Logo Sulselsatu

Tingkatkan Daya Saing, Pemda Lutra Rintis Kerja Sama Kelitbangan dengan Unhas

Asrul
Asrul

Sabtu, 05 Oktober 2019 17:00

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. (Foto/Ist)
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. (Foto/Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Hasanuddin (Unhas) merintis sebuah upaya kerja sama beberapa kajian atau kerja sama kelitbangan.

Rintisan kerja sama ini diharapkan menjadi model percontohan bagi daerah lain, dan rencananya akan dilaksanakan pada 2020 mendatang.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani berkali-kali mengucapkan terima kasih kepada LP2M dan Balitbangda karena menggagas kerja sama yang menurutnya penting dalam rangka mendukung pelaksanaan penelitian dan kajian di Lutra.

Baca Juga : Muhammad Fauzi Bersama Bupati Lutra Libatkan 37 Pelaku UMKM Pada Acara Buka Puasa Bersama

“Saya kira apa yang kita lakukan ini adalah upaya dalam rangka meningkatkan daya saing daerah,” kata Indah dalam Workshop Kerja Sama Kajian antara Pemda dan Unhas, di Ruang Rapat LP2M Gedung PKP Unhas, Jumat (4/10/2019).

Indah berharap, kerja sama semacam ini bisa terus dikembangkan, tidak hanya antar universitas, antara government dan universitas, tetapi juga antara industri dan pengusaha itu sendiri.

“Ke depan bukan hanya universitas dan pemerintah, tetapi dari kalangan industri juga bisa dilibatkan,” kata Indah Putri Indriani, seraya mengatakan bahwa di Kabupaten Luwu Utara banyak potensi yang bisa dikembangkan melalui kegiatan kelitbangan.

Baca Juga : Rasakan Langsung Beragam Manfaat Kompor Induksi, Bupati Luwu Utara: Mudah dan Praktis

Sementara itu, Kepala Balitbangda Luwu Utara, Anugerah M. Ali Anwar, mengatakan, rintisan kerja sama ini berangkat dari masalah keterbatasan anggaran dan SDM Peneliti yang dimiliki Pemda Luwu Utara.

Untuk itu kata dia, LP2M yang memang memiliki anggaran riset diharapkan bisa berkolaborasi dengan Pemda Lutra.

“LP2M membuka ruang itu dan kita menangkap peluang itu untuk berkolaborasi dengan mereka,” kata Anugerah.

Baca Juga : Momen HUT Golkar ke-57, Indah Putri Indriani Minta Kader Kompak

Ia mengatakan, kerja sama ini melahirkan apresiasi, termasuk dari kalangan Dekan Fakultas dan para dosen di Unhas.

“Kita telah menginisiasi ini dan diharap menjadi model percontohan karena kita dianggap paling agresif menangkap peluang yang ada,” ujarnya.

Ikut hadir dalam workshop ini, Wakil Rektor Unhas Bidang Ristek, Kepala LP2M Prof. Andi Alimuddin, para dekan, dosen, dan seluruh Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemda Lutra.

Baca Juga : Peringati Hari Santri Nasional, Bupati Luwu Utara Ajak Terapkan Prokes 5M + 1D

Editor: Kink Kusuma Rein

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video14 April 2024 20:47
VIDEO: Mobil Terjun ke Jurang di Jalan Poros Malino Gowa
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan mobil terjun ke jurang di Kabupaten Gowa. Kejadian ini terjadi pada Minggu (14/4/2024). Insiden ini...
Metropolitan14 April 2024 18:42
Pelabuhan Makassar Perkirakan Penumpang Arus Balik H+10 Idulfitri 1445 H Naik 6 Persen
Pelabuhan Makassar yang menjadi hub di Kawasan Timur Indonesia (KTI) dan salah satu pelabuhan terbesar milik PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pel...
Politik14 April 2024 18:17
Ustadz Das’ad Latif Masuk Radar Usungan NasDem di Pilwali Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Menjelang Pilwali Kota Makassar sejumlah figur bakal calon kandidat wali kota maupun wakil wali kota mulai bermuncula...
Video14 April 2024 18:13
VIDEO: Tanah Longsor terjadi di Tana Toraja, 18 Orang Ditemukan Meninggal
SULSELSATU.com – Tanah longsor terjadi di Kabupaten Tana Toraja, pada Sabtu (13/4/2024) kemarin. Longsor terjadi sekitar pukul 22.30 WITA di RT ...