Logo Sulselsatu

Kementerian PUPR Berkunjung ke Jeneponto, Pj Bupati : Menuju Simpul Kekuatan Ekonomi dan Ketahanan Pangan

Dedy
Dedy

Rabu, 19 Juni 2024 20:14

Pemkab Jeneponto terima kunjungan Kementrian PUPR (Foto Istimewa)
Pemkab Jeneponto terima kunjungan Kementrian PUPR (Foto Istimewa)

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Dalam rangka persiapan pelaksanaan program strategis nasional khususnya pada Direktorat Cipta Karya Kementerian PUPR, Kasubdit Cipta Karya Kementerian PU, Komang Raka Mahartana yang juga merupakan anggota tim evaluasi Proyek Strategis Nasional, melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Jeneponto.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Anggota DPRD Provinsi Vonny Ameliani dan Lukman B. Kady, serta Kepala BBWS Jeneberang. Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah anggota DPRD Kabupaten Jeneponto, Forkompimda, Sekertaris Daerah, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Jeneponto.

Kunjungan ini sebagai upaya peningkatan infrastruktur dalam meningkatkan potensi ekonomi dan ketahanan pangan di Kabupaten Jeneponto.

Dalam pertemuan yang dipimpin oleh Junaedi Bakri selaku Pj Bupati Jeneponto menyampaikan bahwa Jeneponto diproyeksikan akan menjadi simpul kekuatan ekonomi dan perwujudan ketahanan pangan di wilayah sulawesi selatan kedepannya.

“Namun untuk mencapai hal tersebut tentu Infrastruktur yang memadai di Jeneponto sangat diperlukan,”katanya.

Junaedi juga manyampaikan bahwa salah satu fokus utama adalah pembangunan pasar representatif yang diharapkan menjadi episentrum perekonomian. Pasar ini nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk mendukung aktivitas ekonomi masyarakat.

“Selain itu juga penyediaan air sangat dibutuhkan mengingat kabupaten jeneponto ini sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani,”Harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bappeda Jeneponto Alfian Syam mengemukakan bahwa jika kedepan Jeneponto diharapkan menjadi penyangga ekonomi regional.

“Tentu kawasan permukiman padat di daerah ini masih memerlukan intervensi serius dari pemerintah Provinsi dan Pusat. Dari sisi kemampuan fiskal, Jeneponto sangat terbatas jika dibandingkan dengan jumlah penduduknya. Hal ini menyebabkan optimalisasi pembangunan infrastruktur dan fasilitas publik belum maksimal,termasuk penyediaan Air,”katanya

Untuk itu, perhatian dari pemerintah pusat sangat diharapkan.

Lanjut kata Alfian, Jeneponto diharapkan adanya dukungan fiskal yang memadai guna meningkatkan pencapaian indikator ekonomi makro di Jeneponto. Dukungan ini diharapkan dapat mempercepat pembangunan infrastruktur serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Sementara Kasubdit Cipta Karya Kementerian PU, Komang Raka Mahartana menekankan pentingnya kerjasama antara pemerintah pusat dan daerah dalam mewujudkan proyek strategis ini.

“Kami berharap dengan adanya intervensi dari pemerintah pusat, pembangunan infrastruktur di Jeneponto dapat berjalan lancar dan memberikan dampak positif bagi perekonomian dan ketahanan pangan di daerah ini,” ujarnya.

Dengan sinergi antara berbagai pihak, Jeneponto diharapkan dapat menjadi contoh keberhasilan pembangunan infrastruktur yang berdampak langsung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dukungan dan perhatian dari seluruh pihak sangat diperlukan untuk mewujudkan cita-cita besar ini.

Setelah pertemuan di Ruang Rapat Bupati,Rombongan Melakukan peninjauan Ke Pasar Karisa dan melanjutkan meninjau ke lokasi pembangunan Reservoir penyediaan air baku untuk suplay air baku ke jaringan PDAM Kabupaten Jeneponto.

Penulis Dedi Jentak

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik24 Oktober 2024 12:31
Relawan Buruh Siap Menangkan Seto-Rezki di Pilkada Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Para buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Maritim Indonesia (SPMI) Sulsel mendeklarasikan dukungan kep...
Hukum24 Oktober 2024 11:36
Peningkatan Kinerja Humas Pemasyarakatan Sulsel Melalui Asistensi Media
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui Kelompok Kerja Kehumasan, yang dipimpin PJ Bidang Informasi, JP Budi Waskito, ...
Politik24 Oktober 2024 10:50
Ajak Warga Pilih Andalan Hati, Puluhan Legislator Parpol Koaliasi Tebar Ribuan APK
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Partai politik (parpol) koalisi pengusung dan pendukung pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati...
Aneka24 Oktober 2024 09:26
Kolaborasi Asmo Sulsel Bersama Perusahaan Edukasi Safety Riding kepada Pegawai
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) memberikan edukasi safety riding kepada puluhan karyawan Mars Cocoa Side Pangkep...