Logo Sulselsatu

Birokrat Pemkot Makassar Jadi Ancaman Serius Danny di Pilwali

Asrul
Asrul

Senin, 16 Desember 2019 08:11

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Mantan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto (Danny) dinilai tidak bisa lagi mengharapkan dukungan dari pejabat birokrat Kota Makassar di Pilwali 2020 mendatang. Pasalnya, kebencian birokrat terhadap Danny semakin besar.

Direktur Nurani Strategic, Nurmal Idrus menjelaskan, salah satu kekuatan utama penyebab kemenangan kolom kosong adalah peran birokrasi yang besar. Fakta ini berdasar pada hasil pemeriksaan Bawaslu Kota Makassar bahwa memang ada pergerakan birokrasi yang masif dalam memenangkan kolom kosong.

“Pak Danny tidak bisa lagi mengharapkan loyalitas birokrasi. Justru kondisi birokrasi hari ini sangat berbahaya bagi Pak Danny. Kenapa? Karena orang-orang yang memegang jabatan di birokrasi Kota Makassar hari ini adalah orang-orang yang marah terhadap Danny,” kata Nurmal, Senin (16/12/2019).

Baca Juga : Pemkot Siapkan Anggaran Pilwali Makassar untuk KPU Sebesar Rp64 Miliar

Seperti diketahui sebelumnya, sejak 4 Juni 2018 sampai 8 Mei 2019, Danny meneken 40 Surat Keputusan mutasi terhadap 1.228 pejabat di lingkup Pemkot Makassar. Mutasi ini dilakukan beberapa bulan sebelum pemilhan legislatif 2019, dan satu bulan setelah pemilihan. Di mana istri dan putri Danny Pomanto termasuk dalam daftar caleg yang gagal lolos ke DPR RI di Pileg 2019.

Kebijakan mutasi ini dinilai melanggar peraturan pemerintah karena tanpa izin Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Olehnya Gubernur Sulsel dan Mendagri mengeluarkan kebijakan pembatalan terhadap SK mutasi tersebut, dan mengembalikan semua pejabat yang dimutasi ke posisi semula.

“Sementara, birokrasi jelas merupakan salah satu faksi terbesar dalam pilkada karena memiliki kewenangan yang berhubungan langsung dengan perut pemilih, terutama kalangan keluarga miskin. Mereka menentukan siapa yang dapat PKH, Rastra, BPJS PBI dan masih banyak lagi yang lain,” ungkap mantan Ketua KPU Makassar itu.

Baca Juga : Tomas Biringkanaya Dukung Rudianto Lallo Jadi Suksesor Danny Pomanto

Menurutnya, birokrasi hari ini tidak dikendalikan oleh calon manapun. Kendali atas birokrasi sepenuhnya berada di tangan pejabat wali kota dan Gubenur Sulsel.

Penulis: Asrul
Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video25 April 2024 23:13
VIDEO: Aksi Pencurian di Sebuah Perumahan di Gowa, TV dan Speaker Raib
SULSELSATU.com – Aksi pencurian telah terjadi di Perumahan Parangbanoa, Kabupaten Gowa, pada Kamis (25/4/2024). Pencurian ini mengakibatkan bara...
Makassar25 April 2024 22:02
Makassar Terima Penghargaan Kota Terbaik Penyelenggaraan Pemerintah Daerah
Makassar lagi-lagi meraih penghargaan dan masuk sebagai kota terbaik Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah....
Kesehatan25 April 2024 21:35
Yayasan Hadji Kalla Bentuk Kelompok Jantung Sehat di 14 Desa Kecamatan Bontonompo
Yayasan Hadji Kalla bersama mitra Yayasan Jantung Indonesia cabang Sulsel resmi membentuk kelompok Jantung Sehat di 14 desa dan kelurahan di Kecamatan...
Video25 April 2024 21:31
VIDEO: Oknum Personel Polda Sumut Diduga Kabur Usai Tabrak Mobil Warga
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan oknum yang diduga personal Polda Sumut menabrak mobil warga. Kejadian terjadi di pintu keluar tol K...