Logo Sulselsatu

Anggota FKS Selayar Diminta Bersiap Jelang Verifikasi Kabupaten Sehat Tingkat Nasional

Asrul
Asrul

Sabtu, 22 Juni 2019 22:18

Anggota FKS Selayar Diminta Bersiap Jelang Verifikasi Kabupaten Sehat Tingkat Nasional

SULSELSATU.com, SELAYAR – Verifikasi kabupaten/kota sehat tingkat nasional di Kabupaten Kepulauan Selayar rencananya akan berlangsung pada minggu I/II Juli 2019. Terkait dengan hal tersebut, jajaran pengurus dan anggota Forum Kabupaten Sehat (FKS) Kabupaten Kepulauan Selayar diminta untuk bersiap diverifikasi oleh tim nasional, sehingga penghargaan swastisaba-wistara dapat pertahankan untuk yang ke-3 kalinya.

Demikian arahan Ketua FKS Kabupaten Kepulauan Selayar yang diwakili oleh Wakil Ketua FKS dr. Saribulan pada pembukaan rapat koordinasi bersama seluruh jajaran pengurus FKS di Sekretariat FKS Selayar, Jalan Jenderal Sudirman, Selasa (18/6/2019).

Saribulan meminta agar dilakukan pembinaan pada 5 kecamatan di wilayah pulau, sebelum tim verifikasi nasional datang. Hal ini kata dia penting mengingat salah satu ikon dalam kabupaten sehat di Selayar adalah “pulau sehat”.

Baca Juga : Hadiri Resepsi HUT ke-414 Selayar, Wagub Bicara Soal Desentralisasi Pembangunan

“Pulau-pulau harus sehat, jika memungkinkan ada pulau yang kembali kita siapkan sebagai lokus verifikasi nasional tahun ini,” kata Saribulan

Sementara untuk lokus verifikasi lapangan diharapkan ada inovasi yang berbeda dengan lokus pada verifikasi tahun 2018 kemarin. Untuk teknisnya, lanjut Saribulan, supaya dilakukan pendampingan dan dimulai pekan ini.

Kepada para camat, lurah dan kepala desa diminta agar anggaran yang ada di organisasinya masing-masing dapat dioptimalkan dan dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Kendati demikian swadaya masyarakat perlu juga terus digerakkan.

Baca Juga : Pemkab Selayar Salurkan Bantuan untuk Lansia dan Anak Yatim

Terkait dengan akses sanitasi 100 persen, diupayakan dapat dilakukan deklarasi ODF tingkat Kabupaten atau dengan kata lain Deklarasi Kecamatan ODF dan Kabupaten ODF. Hal tersebut penting, karena menjadi salah satu prasyarat mendapat Wistara tiga kali, seperti ditegaskan oleh pemerintah pusat.

Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

News27 November 2022 06:06
Srikandi Ganjar Gelar Creative Competition, Geliatkan Industri Seni di Sulsel
Relawan srikandi ganjar gelar creative competition...
Video26 November 2022 23:42
VIDEO: Bantuan Kebanyakan Pakaian Wanita, Bapak-Bapak Cosplay Pakai Daster
SULSELSATU.com – Gempa yang terjadi di Cinjur, Jawa Barat menyebabkan kerusakan yang luar biasa. Data dari BNPB pada Sabtu (26/11) sebanyak 310 ...
Olahraga26 November 2022 22:19
Kejurnas Wilayah 5 Taekwondo Resmi Bergulir di Makassar
  SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gelaran kejuaraan nasional (Kejurnas) wilayah 5 yang dipusatkan di Kota Makassar resmi bergulir pada Jumat (25...
Video26 November 2022 21:30
VIDEO: Muazin Menangis saat Kumandangkan Azan di Bencana Gempa Cianjur
SULSELSATU.com – Seorang muazin menangis saat melakukan adzan di dalam masjid yang hancur dilanda gempa pada Senin (21/11). Masjid itu terletak ...