Logo Sulselsatu

Terungkap, Pesawat Ukraina Ternyata Ditembak Jatuh Militer Iran

Asrul
Asrul

Sabtu, 11 Januari 2020 12:57

Terungkap, Pesawat Ukraina Ternyata Ditembak Jatuh Militer Iran

SULSELSATU.com – Sebuah fakta baru terkait jatuhnya pesawat milik maskapai Ukraine International Airlines di Bandara Teheran, Iran, terungkap. Ternyata, pesawat yang membawa 176 penumpang dan kru itu ditembak jatuh oleh militer Iran.

Militer Iran menyatakan bahwa pihaknya tidak sengaja menembak jatuh pesawat dengan nomor penerbangan PS752, karena salah mengira pesawat akan melakukan serangan.

Militer Iran menyebut kesalahan tersebut karena faktor manusia, demikian bunyi pernyataan resmi yang dirilis Press TV, seperti dikutip dari CNN.com.

Baca Juga : 354 Positif Corona di Iran Meninggal Dunia

Pada Rabu (8/1/2020) pagi, Maskapai Ukraine International Airlines jatuh tidak lama setelah lepas landas, menewaskan seluruh penumpang dan kru. Pilot dilaporkan tidak mengirimkan pesan radio terkait kemungkinan kerusakan pesawat.

Sponsored by MGID

Sebelumnya kepala penerbangan sipil Iran Ali Abedzadeh menyatakan pesawat jatuh bukan karena ditembak rudal mereka. “Satu hal yang pasti, pesawat ini tidak terkena rudal,” kata Abedzadeh pada Jumat (10/1/2020) kemarin.

Setelah insiden tersebut, pejabat pemerintah Amerika Serikat menyatakan bahwa pesawat ditembak oleh dua rudal buatan Rusia secara tidak sengaja.

Baca Juga : Satu Anggota Parlemen Iran Meninggal Gegara Virus Corona

Insiden pesawat Ukraina jatuh ini terjadi ketika ketegangan antara Teheran dan Washington kembali memanas terutama setelah serangan drone AS menewaskan jenderal Iran, Qasem Soleimani, di Irak.

Editor: Awang Darmawan

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar30 November 2021 00:04
Saksikan Penyerahan DIPA Oleh Jokowi, Danny Harap Antisipasi Penanganan Covid-19 Gelombang III
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) menyaksikan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA...
Breaking News29 November 2021 23:25
Terbukti Bersalah, Nurdin Abdullah Divonis 5 Tahun Penjara dan Denda Rp500 Juta
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gubernur Sulsel nonaktif, Nurdin Abdullah terbukti bersalah oleh Majelis Hakim. Putusan dibacakan Ketua Majelis Hakim...
Makassar29 November 2021 23:07
Plt Gubernur Sulsel Hadiri Penyerahan DIPA dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan DD Tahun 2022
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengikuti penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Da...
Sponsored by MGID
Makassar29 November 2021 22:32
Pameran Kecantikan Ibex 2021 Tonjolkan Budaya Asli Pengantin Pria Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Internasional Indonesia Beauty Expo (Ibex) 2021 kembali digelar untuk keempat kalinya tahun ini. Ibex 2021 akan menon...