Logo Sulselsatu

KPK Tahan Wali Kota Medan

Asrul
Asrul

Kamis, 17 Oktober 2019 09:57

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, JAKARTAWali Kota Medan Tengku Dzulmi Eldin diamankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam operasi tangkap tangan (OTT) terkait kasus korupsi proyek dan jabatan pada Pemerintah Kota Medan tahun 2019, Rabu (16/10/2019).

Usai diperiksa, Dzulmi Eldin langsung ditahan KPK. Saat keluar dari gedung KPK, Eldin sudah mengenakan borgol dan rompi tahanan oranye dan langsung digelandang ke mobil tahanan yang sudah menunggu di depan lobi gedung.

“Ditahan 20 hari pertama. Dzulmi Eldin S di Rutan Pomdam Jaya Guntur,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah, seperti dilansir CNNIndonesia, Kamis (17/10/2019).

Baca Juga : VIDEO: Ini Alasan KPK terkait Percepatan Panangkapan SYL

Selain itu, penyidik KPK juga melakukan penahanan untuk waktu yang sama terhadap Kepala Dinas PUPR Kota Medan Isa Ansyari dan Kepala Bagian Protokoler Kota Medan Syamsul Fitri Siregar. Febri mengatakan Isa ditahan di rumah tahanan Polres Metro Jakarta Pusat dan Syamsul Fitri ditahan di rumah tahanan Klas I Jakarta Pusat, Salemba.

Dalam perkara ini, Eldin diduga menerima uang sejumlah total Rp130 juta dari Isa Ansyari. Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan uang tersebut sebagai imbalan karena Eldin mengangkat Isa sebagai Kepala Dinas PUPR Kota Medan.

Perkara berikutnya ialah ketika perjalanan dinas dalam rangka kerja sama sister city antara Kota Medan dan Kota Ichikawa di Jepang. Eldin turut membawa serta istri, dua anaknya, dan beberapa orang lainnya yang tidak berkepentingan.

Baca Juga : VIDEO: Syahrul Yasin Limpo Ditetapkan Tersangka oleh KPK

Bahkan, kata Saut, Eldin memperpanjang waktu tinggal di Jepang selama tiga hari di luar waktu perjalanan dinas. Di masa perpanjangan tersebut keluarga Eldin didampingi oleh Kasubbag Protokol Pemerintah Kota Medan, Syamsul Fitri Siregar.

Akibat hal ini, tutur Saut, terdapat pengeluaran perjalanan dinas Wali Kota yang tidak dapat dipertanggungjawabkan dan tidak bisa dibayarkan dengan dana APBD.

“Pihak tour & travel kemudian menagih sejumlah pembayaran tersebut kepada TDE [Eldin],” ucap Saut.

Baca Juga : KPK Obrak Abrik Rumah Mentan SYL di Makassar, 1 Unit Mobil Mewah Diamankan

Lantas, Eldin pun memerintahkan Syamsul mencari dana dan menutupi ekses dana non-budget perjalanan ke Jepang dengan nilai sekitar Rp800 juta.

Kadis PUPR Isa Ansyari mengirim Rp200 juta ke Eldin atas permintaan melalui Syamsul untuk keperluan pribadi Wali Kota.

Berikutnya, Syamsul menghubungi ajudan Eldin, Aidiel Putra Pratama dan menyampaikan keperluan dana sekitar Rp800-900 juta untuk menutupi pengeluaran di Jepang. Ia kemudian membuat daftar target kepala-kepala dinas yang akan dimintakan kutipan dana. Termasuk di antaranya adalah kadis-kadis yang ikut berangkat ke Jepang.

Baca Juga : Diduga Terima Gratifikasi Rp 1,3 Miliar, Rafael Alun Kenakan Rompi Orange

Isa Ansyari, sebagai pihak yang tidak ikut berangkat ke Jepang pun juga diminta uangnya. “Diduga IAN [Isa] dimintai uang tersebut karena diangkat sebagai Kadis PU oleh TDE [Eldin],” ujar Saut.

Isa diminta memberikan uang sejumlah Rp250 juta. Namun, ia hanya menyerahkan Rp200 juta saja.

Sementara Rp50 juta sisanya diberikan Isa di lain waktu kepada ajudan Eldin bernama Andika. Hanya saja, dalam operasi tangkap tangan, yang bersangkutan melarikan diri dengan membawa uang tersebut.

Baca Juga : Bobby Nasution Ditunjuk Jadi Waketum HIPMI, Ini Rekam Jejaknya di Dunia Bisnis

Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...