Logo Sulselsatu

Google Maps Luncurkan Fitur Baru, Bisa Deteksi Laju Kendaraan

Asrul
Asrul

Rabu, 12 Juni 2019 14:00

Google Maps. (INT)
Google Maps. (INT)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Google meluncurkan meluncurkan fitur baru di aplikasi Google Maps. Adalah on-screen speedometer yang akan mereka kecepatan kemudi saat menggunakan navigasi petunjuk arah.

Untuk menggunakannya, pengguna terlebih dulu memilih tombol menu yang ada di aplikasi Google Maps. Dalam menu pengaturan navigasi, pengguna bisa memilih tombol spidometer di kiri bawah layar untuk menampilkan kecepatan laju kendaraan.

Kemunculan fitur ini bukan hanya membantu pengguna mencari jalur tercepat ke tujuan, tetapi juga mengetahu laju kecepatan kendaraan yang ditumpangi.

Baca Juga : Mudahkan Pengguna, Google Maps Luncurkan Fitur Tarif Tol se-Indonesia

Dengan kata lain, jika kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi aplikasi akan memberikan notifikasi untuk menurunkan kecepatan.

Dilaporkan Android Police, fitur baru Google Maps ini baru tersedia secara terbatar untuk pengguna di Argentina, Australia, Belgia, Brasil, Kanada, Republik Ceko, Finlandia, Jerman, India, Belanda, Polandia, Portugal, Swedia, Taiwan, Inggris, dan Amerika Serikat.

Google tidak bisa memastikan kapan fitur serupa bisa digunakan oleh seluruh penggunanya di dunia. Kendati demikain, Google menjanjikan fitur serupa akan tersedia untuk pengguna Maps ‘dalam waktu dekat’.

Sebelumnya, Google memungkinkan bagi pengguna untuk melaporkan kecepatan kendaraan-kendaraan yang melintas. Fitur serupa sebelumnya telah tersedia untuk aplikasi navigasi besutan Google lainnya, Waze.

Selain spidometer, Google sebelumnya mempersenjatai Maps dengan teknologi augmented reality (AR) di perangkat Pixel. Sebelum diluncurkan, fitur Maps AR telah diuji untuk Google Maps Local Guides pada awal Februari lalu.

Mengutip GSMArena, belum ada informasi lebih lanjut kemungkinan teknologi AR pada Google Maps diboyong untk perangkat non-Pixel.

Saat AR diaktifkan, pengguna Google Maps akan melihat tampilan lingkungan seperti gedung, kendaraan, dan orang-orang yang lintasi jalan atau jalur tertentu. Informasi keterangan nama jalan dan penunjuk arah akan muncul saat AR diaktifkan.

Tampilan peta Google tetap muncul seperti biasa pada bagian bawah layar tampilan kamera. Google menekankan penggunaan fitur AR akan mengonsumsi daya baterai dan internet lebih tinggi ketimbang Maps biasa.

Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif18 Juni 2024 22:43
Hanya Dalam 40 Menit, NMAX TURBO Generasi Terbaru Laris Hingga 1.000 Unit
Peluncuran NMAX "TURBO" dengan konsep Evolution: Fun Tech X Prestige X Sporty pada 12 Juni 2024 di Jakarta menjadi magnet perhatian masyarakat Indones...
Video18 Juni 2024 22:29
VIDEO: Jemaah Haji Asal Bogor Protes Tenda Lantaran Sempit
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan aksi protes jemaah haji asal Kota Bogor, Jawa Barat. Jemaah haji tersebut protes lantaran tenda unt...
Video18 Juni 2024 19:44
VIDEO: Sejoli Diduga Mesum di Parkiran Mobil, Kabur Usai Kepergok Petugas Keamanan
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan sejumlah petugas keamanan mengejar sebuah mobil. Aksi pengejaran tersebut diduga sejoli remaja seda...
Video18 Juni 2024 16:36
VIDEO: Rumah Panggung Milik Warga di Pinrang Ludes Dilalap Si Jago Merah
SULSELSATU.com – Kebakaran terjadi di Buttu Angin, Desa Pakeng, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang. Dalam video yang beredar, tampak api membu...