Logo Sulselsatu

Pemuda Muhammadiyah Makassar Desak Pj Wali Kota Liburkan Sekolah dan Perkantoran

Asrul
Asrul

Minggu, 15 Maret 2020 21:15

Ketua Pemuda Muhammadiyah Makassar Awang Darmawan. (ist)
Ketua Pemuda Muhammadiyah Makassar Awang Darmawan. (ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Makassar, Awang Darmawan mendesak Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb meliburkan sekolah dan juga perkantoran. Hal itu perlu segera dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona di Makassar.

“Beberapa daerah sudah meliburkan sekolah dan membolehkan PNS bekerja dari rumah. Saatnya Pemkot Makassar melakukan hal yang sama demi keselamatan warga,” katanya.

Awang mengatakan, pemerintah pusat telah menetapkan wabah COVID-19 ini sebagai bencana nasional. Olehnya, ia mendesak Pemkot segera melakukan upaya ekstra pencegahan untuk mengantisipasi penularan virus COVID-19 di Makassar.

Baca Juga : Danny Pomanto Ajak Konsulat Jenderal Filipina Tampil di Festival F8 Juli Mendatang

Salah satunya, menerapkan sosial distancing dengan mengurangi aktivitas interaksi warga atau kegiatan yang melibatkan banyak orang.

“Kita jangan menunggu sampai ada yang terinfeksi. Pemkot mesti hadir bertanggung jawab untuk melindungi nyawa warganya,” ujar dia.

Awang juga meminta agar Pemkot Makassar mempermudah akses pemeriksaan kesehatan bagi warga. Pemeriksaan dilakukan dari rumah ke rumah untuk mengurangi kerumunan orang di fasilitas kesehatan seperti di rumah sakit dan Puskesmas.

Baca Juga : Pemkot Makassar Jadi Pemerintah Kota Pertama di Indonesia Timur Terapkan KKPD

“Pemkot bisa melibatkan kader Puskesmas dan Posyandu serta ketua RT/RW untuk mengidentifikasi warga yang sakit dan mengeluhkan gejala mirip corona,” tuturnya.

Pemuda Muhammadiyah sendiri, kata Awang, telah membentuk tim Quick Respon COVID-19. Tim ini bertugas mengedukasi masyarakat tentang upaya pencegahan yang perlu dilakukan untuk melawan virus corona.

Seperti mengimbau warga untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, rajin cuci tangan, membiasakan diri mengindari menyentuh wajah, dan menghindari pertemuan yang melibatkan banyak orang.

Baca Juga : ITB Nobel Alauddin Ajak Pemkot Makassar Kerja Sama Kembangkan SDM

“Saatnya pemerintah dan seluruh elemen masyarakat bersatu untuk melawan virus COVID-19 ini. Dengan peran semua pihak, di bawah komando pemerintah tentunya, kami percaya bencana ini bisa kita lewati,” tutupnya.

Editor: Hendra Wijaya

Baca Juga : Danny Pomanto Hadiri Sertijab Pangdivif 3/Kostrad, Perkuat Kolaborasi Jaga Ketahanan Pangan

 

Baca Juga : Danny Pomanto Hadiri Sertijab Pangdivif 3/Kostrad, Perkuat Kolaborasi Jaga Ketahanan Pangan

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video19 April 2024 23:42
VIDEO: Bocah Nangis saat Pemain Timnas U-23 Hadapi Pinalti Australia
SULSELSATU.com – Seorang bocah nangis tersedu saat Kiper Timnas U-23 Ernando Ari Sutaryadi menghadapi tendangan pinalti. Saat pertandingan mengh...
Pendidikan19 April 2024 21:59
Program Beasiswa KALLA Dibuka Hingga 30 April 2024 Bagi Mahasiswa di Empat Provinsi Ini
LAZ Hadji Kalla kembali menghadirkan program pemberian bantuan beasiswa pendidikan dan kepemimpinan kepada mahasiswa. ...
Video19 April 2024 21:51
VIDEO: 10 Korban Tanah Longsor di Tana Toraja Dimakamkan dalam Satu Lubang
SULSELSATU.com – 10 korban tanah longsor di Makale, Tana Toraja dimakamkan, Jumat (19/4/2024). Jenazah korban dimakamkan dalam satu lubang di Ko...
Politik19 April 2024 21:03
Yusran Lalogau Calon Tunggal NasDem di Pilkada Pangkep
ULSELSATU.com, MAKASSAR – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulsel mengusung Muhammad Yusran Lalogau (MYL) sebagai calon tunggal mengha...