Logo Sulselsatu

Kunker Spesifik Komisi III DPR RI, Kakanwil Kemenkumham Sulsel Sampaikan Hal Ini

Asrul
Asrul

Kamis, 04 Juli 2024 21:06

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak. Ist
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak. Ist

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisi III DPR RI melaksanakan Kunjungan Kerja Spesifik ke Provinsi Sulawesi Selatan Masa Persidangan V Tahun Sidang 2021-2024, Kamis 4 Juli 2024, bertempat di aula Polda Sulawesi Selatan.

Kunjungan spesifik ini dipimpin oleh ketua Tim Adies Kadir, Bersama anggota Komisi III lainnya, Yakni Habiburokhman, I Wayan Sudirta, Trimedya Panjaitan, M. Nurdin, Andi Rio Idris Padjalangi, Supriansa, Bimantoro Wiyono, Wihadi Wiyanto, Jacki Uly, Moh. Rano Al Fath, Santoso, Habib Aboe Bakar Al Habsyi, Sarifuddin Suding, dan Muh Aras.

Kunjungan spesifik ini tentunya Sebagai respon Komisi III DPR RI yang memberikan perhatian serius Pada Komitmen Dan Kinerja sistem penegakan Hukum dan peradilan, serta berupaya untuk Membangun kepercayaan dan kepuasan masyarakat terhadap lembaga Hukum yang kini tengah menghadapi Tantangan dan hambatan besar.

Baca Juga : Kakanwil Kemenkumham Sulsel Pantau Jalannya SKD Catar POLTEKIM dan POLTEKIP

Kegiatan ini juga Sebagai sarana Untuk mendapatkan data dan Informasi dan masukan dari Instansi terkait Sebagai bahan dalam memberikan rekomendasi Untuk perbaikan Hukum dan implementasinya khususnya Penerapan restoratif justice.

Komisi III memandang Penerapan restoratif justice dapat menjadi cara yang efektif dalam sistem peradilan pidana di Indonesia yang didasari Pada Undang – Undang ataupun aturan penegak Hukum terkait.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Liberti Sitinjak dalam paparannya menyampaikan terkait belum optimalnya Penerapan restoratif justice yang dilaksanakan oleh aparat penegak Hukum jika melihat jumlah hunian yang ada dalam Lapas dan Rutan.

Baca Juga : Kanwil Kemenkumham Sulsel Gelar Pembinaan, Penataan Ketatalaksanaan, Workshop LKjIP dan SAKIP

Menurut Liberti Sitinjak Penerapan restoratif justice di Sulawesi Selatan Masih dalam tahap awal dan memiliki potensi Untuk mengatasi permasalahan di Lapas dan Rutan. Diperlukan upaya serius dari berbagai pihak untuk menghadapi kendala dan Tantangan yang ada.

Kanwil Kemenkumham Sulsel terus berkomitmen untuk membangun sinergitas dan koordinasi Dengan APH untuk menyelesaikan permasalahan yang ada,” tegas Kakanwil

Selanjutnya Kakanwil juga menyampaikan kesulitannya dalam menoptimalkan Penyerapan anggaran yang disebabkan oleh adanya anggaran yang di bintang khususnya dalam pembangunan Kanim Palopo. Kakanwil juga menyampaikan terhadap minimnya anggaran bama Untuk Warga Binaan Pemasyarakatan.

Baca Juga : Kemenkumham Sulsel Keliling Toraja, Siarkan P2HAM dan Stranas Bisnis

Menanggapi hal tersebut, Komisi III DPR RI menyampaikan ini akan menjadi catatan Dan bahan yang akan dibawa ke rapat dewan di Jakarta untuk menjadi rekomendasi.

Kegiatan ini turut dihadiri pula oleh Jajaran Polda Sulsel dan Jajaran Kejaksaan Tinggi Sulsel.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama24 Juli 2024 09:21
Dandim 1425 Jeneponto Kerahkan Babinsa Dampingi Petugas Kesehatan Pemberian Vaksin Imunisasi Polio
SULSELSATU.com,JENEPONTO – Usai menghadiri acara pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tingkat Kabupaten Jeneponto tahun 2024. Komand...
Hukum24 Juli 2024 08:32
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Pantau Jalannya SKD Catar POLTEKIM dan POLTEKIP
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) menggelar tes Seleksi Kompetens...
Bisnis24 Juli 2024 07:47
P3SRS 31 Sudirman Suites Solusi Pengelolaan Efektif untuk Nilai Hunian yang Terjaga
31 Sudirman Suites langsung dihuni dengan okupansi saat ini telah mencapai 89 unit terhuni. Pengelola atau Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rum...
Video23 Juli 2024 23:53
VIDEO: Rumah Kebakaran di Tengah Bencana Banjir di Halmahera Tengah
SULSELSATU.com – Bencana banjir terjadi di Weda Tengah, Halmahera Tengah, Maluku Utara. Di tengah banjir bandang, sejumlah rumah warga mengalami...