iklan Kareba Parlementa

Pemkot Parepare Segera Bayarkan Jasa Honorer yang Tertunggak

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, PAREPARE – Pemerintah Kota Parepare segera memulihkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan 29 tenaga honorer atau Tenaga Pekerja Harian (TPH) petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Parepare.

Pemulihan SK ini sekaligus menjadi pintu masuk untuk membayarkan jasa atau honor para petugas kebersihan selama sembilan bulan.

Langkah ini diambil menyusul keluarnya hasil pemeriksaan Inspektorat Parepare terhadap masalah 29 petugas kebersihan yang bekerja tanpa SK itu.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe membenarkan hasil pemeriksaan Inspektorat itu, dan segera mengambil langkah untuk pemulihan SK 29 petugas kebersihan dimaksud.

“Saya merespons cepat masalah ini dengan memerintahkan Inspektorat mencari sumber masalahnya. Saya minta dilakukan kajian, penelusuran, dan pendalaman. Ternyata sumber masalah ada pada Kabidnya. Makanya akan dijatuhkan sanksi sesuai ketentuan. Dan kesimpulannya, wali kota segera memulihkan kedudukan 29 petugas kebersihan itu, karena wali kota sudah tahu sumber masalahnya,” kata Taufan Pawe usai pertemuan Gelar Pengawasan di rumah jabatan Wali Kota Parepare, Kamis (12/12/2019).

Taufan mengungkapkan, Kabid Kebersihan dan Persampahan DLH Parepare tidak bertanggung jawab dalam masalah ini.

Kabid Kebersihan dan Persampahan tidak menyampaikan revisi SK kepada 29 petugas kebersihan itu.

“Karena ini sistem, ada sanksi jika melanggar. Intinya saya tidak ingin merugikan para petugas kebersihan ini. Namun kita akan evaluasi dan mengambil sikap tahun depan,” imbuh Taufan.

Taufan memaparkan kronologis masalah ini. Di awal tahun, dia sudah mengeluarkan SK untuk 300 petugas kebersihan di DLH.

Namun diakuinya, tidak mudah mengelola 300 petugas kebersihan itu. Sehingga dalam Diktum SK Wali Kota disebutkan Kepala Dinas punya kewenangan untuk merevisi SK apabila di kemudian hari dipandang ada yang perlu direvisi.

“Jadi kalau mau direvisi itu cukup kadis saja, tidak perlu sampai wali kota. Karena kadis sudah diberi kewenangan. Dalam perjalanannya mungkin kadis menilai dari 300 orang itu, ada 29 yang perlu direvisi, jadi keluarlah SK revisi pemberhentian mereka dan digantikan dengan petugas yang baru. Namun SK revisi ini yang tidak sampai ke mereka, sehingga mereka masih terus bekerja sampai sekarang,” papar Taufan.

Hanya saja, Taufan menyayangkan tindakan main hakim sendiri 29 petugas kebersihan itu. Menurut Taufan, seharusnya mereka memahami ada proses yang harus dilalui.

Tidak mudah langsung memulihkan SK tanpa ada dasar, dan tidak segampang itu membayarkan honor kalau tidak ada payung hukum.

“Jangan pressure saya untuk melawan hukum. Taufan Pawe tidak akan melawan hukum. Pasti saya bayarkan kalau sudah ada pintu atau payung hukumnya,” kata Taufan.

“Saya sesalkan tindakan demo sampai segel kantor itu. Mestinya tunggu dulu, ada proses yang bekerja. Tapi itu bagian dari evaluasi untuk bersikap lebih lanjut ke depan,” ujar wali kota bergelar doktor ilmu hukum ini.

Hal sama dikemukakan Inspektur Kota Parepare, Muh Husni Syam. Hasil pemeriksaan itu, kata dia, akan ditindaklanjuti berupa pemulihan SK dan menjadi dasar untuk pembayaran honor.

