Logo Sulselsatu

Wajo Tuan Rumah Pembukaan Jambore Wilayah Hizbul Wathan

Asrul
Asrul

Jumat, 22 November 2019 11:35

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, WAJO Pembukaan Jambore Wilayah Hizbul Wathan Sulawesi Selatan, dalam rangka Milad ke 107 Muhammadiyah tingkat Wilayah Sulawesi Selatan di Kawasan Rumah Adat Atakkae, Kamis, 21 November 2019.

Dalam acara ini diawali dengan sambutan sambutan dari Kwartir wilayah dan Pusat, serta Pimpinan Daerah Muhammadiyah Provinsi Sulsel.

Dalam sambutan dari Kwartir Wilayah yang menyampaikan bahwa peserta ada 2 golongan dalam Jambore Hizbul Wathan Ini pertama Pandu pengenal Hizbul Wathan usia 11 sampai 16 tahun berjumlah 31 regu atau sejumlah 310 orang.

Baca Juga : Pesantren As’diayah Siapkan Lahan 100 Hektare untuk Pertanian dan Peternakan, Dukung Program Ketahanan Pangan Sulsel

Kedua golongan penghela yang berusia antara 17 sampai 21 tahun sebanyak 33 regu berjumlah 330 orang dan dari peninjau Sehingga peserta yang ada pada Jambore hari ini adalah berjumlah 700 orang dan kegiatan ini akan berlangsung 21 November 2019 sampai dengan 24 November 2019

“Rangkaian kegiatan berupa kegiatan Jambore wilayah, kegiatan lomba pengenal berprestasi tingkat 4 dan lomba Porseni dalam rangka Milad Muhammadiyah yang memperebutkan piala bergilir dari pimpinan Muhammadiyah Sulawesi Selatan,” katanya.

Sambutan dari Kwartir pusat Hizbul Wathan Abdul Jalil Tahir yang mengatakan kepanduan di mana-mana sama yang membedakan hanya pada AIK atau Al Islam dan Kemuhammadiyaan.

Baca Juga : Temui Pj Gubernur Bahtiar, Bupati Wajo Bahas Optimalisasi Danau Tempe

“Saya sebenarnya rindu dengan Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud, karena dia adalah teman seperjuangan saya, kemana-mana selalu bersama, dia adalah murid saya dulu di Pondok Pesantren Darul Arqam, Hizbul Wathan sekarang ini berkembang pesat karena hampir selalu ada pelatihan di tiap Provinsi yang ada di Indonesia,”tutup Abdul Jalil Tahir.

Dilanjutkan dengan sambutan dari pimpinan daerah Muhammadiyah Provinsi Sulawesi Selatan yang mengatakan Hizbul Wathan dihadirkan Muhammadiyah untuk menjawab sekian banyak kekhawatiran yang Allah SWT Ingatkan dalam Alquran, jadi untuk menjawab itu didirikan organisasi otonom diantaranya Hizbul Wathan untuk menyiapkan anak dan pemuda Islam untuk dibina fisik, akidah, akhlak dan lain-lainnya.

Dalam sambutan Bupati Wajo yang diwakilkan kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo H. Amiruddin A, S.Sos., M.M yang menyampaikan ucapan selamat datang di Kabupaten Wajo, kepada para peserta dan penggembira Jambore Wilayah Ke-V Hizbul Wathan.

Baca Juga : VIDEO: Pria Asal India Ditolak saat Hendak Lamar Kekasihnya di Wajo

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Pengurus Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan, yang telah mempercayakan pelaksanaan Jambore Wilayah Ke-V dan beberapa kegiatan lainnya di Kabupaten Wajo,” kata H. Amiruddin A, S.Sos., M.M.

Dikatakan kalau Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan merupakan organisasi otonom Muhammadiyah, yang bertanggung jawab dalam menyiapkan dan membina anak, remaja dan pemuda untuk menjadi manusia muslim dan kader persyarikatan, umat dan bangsa. Gerakan kepanduan ini pertama kali didirikan oleh KH. Ahmad Dahlan di Yogyakarta pada tahun 1918, dengan nama Padvinder

Muhammadiyah, yang selanjutnya berganti nama menjadi Hizbul Wathan, yang secara harfiah bermakna pembela tanah air.
Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan dalam perjalanan sejarah, telah menjadi wadah pendidikan bagi generasi muda Muhammadiyah, yang mampu melahirkan tokoh-tokoh nasional.

Baca Juga : Andi Sudirman Sebut Jembatan Pituriase Sidrap Segera Dinikmati Masyarakat

“Salah satu diantaranya adalah Jenderal Besar Sudirman. Dia patut menjadi teladan para kader Hizbul Wathan, karena memiliki semangat dan cita-cita besar dalam membela Negara Kesatuan Republik Indonesia hingga akhir hayat,” jelas Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo.

Adapun tema Jambore kali ini adalah “Mandiri, Bersahabat dan Berprestasi” (rls)

Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...