Jemaah Korban Abu Tours Berangkat Umrah Pakai Biaya Sendiri

Sejumlah warga melintas di depan eks kantor Abu Tours di Jalan Kakatua, Makassar, Ahad (3/3/2019). (Sulselsatu/Moh Niaz Sharief)
images-ads-post

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sejumlah eks agen Abu Tours diam-diam memilih memberangkatkan sendiri para jemaahnya.

Salah satu Agen Abu Tours, Pia mengaku, telah memberangkatkan hampir jemaahnya sendiri lantaran proses penyerahan aset dari jaksa ke kurator belum jelas waktunya.

“Kita juga lagi menunggu, Sidang korporasinya masih berlanjut dan dia (para terdakwa) juga banding kayanya,” ujar Pia dikonfirmasi Sulselsatu, Kamis (4/7/2019).

“Jemaah ini mau berangkat, kita kasih berangkat. Kita agen mitra bikin travel, kita berangkatkan dengan biaya khusus untuk korban,” katanya lagi.

Pia membeberkan, sudah hampir 50 persen jemaahnya yang telah berangkat sendiri meski akhirnya tetap menambah biaya sebagai bentuk tanggungan bersama.

“Sudah banyak, adami hampir 100 (dari total 300 orang) berangkat jemaah ku, yang lain, agen lain juga banyakmi berangkat jemaahnya,” ujarnya.

“Dia sendiri yang biayai, kita kasi harga travel, kita (para agen) nda kasi naik harga,” katanya lagi.

Sebelumnya, salah satu Kurator aset Abu Tours, Susy Tan menjelaskan bahwa proses lelang aset Abu Tours masih terganjal oleh sejumlah proses hukum pidana yang masih berjalan, yakni empat terdakwa kasus Abu Tours tengah mengajukan banding ke Mahkamah Agung serta proses sidang Korporasi yang masih berlangsung di PN Makassar.

“Masih sama seperti sebelumnya (menunggu proses hukum), karena sekarang Abu Hamzah dkk sedang kasasi di Mahkamah Agung dan belum ada putusannya,” kata Susy dikonfirmasi Sulselsatu, Selasa (2/7/2019) malam.

Susy mengatakan, pihaknya pun berharap jika putusan MA masih sama dengan putusan PN Makassar dan Pengadilan Tinggi Makassar yang menyerahkan kewenangan pengurusan aset jemaah ke kurator.

“Kalau putusan MA katakan tetap aset diserahkan kepada kurator ya jaksa akan serahkan kepada kami lalu kami mulai proses lelang,” kata Susy.

Soal perkembangan jumlah nilai aset Abu Tours, Susy mengatakan nilainya masih berada di kisaran Rp200 miliar lebih.

Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Awang Darmawan