Logo Sulselsatu

Bupati Indah Harapkan Lutra Masuk Kontingen UDG Sulsel ke Tingkat Nasional

Asrul
Asrul

Senin, 08 Juli 2019 12:36

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani

SULSELSATU.com, LUWU UTARA – Sebanyak 4 (empat) kontingen kecamatan se-Kabupaten Luwu Utara mengikuti perlombaan Utsawa Dharma Ghita (UDG) atau yang lebih dikenal nyanyian suci keagamaan Hindu.

Kegiatan yang dilaksanakan di Dusun Kembang Makmur, Desa Tamuku itu dibuka langsung oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri indriani, Senin (8/7/2019).

Berbagai kegiatan yang digelar pada kegiatan tersebut seperti Lomba Utsawa Pembaca Sloka, Utsawa penghafal Sloka, Utsawa Phalawakya, Utsawa Kekawin, Utsawa Dharma Wacana dan debat keagamaan.

Baca Juga : Rasakan Langsung Beragam Manfaat Kompor Induksi, Bupati Luwu Utara: Mudah dan Praktis

Kegiatan diawali dengan defile masing- masing kontingen kecamatan, yaitu Kecamatan Tanalili, Kecamatan Bone-Bone, Kecamatan Sukamaju dan Kecamatan Mappedeceng. Dari keseluruhan peserta yang ikut pada kegiatan kali ini sebanyak 170 orang.

Dalam laporannya Ketua Panitia Pelaksana UDG, Made Sudana memaparkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan 2 tahun sekali.

“kegiatan ini rutin dilaksanakan, tujuannya untuk meningkatkan keterampilan dan wawasan dalam membaca kitab suci Weda dan kidung kidung keagamaan, sebagaimna tema kita pada tahun ini: melalui utsama dharma githa kita tingkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan kitab suci weda,” ujarnya.

Baca Juga : Momen HUT Golkar ke-57, Indah Putri Indriani Minta Kader Kompak

Ketua LPDG Kabupaten Luwu Utara, I Gusti Made Jandem menambahkan bahwa pelaksanaan ‎UDG dilaksanakan 2 tahun sekali, nantinya para pemenang dari lomba ini akan mewakili Kabupaten Luwu Utara di Tingkat Provinsi.

“Olehnya itu melalui kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah terkhusus ibu Indah Putri Indriani atas perhatiannya di setiap kegiatan-kegiatan keagamaan sehingga keamanan dan ketertiban terjalin dengan baik dan menjadikan Luwu Utara sebagai daerah yang menjunjung tingga nilai harmonisasi antar ummat beragama,” kata I Made.

Sementara Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mengatakan setiap pelaksanaan kegiatan Utsawa Dharma Ghita tingkat nasional Luwu Utara selalu mempunyai perwakilan yang tergabung dalam kontingen Sulawesi Selatan.

Baca Juga : Peringati Hari Santri Nasional, Bupati Luwu Utara Ajak Terapkan Prokes 5M + 1D

“Ini tantangan bagi panitia dan peserta agar jangan sampai kita tidak punya keterwakilan pada kontingen, karena saya tahu persis kita ini orang-orang pejuang yang tidak kenal kata menyerah dan penuh kebersamaan,” kata Indah Putri.

Pembukaan UDG ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, yang didampingi Pjs. Sekretaris Daerah Luwu Utara, Tafsil saleh, Kabag Ops Polres Lutra, Wakil Ketua PHDI Prov Sulsel, Made Jana, Ketua LPDG Kabupaten Luwu Utara, I Gusti Made Jandem, Sekretaris Camat Bone-Bone, Nasruddin) dan Kepala Desa Tamuku.

Editor: Kink Kusuma Rein

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...
News28 Maret 2024 22:59
Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Vale Umumkan Jajaran Komisaris Baru
PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Jasmine Room, Soehanna Hall, The Energy Building Jal...
Ekonomi28 Maret 2024 22:30
Penyaluran Kredit UMKM Januari 2024 di Sulsel Mencapai Rp59,96 Triliun
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulselbar merilis penyaluran kredit UMKM di Sulsel hingga posisi Januari 2024 mencapai Rp59,96 triliun. Nominalnya naik 1...