Logo Sulselsatu

Kementerian PUPR Berkunjung ke Jeneponto, Pj Bupati : Menuju Simpul Kekuatan Ekonomi dan Ketahanan Pangan

Dedy
Dedy

Rabu, 19 Juni 2024 20:14

Pemkab Jeneponto terima kunjungan Kementrian PUPR (Foto Istimewa)
Pemkab Jeneponto terima kunjungan Kementrian PUPR (Foto Istimewa)

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Dalam rangka persiapan pelaksanaan program strategis nasional khususnya pada Direktorat Cipta Karya Kementerian PUPR, Kasubdit Cipta Karya Kementerian PU, Komang Raka Mahartana yang juga merupakan anggota tim evaluasi Proyek Strategis Nasional, melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Jeneponto.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Anggota DPRD Provinsi Vonny Ameliani dan Lukman B. Kady, serta Kepala BBWS Jeneberang. Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah anggota DPRD Kabupaten Jeneponto, Forkompimda, Sekertaris Daerah, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Jeneponto.

Kunjungan ini sebagai upaya peningkatan infrastruktur dalam meningkatkan potensi ekonomi dan ketahanan pangan di Kabupaten Jeneponto.

Dalam pertemuan yang dipimpin oleh Junaedi Bakri selaku Pj Bupati Jeneponto menyampaikan bahwa Jeneponto diproyeksikan akan menjadi simpul kekuatan ekonomi dan perwujudan ketahanan pangan di wilayah sulawesi selatan kedepannya.

“Namun untuk mencapai hal tersebut tentu Infrastruktur yang memadai di Jeneponto sangat diperlukan,”katanya.

Junaedi juga manyampaikan bahwa salah satu fokus utama adalah pembangunan pasar representatif yang diharapkan menjadi episentrum perekonomian. Pasar ini nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk mendukung aktivitas ekonomi masyarakat.

“Selain itu juga penyediaan air sangat dibutuhkan mengingat kabupaten jeneponto ini sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani,”Harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bappeda Jeneponto Alfian Syam mengemukakan bahwa jika kedepan Jeneponto diharapkan menjadi penyangga ekonomi regional.

“Tentu kawasan permukiman padat di daerah ini masih memerlukan intervensi serius dari pemerintah Provinsi dan Pusat. Dari sisi kemampuan fiskal, Jeneponto sangat terbatas jika dibandingkan dengan jumlah penduduknya. Hal ini menyebabkan optimalisasi pembangunan infrastruktur dan fasilitas publik belum maksimal,termasuk penyediaan Air,”katanya

Untuk itu, perhatian dari pemerintah pusat sangat diharapkan.

Lanjut kata Alfian, Jeneponto diharapkan adanya dukungan fiskal yang memadai guna meningkatkan pencapaian indikator ekonomi makro di Jeneponto. Dukungan ini diharapkan dapat mempercepat pembangunan infrastruktur serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Sementara Kasubdit Cipta Karya Kementerian PU, Komang Raka Mahartana menekankan pentingnya kerjasama antara pemerintah pusat dan daerah dalam mewujudkan proyek strategis ini.

“Kami berharap dengan adanya intervensi dari pemerintah pusat, pembangunan infrastruktur di Jeneponto dapat berjalan lancar dan memberikan dampak positif bagi perekonomian dan ketahanan pangan di daerah ini,” ujarnya.

Dengan sinergi antara berbagai pihak, Jeneponto diharapkan dapat menjadi contoh keberhasilan pembangunan infrastruktur yang berdampak langsung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dukungan dan perhatian dari seluruh pihak sangat diperlukan untuk mewujudkan cita-cita besar ini.

Setelah pertemuan di Ruang Rapat Bupati,Rombongan Melakukan peninjauan Ke Pasar Karisa dan melanjutkan meninjau ke lokasi pembangunan Reservoir penyediaan air baku untuk suplay air baku ke jaringan PDAM Kabupaten Jeneponto.

Penulis Dedi Jentak

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video20 Juli 2024 22:40
VIDEO: Pengendara Mobil Berpakaian PNS Beli Bensin Rp 10 Ribu, Ekspresi Petugas SPBU Jadi Sorotan
SULSELSATU.com – Pengendara mobil yang diduga Pegawai Negeri Sipil (PNS) membeli bensin Rp10 ribu. Video tersebut viral di media sosial Instagra...
Video20 Juli 2024 21:01
VIDEO: Demokrat Resmi Dukung Komika Marshel Widianto di Pilkada Tangsel 2024
SULSELSATU.com – Partai Demokrat resmi mendukung Ahmad Riza Patria-Marshel Widianto untuk maju di Pilkada Tangerang Selatan 2024. Ketua Umum Agu...
Aneka20 Juli 2024 20:20
Asmo Sulsel Undang Iwan Banaran dalam Honda Jagoanku Talkshow Blogger
Astra Motor Sulsel menghadirkan Iwan Banaran yang merupakan seorang blogger, content creator, dan influencer otomotif. Ia dinilai cukup terkenal dan t...
Video20 Juli 2024 20:02
VIDEO: Mobil Nyungsep di Parkiran Living Plaza Pettarani Makassar
SULSELSATU.com – Sebuah mobil nyungsep di parkiran Living Plaza Pettarani, Kota Makassar. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Peristiw...