabuhan Pantoloan.

“Dengan adanya aspal emulsi dari Kalla Aspal ini tentunya akan semakin memudahkan para rekanan atau kontraktor dalam melakukan pengaspalan jalan hotmix di berbagai jalan wilayah Sulawesi. Karena memang selama ini, rekanan masih cukup sulit untuk mendapatkan emulsi, harganya pun cukup tinggi. Sekarang customer jadinya lebih mudah untuk mendapatkan aspal emulsi,” jelas Burhanuddin Lestim selaku Chief Operation Officer (COO) Kalla Aspal.

Ia mengungkapkan, pabrik aspal emulsi Kalla Aspar sebelumnya sudah ada di Kaimantan Timur.

Baca Juga : Di Usia ke-35 Tahun, Kalla Aspal Perluas Coverage Area Hingga Indonesia Barat

Prospeknya pun sangat bagus karena pabrik tersebut juga melayani permintaan wilayah lain di sekitarnya, khususnya Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara.

“Begitu pun di Sulawesi. Saat ini kita juga bisa menjual aspal emulsi Parepare hingga ke wilayah Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara. Kalau yang di Palu, kita juga bisa menjual sampai Gorontalo,” sebut Burhanuddin.

Marketing & Operation General Manager Kalla Aspal, Muhammad Sadar, menambahkan, ekspansi ke Sulawesi tentunya dilakukan setelah melihat kebutuhan aspal di wilayah ini.

Baca Juga : Kalla Aspal Fokus Coverage Area dan Hadirkan Produk Baru

Pembangunan jalannya memang masih membutuhkan suplai aspal yang cukup besar.

“Tentunya setiap pembangunan jalan juga membutuhkan aspal emulsi. Selama ini memang sudah ada penyedianya, tetapi dengan melihat jumlah pasar, sepertinya masih belum cukup menyuplai seluruh kabutuhan aspal sehingga Kalla Aspal pun membangun pabrik aspal emulsi untuk lebih memudahkan customer,” tutur Sadar.

Kalla Aspal pun masih akan melakukan ekspansi dengan membangun pabrik aspal emulsi di wilayah lainnya. Target selanjutnya di wilayah Sulawesi Tenggara dan Gorontalo yang akan dimulai pada awal 2025.

Baca Juga : Selamat! Kalla Aspal Raih 1st Best Asphalt Curah Kapal Distributor 2022 dari Pertamina Patra Niaga

Untuk diketahui, aspal emulsi merupakan aspal yang didisversikan ke dalam air dengan bantuan emulgator atau bahan pengemulsi dalam bentuk butiran yang sangat halus.

Aspal juga dibuat sangat encer dengan cara memanaskan atau mencampurnya dengan bahan bakar minyak, seperti minyak tanah.

Kalla Aspal memiliki dua jenis aspal emulsi, yakni prime coat atau CSS yang berfungsi sebagai perekat antara permukaan jalan non aspal dengan permukaan lapisan aspal baru. Kemudian, ada pula tack coat atau CRS yang berfungsi merekatkan aspal lama dan aspal baru.

Baca Juga : Kalla Aspal Siap Launching Produk Terbaru Juni Mendatang

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar Kalla Aspal, customer dapat mengikuti Instagram @kalla.aspal. Selain itu, dapat pula menghubungi hotline Kalla Care di nomor Whatsapp 0811 4414 030 dan nomor 0411 300 0103 serta mengunjungi website www.kalla.co.id.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama16 Juni 2024 21:52
Besok, Kapolres Jeneponto dan Jajarannya Kurban 50 Ekor Sapi
SULSELSATU.com,JENEPONTO – Kapolres Jeneponto AKBP Budi Hidayat dan Jajarannya akan melaksanakan kurban 50 ekor sapi usai pelaksanaan shalat idu...
Metropolitan16 Juni 2024 19:00
Perayaan Idul Adha 1445 H, Pemkot Makassar Sembelih 62 Hewan Kurban
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar akan menyembelih sebanyak 62 hewan kurban dalam perayaan Idul Adha 1445 Hijriah. Hewan-hewan kur...
Makassar16 Juni 2024 18:26
Prof Zudan Apresiasi Danny Pomanto, Efektif Jaga Stabilitas Harga Pangan H-1 Idul Adha 1445 Hijriah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mendampingi Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh meninjau langsung har...
OPD16 Juni 2024 17:47
Kompaknya Ketua DPRD Sulsel Bersama Pj Gubernur Turun ke Pasar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua DPRD Sulawesi Selatan Andi Ina Kartika Sari bersama Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh melakukan oper...