Logo Sulselsatu

Presentasi Anugerah Kebudayaan PWI di Jakarta, IDP Angkat Kebudayaan Rongkong

Asrul
Asrul

Sabtu, 11 Januari 2020 17:00

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. (Foto/Ist)
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. (Foto/Ist)

SULSELSATU.com, LUWU UTARABupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (IDP) melakukan presentasi Anugerah Kebudayaan PWI Pusat, di Kantor PWI, Jakarta, Kamis (9/1/2020) malam.

Presentasi ini dilakukan guna menyeleksi kepala daerah kabupaten/kota yang masuk 10 besar calon penerima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat, dan salah satunya adalah Bupati Indah Putri Indriani.

Di hadapan dewan juri, Indah Putri Indriani memaparkan komitmen Pemerintah Kabupaten Luwu Utara dalam pengembangan kebudayaan di Luwu Utara. Indah memaparkan proposal yang berjudul “Program Pemberdayaan, Pelestarian, Pengembangan Adat Istiadat, dan Budaya Kampung Tenun Berselimut Kabut di Rongkong Tana Masakke Lipu Maraninding”.

Baca Juga : Rasakan Langsung Beragam Manfaat Kompor Induksi, Bupati Luwu Utara: Mudah dan Praktis

“Salah satu wujud komitmen kami dalam pengembangan kebudayaan bisa dilihat dari pembentukan perangkat daerah yang secara khusus menangani tentang kebudayaan, walaupun sebenarnya kalau kita bicara tentang perangkat daerah, sebenarnya tidak berdiri sendiri, seharusnya bergabung dengan Dinas Pendidikan,” kata Indah Putri Indriani.

Meski demikian, kata bupati perempuan pertama di Sulsel ini, sejak 2017 Pemda Lutra membentuk perangkat daerah yang khusus menangani tentang Kebudayaan.

“Ini sebagai wujud komitmen kami dalam pengembangan kebudayaan di Kabupaten Luwu Utara,” katanya.

Baca Juga : Momen HUT Golkar ke-57, Indah Putri Indriani Minta Kader Kompak

Dalam pemaparannya, Indah secara spesifik menjelaskan pelestarian adat di Tana Rongkong.

Ia menyebutkan, di Tana Luwu ada 12 anak suku, dan salah satu dari 12 anak suku itu adalah to Rongkong atau suku Rongkong.

“Rongkong dikenal dengan budayanya yang masih sangat kental dengan aneka ragam kesenian, dan salah satu kebudayaan dan keterampilan orang Rongkong yang masih bertahan adalah tenunan adat Rongkong,” papar Indah.

Baca Juga : Peringati Hari Santri Nasional, Bupati Luwu Utara Ajak Terapkan Prokes 5M + 1D

Editor: Kink Kusuma Rein

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar02 Maret 2024 08:21
Pemkot Makassar Bersama BPKP Sulsel Komitmen Tekan Angka Kemiskinan dan Stunting
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama Kepala Perwakilan BPKP Sulsel Mohamad Risbiyantoro berkomitmen menekan angka stunting dan kemiskinan di...
Video01 Maret 2024 22:48
VIDEO: Cekcok berujung Saling Lempar Botol, ASN di Bantaeng Ini Viral
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan keributan sesama pegawai ASN dalam sebuah rapat. Kejadian ini diduga terjadi di lingkup Pemerintah ...
Video01 Maret 2024 20:29
VIDEO: Pohon Tumbang Berukuran Besar di Samping Kanal Pampang Makassar
SULSELSATU.com – Pohon tumbang di samping kanal Pampang Makassar, Jumat (1/3/2024) malam. Insiden pohon tumbang ini menutup akses jalan. Dalam v...
Ekonomi01 Maret 2024 19:38
RUPST 2024: BRI Bagikan Dividen Rp48,10 Triliun
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 di Jakarta (...