Logo Sulselsatu

Thahar Hadiri Prosesi Pemberian Gelar Adat bagi Marga Taufik oleh Kedatuan Luwu

Asrul
Asrul

Selasa, 13 Agustus 2019 08:32

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, PALOPO – Wakil Bupati Luwu Utara, Muhammad Thahar Rum, menjadi saksi sejarah dari prosesi pemberian gelar adat oleh Kedatuan Luwu kepada Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq, Senin (12/8/2019), di Istana Kedatuan Luwu Kota Palopo.

Gelar yang diberikan untuk Marga adalah Pekkeng To Rirennuang ri Luwu yang berarti Prajurit Harapan Orang Luwu. Gelar ini diberikan Datu Luwu, La Maradang Mackulau, dan disaksikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palopo, Wakil Bupati Luwu, dan Wakil Bupati Luwu Utara.

Prosesi pemberian gelar adat dilaksanakan mulai pukul 14.30 wita, dan berakhir pukul 17.00 wita. Datu Luwu juga menyematkan pin Kedatuan Luwu kepada mantan Dandim Sawerigading tersebut. Marga menjabat Dandim 1403 Sawerigading pada 2004 – 2006.

Baca Juga : Kasim Alwi Ajak Warga Dukung Tahar-Rahmat di Pilkada Lutra

Usai prosesi tersebut, Marga mangatakan bahwa kehadirannya di Istana Datu Luwu wujud tanggung jawabnya sebagai seorang putra asli Luwu. “Insya Allah, saya terima tanggung jawab yang diberikan ini,” kata Marga. Ia berharap, orang Luwu dapat berjalan bersama.

“Ke depan, kita semua, orang Luwu, harus bisa berjalan bersama, membawa Luwu ini menjadi lebih baik lagi,” tegasnya. Sekadar diketahui, Marga Taufik adalah putra asli Luwu pertama yang menjabat sebagai Panglima Kodam atau Pangdam. (rls)

Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...