Logo Sulselsatu

Buka Sosialisasi Perluasan Areal Sawah, IDP Minta Keseriusan Masyarakat

Asrul
Asrul

Sabtu, 15 Juni 2019 16:30

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MASAMBABupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (IDP), kembali menegaskan bahwa kegiatan perluasan areal sawah atau cetak sawah merupakan kegiatan atau program unggulan dari pemerintah pusat.

Untuk itu, ia berharap agar program ini dimaknai sebagai program penting dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan.

“Cetak sawah ini bukan program coba-coba. Jadi, sekali lagi saya tegaskan bahwa program ini adalah program unggulan pemerintah yang harus kita sukseskan secara bersama,” kata Bupati Indah Putri Indriani saat membuka acara Sosialisai Perluasan Areal Sawah/Cetak Sawah, di Aula Hotel Remaja Indah Masamba, Jumat (14/6/2019).

Baca Juga : Rasakan Langsung Beragam Manfaat Kompor Induksi, Bupati Luwu Utara: Mudah dan Praktis

IDP berharap, kegiatan cetak sawah tidak hanya dimaknai sebagai sebuah kegiatan mencetak sawah, kemudian selesai tanpa ada intervensi pengolahan lahan dari petani itu.

“Tidak ada lagi alasan lahan yang sudah dicetak kemudian tidak menghasilkan apa-apa. Cetak sawah ini merupakan satu tahapan awal saja,” ujarnya.

Lebih jauh IDP mengingatkan, betapa ruginya petani yang sudah mendapatkan kesempatan lebih awal dalam program cetak sawah ini kemudian tidak memanfaatkannya dengan cara mengolahnya dengan baik pula.”Cetak sawah ini bukan untuk PPL, Babinsa, Camat, apalagi untuk Bupati, tapi ini untuk petani dan keluarganya,” kata Indah.

Baca Juga : Peringati Hari Santri Nasional, Bupati Luwu Utara Ajak Terapkan Prokes 5M + 1D

“Sebenarnya kalau kita serius membantu pemerintah, maka sesungguhnya kita telah membantu meningkatkan taraf hidup kita sendiri, dan memperbaiki kehidupan kita sendiri. Semua ini semata-mata untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat serta meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat itu sendiri,” kata dia.

Lokasi cetak sawah 2019 seluas 250 hektar dengan 11 kelompok tani sebagai penerima yang tersebar di Kecamatan Baebunta, Baebunta Selatan, Sabbang Selatan dan Mappedeceng.

Lokasi ini dipilih dengan mempertimbangkan SID, jalur irigasi bendung Baliase, sisa lahan yang belum dicetak pada 2018 serta lahan tidur yang tidak produktif.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi di SMPN 1 Rampi

Editor: Kink Kusuma Rein

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar24 April 2024 13:26
Firman Pagarra Berbagi Inovasi KTR di Forum The 3rd Mayor Meeting For Eastern Indonesia
PJ Sekda Kota Makassar Firman Hamid Pagarra menyebutkan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memiliki komitmen yang tinggi dalam mengimplementasian Kawas...
Hukum24 April 2024 12:27
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Lantik 5 PPNS
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel), Liberti Sitinjak melant...
Makassar24 April 2024 09:30
Ketua TP PKK Kota Makassar Apresiasi Pihak di Kecamatan Makassar
Ketua TP PKK Kota Makassar Indira Yusuf Ismail dengan penuh rasa bangga mengapresiasi sejumlah pihak di Kecamatan Makassar....
Video23 April 2024 23:59
VIDEO: Presiden Jokowi Beri Sepeda kepada Siswa SMK Rangas Usai Dites Hafalan Pancasila
SULSELSATU.com – Dua Siswa SMK Rangas Mamuju, Sulawesi Barat, Menerima Sepeda dari Presiden Jokowi Setelah Tes Hafalan Pancasila. Momen di mana ...