“Apakah pemulihan dengan SK wali kota atau kadis ini yang kita kaji. Jelasnya sudah ada pintu masuk untuk pembayaran honor,” kata Husni Syam.

Tindakan wali kota didukung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan, Arman Sahri Harahap yang menjadi narasumber dalam Gelar Pengawasan itu.

“Kalau saya berpendapat cabut saja SK pemberhentian dan batalkan SK pengangkatan. Mengedepankan kemaslahatan. Sehingga jasa mereka (petugas kebersihan) tetap harus dibayarkan,” saran Arman Sahri.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Kink Kusuma Rein

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Sejarah Singkat 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

SULSELSATU.com - Hari ini, Bangsa Indonesia memperingati 10 November Hari Pahlawan. Namun mungkin banyak yang belum tahu kenapa pada tanggal 10 November di tetapkaN...

Inilah 6 Peran Ayah yang Ideal untuk Keluarga Ayah

 SULSELSATU.com - Ayah adalah bagian yang tak terpisahkan dalam keluarga. Keluarga bukan hanya urusan para Ibu, sementara urusan Ayah adalah mencari nafkah. Pembagian peran...

Dua Wartawan di Jeneponto Diusir Oknum Security Saat Meliput di DPRD

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Rapat Anggaran perubahan R-APBD di ruang komisi III Kantor DPRD Jeneponto, Selasa, (29/9/2020), diwarnai insiden pengusiran terhadap dua jurnalis yang sedang...

Kunci Kemenangan Dua Periode Yeni Rahman, Kini Jadi Pasukan Pemenangan Irman-Zunnun

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Calon Wali Kota Makassar, Irman "None" Yasin Limpo, bersilaturahmi dengan Pemuda Pelopor Rajawali, di Jalan Rajawali Makassar, Rabu, 30 September 2020....

Ina Kartika dan Taufan Pawe Kompak Semangati Usungan Golkar di Barru

SULSELSATU.com, BARRU - Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari bersama...

Artikel Lainnya

Jelang Deklarasi GARBI Lutim, Husler Terima Kunjungan Syamsari

SULSELSATU.com, LUWU TIMUR - Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler, Sabtu...

Awal Tahun, Phinisi Point Tawarkan Beragam Promo

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Mal Phinisi Point menghadirkan berbagai promo menarik mengawali...

Makam di Galesong Terbongkar, Diduga Abrasi Akibat Penambangan

SULSELSATU.com, TAKALAR - Puluhan makam di pesisir pantai di Desa Mangindara,...

Ini Daftar DCT Sulsel untuk Pileg 2019

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan telah menetapkan...

Mudahkan Akses Informasi Pegawai, BKPSDM Parepare Hadirkan Si Nawaitu

SULSELSATU.com, PAREPARE - Kantor Badan Kepegawaian Pembinaan dan Sumber Daya Manusia...

Terkini

VIDEO: Massa Bakar Kantor Bupati Keerom, Tak Terima Hasil CPNS

  SULSELSATU.com - Sejumlah massa melakukan aksi pengerusakan di Kantor Bupati, Disnaker,...

Susuri Lorong-Lorong, Fatma Kampanye Protokol Kesehatan

  SULSELSATU.com. MAKASSAR - Calon Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi mengampanyekan...

Jalur Kereta Api Makassar-Parepare Bakal Rampung, Berikut 7 Jalur Stasiunnya

  SULSELSATU.com, PANGKEP - Setelah menyelesaikan pembangunan rel kereta api di Kabupaten...

Dewan Kritik Rangkap Jabatan di Lingkup Pemkot Makassar

  SULSELSATU.com, MAKASSAR - Anggota Komisi A DPRD Kota Makassar, Hamzah Hamid...

VIDEO: Viral, Seorang Anak Nelayan di Maros Rela Naik Perahu Untuk Daftar TNI

SULSELSATU.com - Perjuangan seorang anak nelayan di Maros untuk menjadi TNI...