Logo Sulselsatu

Dinkes Catat 2.535 Warga Kota Makassar Gunakan Layanan Home Care Dottoro’ta

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Senin, 08 Juli 2024 21:23

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sepanjang tahun 2024 Dinas Kesehatan Kota Makassar mencatat 2.535 warga Kota Makassar telah menggunakan layanan Home Care Dottoro’ta.

Kepala Dinkes Kota Makassar, dr. Nursaidah Sirajuddin mengatakan pada tahun 2023, layanan Home Care ini telah digunakan oleh 5.321 orang dan pada tahun 2024 di bulan Januari-Juni, data menunjukkan bahwa sebanyak 2.535
orang menggunakan layanan ini.

“Data ini menunjukkan adanya kebutuhan yang besar akan akses kesehatan yang mudah dijangkau dan mencerminkan komitmen pemerintah kota untuk intensif dalam memperhatikan kesehatan masyarakat, hingga ke tingkat lorong-lorong,” jelasnya, Senin (8/7/2024).

Baca Juga : Pemkot Makassar Berbenah, Bersiap Terapkan KRIS di RSUD Daya

Untuk itu, Nursaidah mengatakan komitmennya dalam memperkuat peran Home Care pelayanan kesehatan 24 jam. “Program layanan kesehatan 24 jam ke rumah sudah berjalan sejak tahun 2015, sejak periode pertama dalam kepemimpinan Bapak Danny Pomanto. Program ini telah berkembang pesat hingga saat ini,” ucapnya.

Nursaidah menyebutkan Home Care Dottoro ta’ memiliki 94 mobil armada, terdiri dari 47 armada konvensional dan 47 armada low carbon yang tersebar pada tiap Puskesmas. Lanjutnya, tim layanan mobil Dottoro ta’ terdiri dari satu dokter, satu perawat, dan satu supir.

“Mereka siap memberikan pelayanan kesehatan langsung ke rumah penduduk, memastikan bahwa akses terhadap perawatan medis tidak terhambat oleh jarak atau waktu,” ucapnya.

Baca Juga : Dinkes Makassar Sidak Takjil di Pasaran: Tidak Ada Kandungan Berbahaya

Selain itu, kata dia, terobosan terbaru adalah pengembangan aplikasi “Dottorota”, yang memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan Dottoro ta’ hingga kemudahan konsultasi kesehatan.

“Aplikasi ini dapat diakses melalui laman https://www.dottoro-ta.com/ aplikasi ini tidak hanya memfasilitasi pendaftaran layanan, tetapi juga memberikan konsultasi secara online 24 jam kepada pengguna,” jelasnya.

Sebagai bagian dari strategi mendukung gerakan perkuat imunitas kesehatan masyarakat, Nursaidah juga berkomitmen Dinkes Kota Makassar terus memperkuat kampanye edukasi dan sosialisasi kesehatan.

Baca Juga : BPBD Makassar Pastikan Puskesmas Jadi Prioritas Penyaluran Air Bersih

“Tujuannya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan mengadopsi perilaku hidup sehat agar baik untuk semua,” pungkasnya. (*)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Baso Mappanyompa
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama24 Juli 2024 09:21
Dandim 1425 Jeneponto Kerahkan Babinsa Dampingi Petugas Kesehatan Pemberian Vaksin Imunisasi Polio
SULSELSATU.com,JENEPONTO – Usai menghadiri acara pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tingkat Kabupaten Jeneponto tahun 2024. Komand...
Hukum24 Juli 2024 08:32
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Pantau Jalannya SKD Catar POLTEKIM dan POLTEKIP
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) menggelar tes Seleksi Kompetens...
Bisnis24 Juli 2024 07:47
P3SRS 31 Sudirman Suites Solusi Pengelolaan Efektif untuk Nilai Hunian yang Terjaga
31 Sudirman Suites langsung dihuni dengan okupansi saat ini telah mencapai 89 unit terhuni. Pengelola atau Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rum...
Video23 Juli 2024 23:53
VIDEO: Rumah Kebakaran di Tengah Bencana Banjir di Halmahera Tengah
SULSELSATU.com – Bencana banjir terjadi di Weda Tengah, Halmahera Tengah, Maluku Utara. Di tengah banjir bandang, sejumlah rumah warga mengalami...