Logo Sulselsatu

Bersama Kadis Pendidikan Makassar, Kadis PU Gelar Rakor Terkait Program Low Carbon

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Rabu, 12 Juni 2024 17:42

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar yang dipimpin oleh Kepala Dinas PU, Zuhelsi Zubir, bersama dengan Dinas Pendidikan Kota Makassar menggelar pertemuan untuk membahas teknis Rencana Kegiatan Program Wali Kota Makassar, Low Carbon Inovasi Gammara’nami.

Pertemuan ini bertujuan untuk mendukung Gerakan Membangun Makassar Rendah Karbon dengan Bangunan Ramah Lingkungan, khususnya terkait Diklat Kepemimpinan Tingkat II.

Dalam pertemuan tersebut, diharapkan perencanaan kerjasama antara Dinas PU dan Dinas Pendidikan dapat sejalan dengan kegiatan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. Salah satu fokus utama adalah pemasangan panel surya atau pembangkit listrik tenaga surya di seluruh sekolah negeri tingkat SD dan SMP.

Kadis PU, Zuhelsi Zubir mengatakan Program ini bertujuan untuk mengurangi emisi karbon dan meningkatkan efisiensi energi di lingkungan sekolah, sejalan dengan visi Pemkot Makassar untuk menjadi kota dengan emisi karbon rendah dan ramah lingkungan.

“Kami berharap kerjasama ini dapat berjalan lancar dan memberikan kontribusi signifikan dalam upaya menjadikan Makassar sebagai kota rendah karbon,” ujarnya
Dalam pertemuan yang membahas teknis rencana kegiatan Program Low Carbon Inovasi Gammara’nami, Zuhelsi Zubir mengungkapkan apresiasinya. “Kami berterima kasih kepada Dinas Pendidikan, terutama kepada Pak H. Muhyiddin dan timnya, atas kerjasama dan penerimaan yang sangat baik. Kami sangat senang dapat berbagi rencana kerjasama ini dengan Dinas Pendidikan Kota Makassar, terutama dalam mendukung Program Makassar Low Carbon,” ujar Zuhelsi.

Salah satu poin utama dari kerjasama ini adalah pemasangan panel surya atau pembangkit listrik tenaga surya di beberapa titik, khususnya di sekolah-sekolah negeri tingkat SD dan SMP di Makassar. Program ini sejalan dengan visi Pemkot Makassar untuk mengurangi emisi karbon dan meningkatkan efisiensi energi, menjadikan Makassar sebagai kota yang ramah lingkungan.

“Alhamdulillah, Dinas Pendidikan sudah memiliki program untuk memasang solar panel di beberapa titik. Kami berharap kerjasama ini bisa berjalan dengan baik dan memberikan kontribusi positif bagi kota kita,” tambah Zuhelsi.

Program ini tidak hanya bertujuan untuk mengurangi jejak karbon tetapi juga untuk mengedukasi siswa dan masyarakat tentang pentingnya energi terbarukan dan keberlanjutan lingkungan. Kerjasama antara Dinas PU dan Dinas Pendidikan diharapkan dapat mempercepat realisasi visi tersebut dan memberikan manfaat nyata bagi warga Makassar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar menyampaikan rasa senangnya atas kerjasama ini. “Kami dari Dinas Pendidikan sangat senang dengan adanya kerjasama ini. Dengan bantuan dan dukungan dari Dinas PU, kami bisa saling mendukung dalam merealisasikan program Wali Kota Makassar,” ujar Kepala Dinas Pendidikan.

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik24 Oktober 2024 12:31
Relawan Buruh Siap Menangkan Seto-Rezki di Pilkada Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Para buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Maritim Indonesia (SPMI) Sulsel mendeklarasikan dukungan kep...
Hukum24 Oktober 2024 11:36
Peningkatan Kinerja Humas Pemasyarakatan Sulsel Melalui Asistensi Media
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui Kelompok Kerja Kehumasan, yang dipimpin PJ Bidang Informasi, JP Budi Waskito, ...
Politik24 Oktober 2024 10:50
Ajak Warga Pilih Andalan Hati, Puluhan Legislator Parpol Koaliasi Tebar Ribuan APK
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Partai politik (parpol) koalisi pengusung dan pendukung pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati...
Aneka24 Oktober 2024 09:26
Kolaborasi Asmo Sulsel Bersama Perusahaan Edukasi Safety Riding kepada Pegawai
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) memberikan edukasi safety riding kepada puluhan karyawan Mars Cocoa Side Pangkep...