Logo Sulselsatu

KM Umsini Terbakar di Pelabuhan Makassar, Pelindo Pastikan Semua Aman dan Tetap Beroperasi

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 10 Juni 2024 05:59

Proses evakuasi KM Umsini yang terbakar di Pelabuhan Makassar. Foto: Istimewa.
Proses evakuasi KM Umsini yang terbakar di Pelabuhan Makassar. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 menyatakan bahwa kejadian kebakaran yang menimpa KM Umsini tidak mengganggu operasional di Pelabuhan Makassar.

KM Umsini sebelumnya tiba di Pelabuhan Makassar pukul 01.30 WITA dari Baubau dan akan melanjutkan pelayarannya ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Executive Director 4 Pelindo Regional 4 Abdul Azis mengatakan, pihaknya juga turut membantu penanganan atas insiden kebakaran yang menimpa KM Umsini pada Minggu (9/6/2024) pukul 05.45 WITA tersebut.

Baca Juga : Minimalisir Dampak Kecelakaan Kerja, Pelindo Regional 4 Gelar In House Training Petugas P3K

“Kami menyiapkan ruang tunggu di Terminal Penumpang Anging Mammiri yang dapat menampung sebanyak kurang lebih 3.000 orang penumpang,” ujarnya.

“Alhamdulillah seluruh penumpang dari atas kapal sudah berhasil turun dengan selamat. Kapasitas terminal penumpang di Pelabuhan Makassar sangat siap sekali dengan kapasitas total kurang lebih 3.000 orang. Dan saat ini kondisi sekarang ada sekitar 1.500 orang penumpang.”

Abdul Azis menambahkan, pada prinsipnya Pelindo tetap berupaya memberikan rasa nyaman, tertib, dan aman kepada para penumpang yang akan tetap melanjutkan perjalanannya ke Surabaya dan ke Jakarta.

Baca Juga : Pelindo Regional 4 Gandeng Kejati Sulsel dalam Penanganan Masalah Hukum

Pelindo sebagai pengelola terminal penumpang Pelabuhan Makassar akan memberikan jaminan kebersihan dan ketersediaan kebutuhan para penumpang seperti ruang untuk ibu menyusui, mushola, toliet yang bersih, dan pendingan ruangan atau AC, untuk memberikan rasa nyaman kepada para penumpang.

“Semoga ini bisa tertangani dengan baik sehingga meskipun tertunda keberangkatannya, mereka tetap bisa tiba di tempat tujuan dengan selamat,” tukas Abdul Azis.

General Manager Pelindo Regional 4 Makassar Iwan Sjarifuddin menambahkan, insiden kebakaran KM Umsini yang terjadi tadi pagi juga tidak mengganggu aktivitas keluar masuk kapal di Pelabuhan Makassar.

Baca Juga : Rumah Belajar Pelindo Grup Hadir Membantu Anak di Kaluku Bodoa Tingkatkan Pengetahun

“Saat ini info dari Pelni, ada penumpang kurang lebih 400 orang yang akan menuju Surabaya dan sisanya sekitar 1.000 orang masih menunggu karena mereka akan lanjut ke Jakarta dan ke Kijang. Itu nanti akan kami tampung di terminal penumpang. Sampai saat ini Alhamdulillah terminal penumpang di Pelabuhan Makassar masih aman-aman saja. Konsekuensi akibat insiden ini pasti ada, tapi kami upayakan seminimal mungkin,” pungkas Iwan.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video15 Juni 2024 22:06
VIDEO: Pengendara Moge Bermanuver Zigzag, Halangi Jalan Ambulance
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan aksi tak terpuji yang dilakukan oleh seorang pengendara motor gede (moge). Saat mobil ambulans hend...
Video15 Juni 2024 21:05
VIDEO: Komentar Kurang Baik Ketua DPRD Garut saat Guru Honorer Nangis Saat Perjuangkan Nasib
SULSEELSATU.com – Perjuangan guru honorer itu tidak disambut dengan baik oleh pimpinan DPRD Garut. Bahkan Ketua DPRD Garut memberikan komentar k...
Bisnis15 Juni 2024 19:35
Astra Motor Manjakan Konsumen dengan Promo Menarik di HUT ke-54
Astra Motor selaku Main Dealer motor Honda memberikan berbagai promosi menarik bagi konsumen setia pada perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-54....
Video15 Juni 2024 18:39
VIDEO: Syaharuddin Alrif Turun Langsung Perbaiki Jalan Rusak di Poros Sidrap-Soppeng
SULSELSATU.com – Wakil Ketua DPRD Sulsel, Syaharuddin Alrif, turun langsung untuk memperbaiki sejumlah jalan rusak di Poros Sidrap-Soppeng. Sepa...