Logo Sulselsatu

Pemda Lutra Kerja Sama Oxfam Wujudkan Hak Atas Pangan

Asrul
Asrul

Rabu, 10 Juli 2019 08:30

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani

SULSELSATU.com, LUWU UTARA – Untuk mendorong adanya program yang inovatif dan inklusif dalam rangka hak atas pangan, Pemerintah Kabupaten Luwu Utara menggelar audiensi dengan Oxfam Indonesia di Ruang command center pemda Lutra, Selasa (9/72019).

“Kedatangan kami dengan maksud bertemu, bersilaturahmi, serta untuk mengharapkan adanya dukungan dan sinergi dari pemda, kemudian kita juga bekerja sama tentu dalam upaya bersama mendukung tercapainya pembangunan yang berkelanjutan, seperti pengurangan kemiskinan, ketahanan pangan, serta pengurangan ketimpangan dan sebagainya,” ujar Widiyanto selaku Project Manager Oxfam di Indonesia.

Widiyanto melanjutkan, salah satu projek Oxfam di Indonesia yaitu hak atas pangan, dalam hal ini bisa mewujudkan ataupun pemenuhan hak atas pangan dan dalam hal ini melakukan penguatan akses dan kontrol terhadap produsen pangan, utamanya yang berskala kecil, di mana Oxfam akan bekerja sama dengan petani, nelayan, buruh dan sebagainya.

Baca Juga : Rasakan Langsung Beragam Manfaat Kompor Induksi, Bupati Luwu Utara: Mudah dan Praktis

“Khusus di Luwu Utara, kita memiliki tiga mitra dalam mengimplementasikan program kami. Program tersebut seperti penguatan tata kelola pertanian di Luwu Utara, penguatan kapasitas dewan ketahanan pangan dan komisi pengawasan pupuk dan pestisida/KP3, integrasi pemetaan dan perencanaan tata guna lahan partisipatif dalam inisiatif perluasan wilayah kelola rakyat dan kebijakan ruang daerah dan nasional,” ujarnya.

Selain itu ia juga menambahkan bahwa implementasi perpres reforma agraria melalui usulan lokasi prioritas reforma agraria dan pengembangan desa maju reforma agraria, serta sinergi dalam pemberdayaan ekonomi antara pemda dengan masyarakat di desa.

Untuk diketahui, Oxfam merupakan organisasi nirlaba dari Inggris yang berfokus pada pembangunan penanggulangan bencana dan advokasi, bekerja sama dengan mitra lainnya untuk mengurangi penderitaan di seluruh dunia.

Baca Juga : Momen HUT Golkar ke-57, Indah Putri Indriani Minta Kader Kompak

Organisasi ini terdiri dari 15 organisasi dari 98 negara di dunia. Oxfam berdedikasi untuk memerangi kemiskinan dan ketidakadilan di seluruh dunia.

Sementara itu Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani berterima kasih atas kerja sama dan sinergi yang telah dibangun dalam beberapa waktu terakhir.

“Di sini ingin saya sampaikan bahwa betapa besar komitmen pemerintah bersama dengan masyarakat dalam mewujudkan hak atas pangan ini, tapi juga tidak kurang tantangan yang kita hadapi bersama. Kesimpulannya adalah era kompetisi kita akhiri dan era kolaborasi kita mulai,” ujarnya.

Baca Juga : Peringati Hari Santri Nasional, Bupati Luwu Utara Ajak Terapkan Prokes 5M + 1D

Terkait hal itu, lanjut Indah, pemda sudah bekerja sama dengan tiga lembaga lokal dalam penurunan angka kemiskinan. Walaupun demikian ekonomi Lutra bertumbuh dengan sangat baik di angka 7,6% dari data BPS 2018 dan diprediksikan akan meningkat menjadi 8% di tahun 2019.

“Dalam dua tahun ini pemda terus berusaha utamanya dalam membuka akses transportasi di daerah terpencil, sehingga harga atas hasil pangan masyarakat bisa betul-betul mereka nikmati, jadi nilai tukar pertanian bisa lebih baik,” ujar orang nomor satu di Luwu Utara tersebut.

Turut hadir pada pertemuan tersebut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Luwu Utara, Alauddin Sukri, dan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan Luwu Utara, Armiady.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi di SMPN 1 Rampi

Editor: Kink Kusuma Rein

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Hukum19 Maret 2024 09:29
Lantik 57 Pimti Pratama, Menkumham: Bekerja Bersama Adalah Keberhasilan
SULSELSATU.com, JAKARTA – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI (Menkumham), Yasonna Laoly, menekankan bahwa perlu kerja sama dan teamwork untu...
Makassar19 Maret 2024 08:32
BPOM Makassar Perkuat Pengawasan Makanan Selama Ramadan
BPOM melakukan pengawasan baik secara rutin maupun intensif. Apalagi di bulan suci Ramadan perlu pengawasan takjil untuk memastikan keamanan makanan y...
Ramadan19 Maret 2024 07:45
Asmo Sulsel Beri Promo Spesial Khusus di Bakul Ramadan Claro Kendari
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon ikut berpa...
Video18 Maret 2024 23:30
VIDEO: Imam Desa di Takalar Keroyok Massa, Diduga Sering Ganggu Istri Orang
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan seorang imam desa di Takalar diamuk massa. Imam desa tersebut diduga kerap menganggau istri orang. ...