iklan Kareba Parlementa

Ini Tips Pinjam Uang Ditengah Pandemi Covid-19

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com – Di tengah pandemi Covid-19, perekonomian nasyarakat Indonesia babak belur, bahkan tabungan yang ada juga habis untuk memenuhi kebutuhan.

Beberapa cara bisa dilakukan untuk tetap bertahan hidup di tengah pandemi Covid-19, salah satu diantaranya adalah mengutang.

Iklan Humas SulSel

Berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) per 20 April 2020, setidaknya ada 2 juta orang yang telah dirumahkan dan di-PHK. Sementara, bantuan dari pemerintah pun terbatas.

Tak heran jika pinjaman pihak ketika baik itu pinjaman dari bank, kartu kredit, multifinance, mau pun pinjaman online (pinjol) mulai diburu masyarakat.

9 tahun partai nasdem

Namun, jangan gegabah mengambil pinjaman. Perencana Keuangan Tatadana Consulting Tejasari Assad bilang, sebaiknya kenali dulu karakteristik, tanggungan bunga, manfaat, hingga mekanisme pembayaran jika tak mau buntung.

Sebetulnya, Teja tak menyarankan mereka yang terkena PHK atau pun mengalami potongan gaji dan tunjangan untuk langsung mengambil pinjaman ke pihak ketiga. Katanya, mengambil utang dari pihak ketiga merupakan opsi bontot.

Jika memungkinkan, ia menyarankan untuk mencari pilihan utang lunak yang bisa didapatkan dari orang-orang terdekat seperti keluarga, kerabat, mau pun kenalan dekat. Memang, pilihan ini bisa jadi pil pahit yang harus ditelan, rasa malu harus dikesampingkan juga menebalkan kulit muka.

“Sebelumnya coba cari pinjaman dari orang terdekat, bisa dari orang tua, saudara, kerabat, bahkan teman. Selain tidak berbunga jika jangka bayarnya longgar,” katanya, dilansir dari CNNIndonesia.com, Jumat (1/5/2020).

Namun, jika opsi tersebut telah dicoba dan tak berhasil, Teja menyarankan untuk mencari pinjaman yang sesuai dengan keadaan masing-masing. Idealnya, pinjaman dari lembaga resmi seperti bank yang menawarkan pinjaman jangka panjang bisa dijadikan pilihan.

Pinjaman kartu kredit misalnya yang dapat dinegosiasikan pembayarannya sampai periode tertentu. Teja bilang, bunganya pun tak tinggi-tinggi amat, tergantung bank yang dipilih.

Pilihan ini, menurutnya, jauh lebih aman dibandingkan dengan pinjol yang memiliki tenggang bayar pendek dan bunga selangit. Konsekuensi gagal bayar pun mengerikan, bisa jadi data yang Anda berikan digunakan dengan tidak bertanggung jawab.

Apalagi, kata dia, tengah berjamur aplikasi pinjol yang tak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan meresahkan masyarakat. “Lebih baik cari pinjaman ke lembaga seperti bank, kalau pinjol memang mudah dapatnya tapi cara penagihannya keterlaluan,” ucap Teja.

Meski demikian, ia bilang tak semua orang bisa mendapatkan pinjaman dari Bank. Maklum, untuk kartu kredit, harus tercatat pemasukan tetap dengan jumlah lumayan dan jejak rekam arus kas yang baik.

Editor: Asrul

Iklan PDAM
...

Populer

Debat Publik Hanya Dihadiri 1 Calon, Aktivis: KPU Barru Harusnya Malu

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barru baru saja melangsungkan Debat Publik seri kedua di Hotel Sheraton, Jalan Landak Baru, Kota Makassar,...

Artikel Lainnya

Pemkab Barru Siapkan Anggaran Penanganan Kasus Covid 19

SULSELSATU.com, BARRU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru sementara melakukan perhitungan terkait...

Pimpinan Komisi C DPRD Sulsel Apresiasi Kinerja Taufik Fachruddin di Perseroda

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kinerja Plt Direktur Utama (Dirut) Perseroda Sulsel Taufik...

Disdag Makassar Upayakan Pengendalian Harga Gula Pasir

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Harga Gula pasir di Kota Makassar naik sampai...

Cegah Corona, DPM-PTSP Makassar Perketat Pelayanan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pelayanan publik di Dinas Penanaman Modal dan Perijinan...

Pemprov Bangun Sinergi Pelayanan Penelitian Bersama Perguruan Tinggi se-Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pemprov Sulsel melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan...

Terkini

Mantapkan Pilihan Pasca-Debat, Mahasiswa Barru Ramai-ramai Dukung SS-AK

SULSELSATU.com, BARRU - Dua pekan jelang pencoblosan, Pasangan Calon Bupati dan...

Bupati Jeneponto Buka Pintu Untuk Para Investor

SULSELSATU.com, JENEPONTO -  Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar kini membuka pintu untuk...

Askar-Pipink Tegaskan Bakal Perjuangkan Penyuluh Pertanian THL Jadi PPPK

SULSELSATU.com, BULUKUMBA - Pasangan calon bupati dan wakil bupati Bulukumba, Askar...

Gubernur Harap Perseroda Kelola Aset Pemprov

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah berharap, Perseroan...

Tutup Debat Sesi Dua, Appi-Rahman Bakal Jadi Pohon Peneduh, Apa Maknanya?

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota...