Logo Sulselsatu

Target Jadi Kiblat Olahraga di Sulsel, Parepare Bakal Bangun Sport City

Asrul
Asrul

Minggu, 26 Januari 2020 20:23

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, PAREPARE – Wali Kota Parepare, Taufan Pawe ingin mengangkat kejayaan olahraga Provinsi Sulawesi Selatan dimulai dari Kota Parepare.

Hal itu dibuktikan dengan segera menyulap kawasan Lompoe, Kecamatan Bacukiki, Parepare, menjadi Sport City BJ Habibie.

Nama BJ Habibie diambil karena Presiden ke-3 RI, putra Parepare itu, adalah ikon identitas kota dan inspirasi Parepare dalam membangun.

Baca Juga : Untung Menggiurkan, Kejari-Pemkot Parepare Komitmen Berantas Mafia Pupuk

Hal ini diungkap Wali Kota Taufan Pawe di hadapan Ketua Pengprov Pelti Sulsel HM Amin Syam di sela pengukuhan pengurus Pelti Parepare di Auditorium BJ Habibie, Komplek Rumah Jabatan Wali Kota Parepare, Minggu, 26 Januari 2020.

“Kawasan Lompoe itu, saya akan sulap jadi Sport City BJ Habibie. Kita akan jadikan Parepare kiblat olahraga di Sulawesi Selatan. Jadikan sport tourism,” ungkap Taufan Pawe.

Taufan mengemukakan, di kawasan Lompoe saat ini sudah dibangun Gedung Olahraga (GOR) representatif berkapasitas 5000 orang. Yang akan diresmikan tepat pada HUT Parepare, Februari 2020.

Baca Juga : Jembatan Kembar Parepare Akan Diresmikan Pada HUT Kota ke-63

Di depan GOR, rencananya akan dibangun lapangan tenis. Di kawasan itu juga, ada Stadion Gelora Mandiri yang segera berubah nama menjadi Stadion Gelora BJ Habibie (GBH).

“Kita akan rehab Stadion Gelora Mandiri agar lapangannya jadi berkualitas. Fasilitas memadai. Bahkan Pak Hamka (Kepala Disporapar, red) dengan tim manajer PSSI sudah turun meninjau Stadion Gelora Mandiri. In Sya Allah akan menjadi homebase PSM,” beber Taufan.

Tidak hanya PSM yang melirik Parepare, Rully Habibie, ponakan BJ Habibie juga tengah menjajaki pelaksanaan turnamen sepak bola Habibie Cup U-19 berskala internasional di Parepare.

Baca Juga : Kawasan Kuliner Religi Parepare, Ruang Publik Ramah Anak

“Pak Rully Habibie sudah presentasikan itu. Rencananya akan mengundang tim dari luar negeri, Brunai, Thailand, Malaysia, Singapura. Saya pikir itu bagus, dan kita siap,” imbuh Taufan.

Hal lain yang diungkap Taufan di hadapan Amin Syam, mantan Gubernur Sulsel itu, adalah hadirnya rumah sakit regional pertama di luar Makassar, di Parepare yakni RS dr Hasri Ainun Habibie (HAH).

RS dr HAH berkonsep medical tourism atau berobat sambil berwisata. RS dr HAH rencananya diresmikan pada HUT Parepare.

Baca Juga : Taufan Pawe dan Istrinya Umrah, Pemkot Parepare Dikendalikan Pangerang Rahim

“Intinya pak jenderal purnawirawan HM Amin Syam, pilar penyangga visi misi Parepare itu salah satunya adalah pariwisata. Pariwisata itu adalah olahraga. Dan Parepare menuju peradaban lebih modern. Punya identitas kota ulama dan kota santri, tapi harus lebih modern. Serta identitas kuat lagi adalah BJ Habibie,” tandas wali kota dua periode ini.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...