Logo Sulselsatu

Mayat Pemimpin ISIS Dibuang ke Laut

Asrul
Asrul

Selasa, 29 Oktober 2019 11:59

Abu Bakr al-Baghdadi. (int)
Abu Bakr al-Baghdadi. (int)

SULSELSATU.com – Jenazah pemimpin kelompok ISIS Abu Bakar al-Baghdadi dibuang ke laut. Informasi tersebut disampaikan salah seorang sumber AFP di Pentagon.

Namun, sumber tersebut tidak menyebut secara pasti di mana dan kapan jenazah tersebut akan dibuang. Ia hanya menyatakan pembuangan tersebut sama dengan yang dilakukan pada jenazah Pimpinan Al-Qaeda Osama bin Laden setelah terbunuh dalam serangan pasukan AS pada 2011 lalu.

“Pembuangan jenazahnya dilakukan dengan lengkap dan ditangani dengan tepat,” kata Ketua Kepala Staf Gabungan AS Jenderal Mark Milley seperti dikutip dari AFP, Selasa (29/10/2019).

Baca Juga : Penembakan Brutal di Turale AS, Ibu dan Bayi 6 Bulan Tewas

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan pemimpin ISIS Abu Bakr Al-Baghdadi tewas akibat serangan pasukan khusus negaranya di barat laut Suriah pada akhir pekan kemarin.

Dalam pidato di Gedung Putih, Trump menuturkan Baghdadi tewas setelah terjebak oleh pasukan AS. Kondisi tersebut akhirnya mendorongnya untuk meledakkan rompi bunuh diri.

Selain Al-Baghdadi, Trump juga mengklaim operasi khusus AS itu juga turut menewaskan “sejumlah besar” anggota ISIS lainnya, termasuk tiga anak Baghdadi.

Baca Juga : Panel Surya Indonesia Siap Bersaing di Amerika Serikat, Pemerintah Harap Ekspor Meningkat

“Dia (Baghdadi) tewas setelah berlari di bawah terowongan jalan buntu, merintih, menangis, dan menjerit sepanjang jalan,” kata Trump dalam pidatonya pada Minggu (27/10).

Trump pada Senin kemarin mengatakan akan merilis segmen video dari serangan dramatis AS yang menewaskan Abu Bakar al-Baghdadi.

“Kami dapat mengambil bagian-bagian tertentu dan melepaskannya,” kata Trump kepada wartawan.

Baca Juga : ISIS Serang Penjara Suriah Lepaskan Tahanan Sesama Anggota

Berbicara pada pengarahan Pentagon Mark Milley mengatakan rekaman momen terakhir Baghdadi masih diperiksa. “Kami punya video, foto. Kami belum siap untuk merilisnya. Mereka sedang melalui proses deklasifikasi,” kata Milley.

Dia menunjukkan bahwa beberapa citra operasi dapat dirilis secara publik setelah dideklasifikasi.

Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...