Logo Sulselsatu

Pemkab Lutra Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Asrul
Asrul

Selasa, 01 Oktober 2019 18:57

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, LUTRA – Tepat 54 tahun yang lalu, yaitu 1 Oktober 1965 ditetapkan sebagai hari Kesaktian Pancasila. Negara Kesatuan Republik Indonesia berhasil mempertahankan Ideologi Pancasila dari berbagai pihak yang ingin mengganti ideologi tersebut. Untuk itu, jajaran Pemkab Luwu Utara beserta para unsur TNI, Polri, serta pelajar menggelar upacara dalam rangka memperingati hari kesaktian pancasila, selasa (01/10/2019) di Lapangan Taman Siswa Masamba.

Dandim 1403 Sawerigading, Letkol Inf Gunawan bertindak sebagai inspektur upacara. Pada momen ini, ia mengatakan, Pancasila sebagai sebuah ideologi dalam berbangsa dan bernegara bagi bangsa Indonesia, semestinya diamalkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi landasan nilai dan prinsip yang terus mengalir bagi setiap generasi.

“Pemerintah Indonesia bersama seluruh elemen masyarakat lainnya terus berusaha untuk membangun dan menguatkan karakter bangsa agar menjadi bangsa mandiri di era saat ini. Pembangunan dan penguatan karakter bangsa berdasarkan pancasila, bertujuan untuk membuat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang mandiri sesuai dengan cita-cita pancasila,” ujarnya.

Baca Juga : Pemerintah Bakal Siapkan Tempat Tinggal Sementara bagi Korban Banjir Lutra

Dengan memperingati Hari Kesaktian Pancasila setiap tahunnya, maka akan menjadi pengingat, bangsa Indonesia memiliki nilai-nilai luhur yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai modern.

“Sehingga kita wajib untuk meningkatkan kewaspadaan nasional dan ketahanan mental ideologi Pancasila. Seperti halnya kewaspadaan tantangan globalisasi, liberalisasi dan postmodernisme,” lanjut Gunawan.

Sementara itu, Wakil Bupati Luwu Utara, Thahar Rum, yang ditemui usai upacara menegaskan, pembangunan kepribadian bangsa serta karakter bangsa sudah menjadi harga mati pada saat ini. Karena perilaku-perilaku menyimpang yang telah membudaya hanya dapat diberantas secara tuntas dengan mengubah cara berpikir, kepribadian, dan karakter para pelaku.

Baca Juga : Jufri Rahman Dipercaya Jadi Ketua Panitia Harlah Pancasila

“Terkadang, memang sulit untuk menentukan parameter yang sesuai untuk itu. Terlebih dengan keberagaman di Indonesia. Di sinilah kita semestinya kembali kepada nilai-nilai luhur bangsa yang ada di Pancasila. Dimana dasar negara tidak hanya dipelajari dan dimengerti saja, tetapi lebih dari itu adalah pelaksanaannya secara nyata dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Terlebih pada pelaksanaan pembangunan dan pemerintahan harus berlandaskan pada nilai-nilai dasar pancasila, dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Turut hadir Ketua DPRD Luwu Utara, Hamuddin, Kapolres Luwu Utara, AKBP Boy FS Samola, Unsur Forkopimda, Ketua TP-PKK Enny Thahar, serta para pimpinan SKPD Lingkup Pemda Luwu Utara. (rls)

Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...