Logo Sulselsatu

Minimalisir Dampak Kecelakaan Kerja, Pelindo Regional 4 Gelar In House Training Petugas P3K

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 10 Juni 2024 12:53

In house training petugas P3K Pelindo Regional 4. Foto: Istimewa.
In house training petugas P3K Pelindo Regional 4. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 menggelar In House Training Petugas Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) ‘Sertifikasi Kementerian Tenaga Kerja & Transmigrasi RI’ Batch 1 di Ruang Rapat AKHLAK Lantai 7 Kantor Pelindo Regional 4 Makassar, Senin (10/6/2024).

Executive Director 4 Pelindo Regional 4 Abdul Azis dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk memberikan perlindungan bagi pekerja yang mengalami kecelakaan.

“Maka perlu dilakukan pertolongan pertama secara cepat dan tepat, sesuai dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja & Transmigrasi RI No. PER15/MEN/VIII/2008 tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) di tempat kerja,” kata Abdul Azis.

Baca Juga : Utara Fest 2024 di Pelabuhan Paotere Gerakkan Roda Ekonomi dan Tambah Daya Tarik Wisatawan

Tujuan dari pelaksanaan pelatihan yang digelar selama 4 hari ini (Senin hingga Kamis (10 – 13 Juni 2024), untuk memberikan pengetahuan, pemahaman mengenai pelaksanaan P3K di lingkungan tempat kerja.

Seluruh peserta yang merupakan petugas P3K diharap mampu meningkatkan keterampilan dalam melakukan pertolongan pertama terhadap penyakit mendadak dan kecelakaan kerja.

“Dengan adanya pelatihan P3K ini, kami berharap seluruh peserta bisa mengetahui pengetahuan dasar mengenai pertolongan pertama pada kecelakaan, berupa penanganan awal pada korban sebelum ditangani oleh tenaga medis sehingga dapat meminimalisir tingkat keparahan yang dialami oleh korban,” kata Abdul Azis.

Baca Juga : Pelindo Regional 4 Salat Iduladha Bersama Masyarakat dan Salurkan Daging Kurban

Kegiatan pelatihan P3K tahun ini akan dilaksanakan dalam 2 batch karena jumlah peserta yang cukup banyak dari Pelindo Group di wilayah Regional 4. Sebanyak 31 orang yang berasal dari subholding dan anak perusahan yang berada di wilayah kerja Regional 4.

Banyaknya peserta ini mengindikasikan bahwa saat ini Manajemen Pelindo Group sangat konsen dalam memperhatikan aspek K3 di tempat kerja.

Mulai dari aspek preventif (safety campaign) sampai dengan tindakan kuratif dan rehabilitasi terhadap korban kecelakaan kerja dan Penyakit Akibat Kerja.

Baca Juga : KM Umsini Terbakar di Pelabuhan Makassar, Pelindo Pastikan Semua Aman dan Tetap Beroperasi

“Saya sangat berharap agar seluruh peserta pelatihan P3K ini fokus dalam pelatihan selama 4 hari ke depan, sehingga nantinya tidak hanya selembar kertas sertifikasi yang didapat namun yang paling utama adalah ilmu dalam memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan bagi korban,” tukas Executive Director 4 Pelindo Regional 4 Abdul Azis.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News22 Juni 2024 23:17
Profesionalisme Pewarta Foto Jadi Tema Musda VI PFI Makassar
Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kota Makassar akan melaksanakan Musyawarah Daerah (Musda) VI pada Senin (24/6/2024) di Hotel Claro Makassar....
Politik22 Juni 2024 17:07
Semakin Intens Bertemu, Akankah Paket IA-MAKI Akan Bersanding di Pilkada 2024?
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kontestasi politik lima tahunan di Kabupaten Bantaeng semakin hari semakin memanas dan dinamis. Hingga saat ini, belu...
Politik22 Juni 2024 17:07
HPMT Gandeng Bawaslu Makassar dan KPID Sulsel Bahas Potensi Konflik Pilkada Serentak
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penyelenggaraan Pilkada serentak November 2024 mendatang diharapkan tidak menghadirkan konflik yang bisa membuat keut...
News22 Juni 2024 16:30
Masyarakat Apresiasi Komitmen Keberlanjutan PT Vale
PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) menanam pohon pada area rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) seluas 200 hektar (ha) di Bali....