Logo Sulselsatu

Asisten Ekbangkes Selayar Sambut Kedatangan Tim Assessment Eliminasi Malaria

Asrul
Asrul

Rabu, 19 Juni 2019 15:00

Asisten Ekbangkes Selayar Sambut Kedatangan Tim Assessment Eliminasi Malaria. (Foto/Ist)
Asisten Ekbangkes Selayar Sambut Kedatangan Tim Assessment Eliminasi Malaria. (Foto/Ist)

SULSELSATU.com, SELAYAR – Mewakili Bupati Kepulauan Selayar, Asisten Ekbang dan Kesejahteraan, Arfang Arif, menyambut kedatangan tim assesment eliminasi malaria dari Kementerian Kesehatan RI, di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Rabu (19/6/2019).

Tim assesment eliminasi malaria di Kabupaten Kepulauan Selayar ini dipimpin komisi eliminasi malaria nasional, Desriana Elisabeth Gisting.

“Selamat datang tim penilai eliminasi malaria di bumi maritim Kabupaten Kepulauan Selayar, semoga kehadirannya menjadi penambah spirit bagi pemerintah dan masyarakat untuk senantiasa berupaya hidup sehat yang terbebas dari penyakit malaria,” ucap Arfang Arif mengawali sambutannya.

Ia juga mengatakan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar turut mendukung komitmen global untuk mengeliminasi malaria dengan melakukan berbagai upaya menghentikan terjadinya penularan malaria.

Pemerintah bersama masyarakat saat ini bertekad dan siap mengikrarkan diri sebagai daerah yang bebas malaria.

“Sebelumnya Selayar dikenal sebagai daerah endemis malaria tertinggi di Sulsel, kini telah mampu mengendalikan penularan malaria dengan signifikan,” ujarnya.

Ia mengemukakan bahwa eliminasi malaria adalah suatu upaya untuk menghentikan penularan malaria setempat/lokal/indigenous dalam suatu wilayah geografis tertentu, bukan berarti tidak ada penderita malaria sama sekali, dan tidak ada vektor malaria di wilayah tersebut, namun lebih pada menjamin tidak adanya lagi penularan setempat minimal 3 tahun terakhir.

Sementara kedatangan tim assessment eliminasi malaria dari Kementerian Kesehatan RI, akan melakukan penilaian, apakah Kabupaten Kepulauan Selayar telah mampu mengeliminasi malaria dan layak mendapatkan sertifikat bebas malaria dari Kemenkes.

Ketua Tim dari Kemenkes Desriana Elisabeth Gisting mengatakan, assesment eliminasi malaria di Kepulauan Selayar akan dilakukan hingga 22 Juni mendatang.

“Untuk penilaian, Dinas Kesehatan Provinsi telah melaksanakan assesment awal, dan ketika sudah dianggap bahwa kabupaten siap untuk dilakukan assessment, maka Dinkes Provinsi membuat surat ke Kemenkes RI untuk turun melakukan assesment,” kata Desriana Elisabeth.

Ia berharap selama melakukan assesment, dapat bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan seluruh elemen terkait di Kabupaten Kepulauan Selayar, terlebih kedatangannya untuk melihat apa yang telah dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kepulauan Selayar bersama jajarannya dalam upaya menjadikan Selayar bebas malaria.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kadis Kesehatan Selayar Husaini, perwakilan dari Kodim 1415 Selayar, Sekretaris Forum Kabupaten Sehat Muh. Arsyad, para camat, para pimpinan OPD dan undangan lainnya.

Editor: Kink Kusuma Rein

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video20 Juli 2024 22:40
VIDEO: Pengendara Mobil Berpakaian PNS Beli Bensin Rp 10 Ribu, Ekspresi Petugas SPBU Jadi Sorotan
SULSELSATU.com – Pengendara mobil yang diduga Pegawai Negeri Sipil (PNS) membeli bensin Rp10 ribu. Video tersebut viral di media sosial Instagra...
Video20 Juli 2024 21:01
VIDEO: Demokrat Resmi Dukung Komika Marshel Widianto di Pilkada Tangsel 2024
SULSELSATU.com – Partai Demokrat resmi mendukung Ahmad Riza Patria-Marshel Widianto untuk maju di Pilkada Tangerang Selatan 2024. Ketua Umum Agu...
Aneka20 Juli 2024 20:20
Asmo Sulsel Undang Iwan Banaran dalam Honda Jagoanku Talkshow Blogger
Astra Motor Sulsel menghadirkan Iwan Banaran yang merupakan seorang blogger, content creator, dan influencer otomotif. Ia dinilai cukup terkenal dan t...
Video20 Juli 2024 20:02
VIDEO: Mobil Nyungsep di Parkiran Living Plaza Pettarani Makassar
SULSELSATU.com – Sebuah mobil nyungsep di parkiran Living Plaza Pettarani, Kota Makassar. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Peristiw...