Logo Sulselsatu

Wajo Tuan Rumah Pembukaan Jambore Wilayah Hizbul Wathan

Asrul
Asrul

Jumat, 22 November 2019 11:35

Wajo Tuan Rumah Pembukaan Jambore Wilayah Hizbul Wathan

SULSELSATU.com, WAJO Pembukaan Jambore Wilayah Hizbul Wathan Sulawesi Selatan, dalam rangka Milad ke 107 Muhammadiyah tingkat Wilayah Sulawesi Selatan di Kawasan Rumah Adat Atakkae, Kamis, 21 November 2019.

Dalam acara ini diawali dengan sambutan sambutan dari Kwartir wilayah dan Pusat, serta Pimpinan Daerah Muhammadiyah Provinsi Sulsel.

Dalam sambutan dari Kwartir Wilayah yang menyampaikan bahwa peserta ada 2 golongan dalam Jambore Hizbul Wathan Ini pertama Pandu pengenal Hizbul Wathan usia 11 sampai 16 tahun berjumlah 31 regu atau sejumlah 310 orang.

Baca Juga : Sikapi Kasus di Wajo, Koalisi Stop Perkawinan Anak Sulsel Bentuk Tim

Kedua golongan penghela yang berusia antara 17 sampai 21 tahun sebanyak 33 regu berjumlah 330 orang dan dari peninjau Sehingga peserta yang ada pada Jambore hari ini adalah berjumlah 700 orang dan kegiatan ini akan berlangsung 21 November 2019 sampai dengan 24 November 2019

“Rangkaian kegiatan berupa kegiatan Jambore wilayah, kegiatan lomba pengenal berprestasi tingkat 4 dan lomba Porseni dalam rangka Milad Muhammadiyah yang memperebutkan piala bergilir dari pimpinan Muhammadiyah Sulawesi Selatan,” katanya.

Sambutan dari Kwartir pusat Hizbul Wathan Abdul Jalil Tahir yang mengatakan kepanduan di mana-mana sama yang membedakan hanya pada AIK atau Al Islam dan Kemuhammadiyaan.

Baca Juga : VIDEO: Pernikahan Bocah 15 Tahun di Wajo Sulsel, Videonya Viral

“Saya sebenarnya rindu dengan Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud, karena dia adalah teman seperjuangan saya, kemana-mana selalu bersama, dia adalah murid saya dulu di Pondok Pesantren Darul Arqam, Hizbul Wathan sekarang ini berkembang pesat karena hampir selalu ada pelatihan di tiap Provinsi yang ada di Indonesia,”tutup Abdul Jalil Tahir.

Dilanjutkan dengan sambutan dari pimpinan daerah Muhammadiyah Provinsi Sulawesi Selatan yang mengatakan Hizbul Wathan dihadirkan Muhammadiyah untuk menjawab sekian banyak kekhawatiran yang Allah SWT Ingatkan dalam Alquran, jadi untuk menjawab itu didirikan organisasi otonom diantaranya Hizbul Wathan untuk menyiapkan anak dan pemuda Islam untuk dibina fisik, akidah, akhlak dan lain-lainnya.

Dalam sambutan Bupati Wajo yang diwakilkan kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo H. Amiruddin A, S.Sos., M.M yang menyampaikan ucapan selamat datang di Kabupaten Wajo, kepada para peserta dan penggembira Jambore Wilayah Ke-V Hizbul Wathan.

Baca Juga : VIDEO: Gotong Royong Unik, Warga di Wajo Pindahkan Rumah Pakai Perahu

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Pengurus Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan, yang telah mempercayakan pelaksanaan Jambore Wilayah Ke-V dan beberapa kegiatan lainnya di Kabupaten Wajo,” kata H. Amiruddin A, S.Sos., M.M.

Dikatakan kalau Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan merupakan organisasi otonom Muhammadiyah, yang bertanggung jawab dalam menyiapkan dan membina anak, remaja dan pemuda untuk menjadi manusia muslim dan kader persyarikatan, umat dan bangsa. Gerakan kepanduan ini pertama kali didirikan oleh KH. Ahmad Dahlan di Yogyakarta pada tahun 1918, dengan nama Padvinder

Muhammadiyah, yang selanjutnya berganti nama menjadi Hizbul Wathan, yang secara harfiah bermakna pembela tanah air.
Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan dalam perjalanan sejarah, telah menjadi wadah pendidikan bagi generasi muda Muhammadiyah, yang mampu melahirkan tokoh-tokoh nasional.

Baca Juga : VIDEO: Gotong Royong Unik, Warga di Wajo Pindahkan Rumah Pakai Perahu

“Salah satu diantaranya adalah Jenderal Besar Sudirman. Dia patut menjadi teladan para kader Hizbul Wathan, karena memiliki semangat dan cita-cita besar dalam membela Negara Kesatuan Republik Indonesia hingga akhir hayat,” jelas Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo.

Adapun tema Jambore kali ini adalah “Mandiri, Bersahabat dan Berprestasi” (rls)

Editor: Hendra Wijaya

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi30 Juni 2022 15:39
Daerah di Sulawesi yang Sudah Terapkan Beli Pertalite dan Solar Pakai MyPertamina Besok 1 Juli
SULSELSATU.com – Aturan beli BBM subsidi jenis Pertalite dan Solar pakai aplikasi MyPertamina sudah mulai berlaku besok 1 Juli 2022. Aturan ters...
Berita Utama30 Juni 2022 15:01
Bersiap! Beli LPG 3 Kg Harus Daftar di Aplikasi MyPertamina
SULSELSATU.com – Membeli gas LPG 3 kg kini tidak lagi bisa dengan mudah. PT Pertamina (Persero) akan memperketat pembelian LPG 3 kg yang mewajib...
Pendidikan30 Juni 2022 14:48
Rektor UNM ke Wisudawan: Tunjukkan Jati Diri Sebagai Ilmuan yang Profesional
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Untuk pertama kalinya semenjak pandemi Covid-19, upacara wisuda di Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali diseleng...
Sulsel30 Juni 2022 14:28
Lantik 23 Pejabat Baru, Bupati Gowa Harap Bekerja Sesuai Perkembangan Zaman
SULSELSATU.com, GOWA – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan melantik dan mengambil sumpah jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Adminis...