Logo Sulselsatu

TP PKK Barombong Tingkatkan Kunjungan Posyandu Lewat Inovasi Posrana

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 10 Juli 2024 10:15

Tim SMEP saat kunjungan ke TP PKK Barombong. Foto: Istimewa.
Tim SMEP saat kunjungan ke TP PKK Barombong. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, GOWA – Bermula dari sulitnya membujuk anak-anak datang ke Posyandu, membuat Tim Penggerak PKK Kecamatan Barombong menciptakan Inovasi Posyandu Ramah Anak (Posrana).

Ketua TP PKK Kecamatan Barombong Hariyanti mengatakan, inovasi sudah berjalan sejak awal 2024, inovasi ini terinspirasi dari curhatan para ibu yang kesulitan membujuk anaknya untuk datang ke Posyandu.

“Usai mendengar keluh kesah para ibu, kami pun memfasilitasi setiap Posyandu disiapkan alat-alat permainan, sehingga anak semakin antusias dan tidak ada lagi yang rewel kalau datang ke Posyandu, karena sekarang sudah banyak permainannya,” kata Hariyanti disela-sela kunjungan Supervisi, Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan (SMEP) TP PKK Kabupaten Gowa di Desa Moncobalang, Senin (8/7/2024).

Baca Juga : Pemkab Gowa Beri Nama Adat Gowa Daeng Tojeng kepada MenPANRB

Lebih jauh Hariyanti menjelaskan, tujuan utama inovasi Posrana dibentuk adalah untuk memberikan pembelajaran serta permainan yang menawarkan pendidikan dan permainan menyenangkan bagi anak-anak di Posyandu.

“Program ini memberikan peluang bagi anak-anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal melalui kegiatan yang menarik dan interaktif. Kegiatan ini juga berdampak positif pada tingkat kunjungan sasaran di Posyandu,” ujarnya.

Dengan hadirnya Fasilitas bermain di setiap Posyandu, khususnya di Desa Moncobalang, berhasil membuat anak-anak sasaran betah berada di posyandu.

Baca Juga : MenPAN-RB Kagum Layanan MPP Kabupaten Gowa, Siap Jadi Contoh MPP Digital

“Apa lagi kalau sudah tahu jadwal Posyandunya, jadi sekarang bukan lagi para kader yang mencari sasaran yang belum datang, melainkan perkembangan di lapangan anak-anak yang semangat untuk datang ke Posyandu,” Pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa Mussadiyah Rauf dalam kunjungan Supervisi ini mengatakan, dalam pelaksanaan 10 Program Pokok PKK, tidak bisa dijalankan tanpa adanya kolaborasi dan kerjasama seluruh pihak.

“Untuk menghasilkan program kerja yang baik, harus ada kekompakan mulai dari desa/kelurahan hingga tingkat kecamatan, bahkan tingkat RT dan RW pun harus kompak,” tuturnya.

Baca Juga : Bupati Adnan Terima Kunjungan Tim Korsupgah KPK RI

Mussadiyah menegaskan, tujuan dari SMEP ini sangat baik untuk mengetahui sejauh mana 10 program pokok PKK terimplementasi di setiap desa/kelurahan di Barombong.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Metropolitan21 Juli 2024 22:37
Dosen Sastra UMI Jabat Ketua Asosiasi Dosen Swasta Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Muhammad Harun, S.S., M.Pd., C.I, yang merupakan Dosen Fakultas Sastra UMI, terpilih dan dipercaya menjadi Ketua Umum...
Olahraga21 Juli 2024 21:54
Resmi Berakhir, 2.145 Atlet Sukseskan Pekan Olahraga NIPAH 2024
Pekan Olahraga NIPAH (PON) 2024 berakhir dengan sukses. PON 2024 ditutup secara resmi pada hari Minggu (21/7/2024) di Rooftop Garden NIPAH PARK....
Politik21 Juli 2024 20:08
Yasir Machmud Unggul dalam Survei LSI Network di Pilkada Bone
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Bakal calon Bupati Bone, Yasir Machmud unggul di Pilkada Bone dalam survei yang dikeluarkan LSI Network (Lingkar Surv...
Ekonomi21 Juli 2024 20:00
Senangnya Pelaku UMKM Binaan Disperindag Ikut Pamer Produk di Pelepasan Ekspor Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tercatat 64 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulsel dan B...