Logo Sulselsatu

Modernisasi Jaringan PLN Selayar Ditargetkan Rampung Agustus

Asrul
Asrul

Rabu, 24 Juli 2019 11:57

Modernisasi Jaringan PLN Selayar Ditargetkan Rampung Agustus

SULSELSATU.com, SELAYAR – PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Selayar terus berupaya untuk meminimalisir padamnya listrik di Kabupaten Kepulauan Selayar. Hal itu dilakukan usai Bupati Selayar Muh. Basli Ali mengadu ke kantor PLN di Jakarta.

Modernisasi jaringan seperti arahan GM PT. PLN UIKL Sulawesi, Suroso dalam kunjungannya ke Kabupaten Kepulauan Selayar beberapa waktu lalu, segera dilakukan oleh ULP Selayar. Modernisasi jaringan diantaranya seperti penambahan segment proteksi, pemecahan beban, mengganti kabel A3C menjadi A3CS, memasang recloser, mengganti tiang besi menjadi tiang beton.

Meski demikian PT. PLN (Persero) memohon bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar untuk membantu menyampaian kepada masyarakat yang memiliki pohon di sekitar jaringan agar dapat merelakan pohonnya dikarenakan selain berbahaya, pohon-pohon tersebut menjadi penyebab gangguan terbesar saat ini.

Baca Juga : Tingkatkan Layanan Kesehatan, Selayar Akan Tambah RS Pratama di Bonerate

Manager ULP Selayar Bustamin mengatakan, rangkaian kegiatan pembangunan modernisasi jaringan oleh ULP Selayar mulai dilakukan sejak kunjungan GM PT. PLN UIKL Sulawesi. Hingga saat ini, pembangunan modernisasi jaringan yang telah dilakukan adalah pengoperasian gardu hubung di Kelurahan Batangmata Kecamatan Bontomatene dan di Pariangan Kecamatan Bontosikuyu.

“Fungsinya adalah jika terjadi gangguan di Kecamatan Buki, Kecamatan Bontomatene dan Kecamatan Bontosikuyu tidak menyebabkan lokasi lainnya di Kabupaten Kepulauan Selayar ikut padam,” kata Bustamin.

Selain itu lanjut Bustamin, juga dilakukan pemasangan Recloser di Silolo, Benteng Pancasila, Laiyolo dan Suburu. Recloser tersebut katanya memiliki fungsi kerja otomatis untuk memutus dan menyambung kembali aliran listrik ketika ada gangguan pada jaringan tegangan menengah di lokasi tersebut, sehingga ketika ada gangguan tidak memakan waktu lama untuk penormalan kembali.

Baca Juga : Basli Ali Tolak Politik Dinasti

“Kami juga menambah jumlah tim pemangkasan pohon, khusus untuk memangkas pohon sekitar jaringan,“ terangnya.

Sejauh ini kegiatan pembangunan modernisasi jaringan masih terus berlanjut, pada tahap pengerjaan penggantian tiang besi menjadi tiang beton dan penggantian kabel terbuka (A3C) menjadi kabel terbungkus (A3CS), serta penebangan pohon-pohon di sekitar jaringan.

“Harapan kami pada 17 Agustus mendatang kegiatan pembangunan modernisasi jaringan dapat selesai. Kami harapkan pula dukungan dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dan masyarakat dapat bahu-membahu membantu PLN untuk menebang pohon-pohon yang ada di sekitar jaringan PLN demi tercapainya keandalan pasokan listrik yang tidak sering padam yang dapat kita nikmati bersama,“ tutup Bustamin.

Baca Juga : Bupati Selayar Santuni Warganya yang Sakit

Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar21 Maret 2023 19:00
Kolaborasi Pemkot Makassar-USAID Dorong Penyediaan Air Minum Aman
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar terus berupaya maksimal untuk menghadirkan layanan air bersih dan air minum yang op...
Makassar21 Maret 2023 18:19
Hebat! Pemkot Makassar Raih PPKM Award 2023 dari Presiden Jokowi
SULSELSATU.com, JAKARTA – Pemerintah Indonesia memberikan penghargaan kepada Pemkot Makassar karena telah berhasil dalam pengendalian Covid-19. ...
Sulsel21 Maret 2023 17:28
Cek Jadwal Pemadaman Listrik di Kabupaten Jeneponto Selasa 21 Maret 2023
SULSELSATU.com, JENEPONTO – General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselbar), Mo...
Politik21 Maret 2023 17:20
Andi Rio Padjalangi Gantikan John Rende Pimpin Bapera Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dewan Pimpinan Daerah Barisan Pemuda Nusantara Sulawesi Selatan (DPD Bapera Sulsel) resmi dilantik Selasa (21/3/2023)...