Logo Sulselsatu

37 Sekolah Remote Area di Sulsel Bakal Gelar UNBK

Asrul
Asrul

Senin, 10 Februari 2020 16:00

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMKN 8 Makassar (Sulselsatu Moh Niaz Sharief)
Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMKN 8 Makassar (Sulselsatu Moh Niaz Sharief)
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel, Basri mengatakan UNBK tahun 2020 akan dilakukan dimasing-masing sekolah. Termasuk di 37 sekolah remote area yang tersebar di 13 kabupaten.
Hal ini disampaikan Basri saat ditemui di Kantor Dinas Pendidikan sulsel, Jalan Perintis kemerdekaan, Senin (10/2/2020).
Basri mengatakan pelaksanaan UNBK remote area tersebut dilakukan untuk pertama kalinya.
“Jadi ini untuk pertama kalinya, sekolah remote area akan melaksanakan UNBK mandiri. Sekolah ini terdiri dari 31 SMA dan 6 SMK negeri,” katanya.
Lebih lanjut, dia mengatakan, Disdik saat ini tengah melengkapi komputer dan peralatan penunjang di 37 sekolah tersebut. Termasuk genset dan alat bantu koneksi internet (Pisa) ke masing-masing sekolah.
“Misalnya di Seko (Luwu Utara) kita sudah lengkapi komputernya, jadi tidak perlu lagi ke Masamba. Sama yang ada di pulau-pulau Pangkep, yang butuh 20 jam ke Pangkep daratan. Kita juga sudah uji coba jaringan internetnya dan bisa tersambung,” ujarnya.
Data Dinas Pendidikan Sulsel, kata dia, tercatat sekitar 133.384 siswa yang akan mengikuti UNBK. Mereka terdiri atas 73.895 siswa SMA, 40.117 siswa SMK dan 19.372 siswa MA (Madrasah Aliyah).
Sementara itu, Kepala Bidang SMA Disdik Sulsel, M Sabri menambahkan UNBK akan dimulai dari SMK tanggal 16 Maret-19 Maret dengan mata pelajaran berturut-turut Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan terakhir teori kejuruan.
Selanjutnya UNBK tingkat SMA mulai 30 Maret-2 April dengan mata pelajaran berturut-turut Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan terakhir bidang kejuruan.
Sekadar diketahui Ujian Nasional (UN) serentak tingkat SMA dan SMK akan mulai awal bulan Maret mendatang. Khusus di Sulsel, pelaksanaan UN kembali menggunakan komputer atau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).
Penulis: Jahir Majid
Editor: Kink Kusuma Rein

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...