Logo Sulselsatu

Asisten Ekbangkes Selayar Sambut Kedatangan Tim Assessment Eliminasi Malaria

Asrul
Asrul

Rabu, 19 Juni 2019 15:00

Asisten Ekbangkes Selayar Sambut Kedatangan Tim Assessment Eliminasi Malaria. (Foto/Ist)
Asisten Ekbangkes Selayar Sambut Kedatangan Tim Assessment Eliminasi Malaria. (Foto/Ist)

SULSELSATU.com, SELAYAR – Mewakili Bupati Kepulauan Selayar, Asisten Ekbang dan Kesejahteraan, Arfang Arif, menyambut kedatangan tim assesment eliminasi malaria dari Kementerian Kesehatan RI, di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Rabu (19/6/2019).

Tim assesment eliminasi malaria di Kabupaten Kepulauan Selayar ini dipimpin komisi eliminasi malaria nasional, Desriana Elisabeth Gisting.

“Selamat datang tim penilai eliminasi malaria di bumi maritim Kabupaten Kepulauan Selayar, semoga kehadirannya menjadi penambah spirit bagi pemerintah dan masyarakat untuk senantiasa berupaya hidup sehat yang terbebas dari penyakit malaria,” ucap Arfang Arif mengawali sambutannya.

Ia juga mengatakan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar turut mendukung komitmen global untuk mengeliminasi malaria dengan melakukan berbagai upaya menghentikan terjadinya penularan malaria.

Pemerintah bersama masyarakat saat ini bertekad dan siap mengikrarkan diri sebagai daerah yang bebas malaria.

“Sebelumnya Selayar dikenal sebagai daerah endemis malaria tertinggi di Sulsel, kini telah mampu mengendalikan penularan malaria dengan signifikan,” ujarnya.

Ia mengemukakan bahwa eliminasi malaria adalah suatu upaya untuk menghentikan penularan malaria setempat/lokal/indigenous dalam suatu wilayah geografis tertentu, bukan berarti tidak ada penderita malaria sama sekali, dan tidak ada vektor malaria di wilayah tersebut, namun lebih pada menjamin tidak adanya lagi penularan setempat minimal 3 tahun terakhir.

Sementara kedatangan tim assessment eliminasi malaria dari Kementerian Kesehatan RI, akan melakukan penilaian, apakah Kabupaten Kepulauan Selayar telah mampu mengeliminasi malaria dan layak mendapatkan sertifikat bebas malaria dari Kemenkes.

Ketua Tim dari Kemenkes Desriana Elisabeth Gisting mengatakan, assesment eliminasi malaria di Kepulauan Selayar akan dilakukan hingga 22 Juni mendatang.

“Untuk penilaian, Dinas Kesehatan Provinsi telah melaksanakan assesment awal, dan ketika sudah dianggap bahwa kabupaten siap untuk dilakukan assessment, maka Dinkes Provinsi membuat surat ke Kemenkes RI untuk turun melakukan assesment,” kata Desriana Elisabeth.

Ia berharap selama melakukan assesment, dapat bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan seluruh elemen terkait di Kabupaten Kepulauan Selayar, terlebih kedatangannya untuk melihat apa yang telah dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kepulauan Selayar bersama jajarannya dalam upaya menjadikan Selayar bebas malaria.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kadis Kesehatan Selayar Husaini, perwakilan dari Kodim 1415 Selayar, Sekretaris Forum Kabupaten Sehat Muh. Arsyad, para camat, para pimpinan OPD dan undangan lainnya.

Editor: Kink Kusuma Rein

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik24 Oktober 2024 12:31
Relawan Buruh Siap Menangkan Seto-Rezki di Pilkada Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Para buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Maritim Indonesia (SPMI) Sulsel mendeklarasikan dukungan kep...
Hukum24 Oktober 2024 11:36
Peningkatan Kinerja Humas Pemasyarakatan Sulsel Melalui Asistensi Media
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui Kelompok Kerja Kehumasan, yang dipimpin PJ Bidang Informasi, JP Budi Waskito, ...
Politik24 Oktober 2024 10:50
Ajak Warga Pilih Andalan Hati, Puluhan Legislator Parpol Koaliasi Tebar Ribuan APK
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Partai politik (parpol) koalisi pengusung dan pendukung pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati...
Aneka24 Oktober 2024 09:26
Kolaborasi Asmo Sulsel Bersama Perusahaan Edukasi Safety Riding kepada Pegawai
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) memberikan edukasi safety riding kepada puluhan karyawan Mars Cocoa Side Pangkep...