Logo Sulselsatu

Rakor Persiapan Verifikasi Nasional, Ini Hasil Kesepakatan Pengurus FKS Selayar

Asrul
Asrul

Sabtu, 22 Juni 2019 17:40

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, SELAYAR – Menindaklanjuti arahan Ketua Forum Kabupaten Sehat (FKS) Kabupaten Kepulauan Selayar jelang verifikasi Kabupaten Sehat tingkat nasional Tahun 2019, disepakati beberapa hal untuk ditindaklanjuti oleh para camat, para Ketua Forum Kecamatan Sehat bersama anggota, para koordinator wilayah dan seluruh pengurus Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Kepulauan Selayar serta para kepala desa/lurah dan pengurus pokja desa/kelurahan sehat.

Di antara poin penting yang disepakati adalah Pulau Bahuluang dijadikan sebagai lokus pulau sehat. Selain itu akan dilakukan pembinaan langsung ke semua desa (Sekretariat Pokja Desa Sehat dan Lokus Tatanan) khususnya pada 6 kecamatan daratan oleh tim kabupaten bersama tim forum kecamatan, termasuk pembinaan ke Sekretariat Forum Kecamatan, akan kembali dilaksanakan mulai pekan IV Juni 2019.

Disamping itu akan dilakukan koordinasi ke pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dalam rangka peningkatan pelaksanaan Kabupaten Sehat oleh semua pemerintah desa.

Baca Juga : Hadiri Resepsi HUT ke-414 Selayar, Wagub Bicara Soal Desentralisasi Pembangunan

Sekretaris Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Kepulauan Selayar Muhammad Arsyad, Rabu (19/6/2019) malam, mengatakan bahwa upaya peningkatan kebersihan lingkungan oleh masyarakat melalui kegiatan kerja bakti/gotong royong yang dikenal dengan nama “Jumpa Berlian” (Jumat Pagi Bersih Lingkungan) akan kembali digiatkan di semua desa dan kecamatan, dikoordinir oleh para camat dan kepala desa/lurah.

Adapun tatanan andalan per kecamatan yang akan dipersiapkan sebagai lokus verifikasi nasional, disepakati sebagai berikut :

1. Kecamatan Bontosikuyu ; tatanan kawasan pariwisata sehat
2. Kecamatan Bontoharu ; tatanan kawasan pemukiman sehat dan sarana parsarana umum
3. Kecamatan Benteng ; tatanan kawasan tertib lalu lintas tatanan industri dan perkantoran sehat
4. Kecamatan Bontomanai ; tatanan kehidupan sosial sehat
5. Kecamatan Buki ; kehidupan masyarakat sehat yang mandiri
6. Kecamatan Bontomatene ; tatanan ketahanan pangan dan gizi.

Baca Juga : Pemkab Selayar Salurkan Bantuan untuk Lansia dan Anak Yatim

“Meski demikian, sudah menjadi catatan bahwa khusus Tatanan Kehidupan Masyarakat Sehat Mandiri dan Tatanan Pemukiman Sehat adalah tatanan wajib sehingga semua kecamatan harus siap. Sementara untuk pembinaan pada 5 kecamatan wilayah pulau menjadi perhatian khusus untuk segera diagendakan,” katanya.

Terkait dengan deklarasi ODF akan dilaksanakan setelah selesai Proses verifikasi lapangan desa ODF yang diagendakan sebelum verifikasi nasional. Selain itu akan dipersiapkan Sekretariat Perwakilan (Gabungan Forum Kecamatan Sehat Wilayah Pulau) di Benteng, yang akan dikunjungi oleh Tim Verifikasi Nasional.

Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik20 Mei 2024 23:44
Azhar Arsyad Ajak Lintas Generasi Bangkit Majukan Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua DPW PKB Sulsel Azhar Arsyad mengajak seluruh generasi untuk bersatu menyatukan kekuatan memajukan Kota Makassar...
Video20 Mei 2024 23:20
VIDEO: Heboh! Makam Mahasiswi di Purbalingga Dibongkar, Diduga Pencurian Tali Pocong
SULSELSATU.com – Aksi pembongkaran makam di Purbalingga, Senin (20/5/2024). Video ini menghebohkan media sosial. Berdasarkan informasi, makan ya...
Hukum20 Mei 2024 22:36
15 UPT Kanwil Kemenkumham Sulsel Masuk Tahap Panel TPI
SULSELSATU.com, BANDUNG – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan (Sulsel) ikuti Panel Hasil Evaluasi P...
Politik20 Mei 2024 22:24
Harap Bersama di Pilwali, ARA Siap Jalani Mekanisme Dapatkan Rekomendasi Hanura
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Adi Rasyid Ali (ARA) menyerahkan berkas pendaftaran ke DPC Hanura Kota Makassar pada Senin (20/5/2024). Penyerahan be...