Sejahterakan Petani, Pemkot Parepare Luncurkan Kartu Tani

ilustrasi. (int)
images-ads-post

SULSELSATU.com, PAREPARE – Pemerintah Kota Parepare meluncurkan program kartu tani dalam menyalurkan bantuan dan subsidi demi kesejahteraan para petani di Parepare.

Untuk tahap pertama, penyaluran kartu tani secara simbolis bekerjasama BNI Cabang Parepare ini disalurkan sebanyak 263 keping kepada petani yang tersebar di 22 kelurahan.

Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (PKP) Kota Parepare Wildana mengatakan, kartu tani tersebut diharap dapat bermanfaat bagi petani, terlebih di saat memasuki musim tanam saat ini.

“Kami berharap agar para petani memanfaatkan keunggulan kartu tani, baik itu untuk pengadaan pupuk maupun bibit subsidi. Program pemerintah ini diharapkan agar petani makin terbuka dalam pengelolaan keuangan yaitu perbankan khususnya BNI sehingga hasil panen bisa maksimal,” kata Wildana. Rabu, (10/6/2020)

Dia juga meminta kepada para petani yang belum mendapatkan kartu, agar kiranya bersabar, karena adanya proses data, serta situasi pandemi Covid 19 saat ini.

“Sisa kartu tani yang belum datang masih dalam proses verifikasi data dari instansi terkait baik itu kementerian maupun instansi pusat lainnya,” katanya.

Sementara itu, Takdir, Pengelola Kartu Tani BNI Cabang Parepare berharap, para petani yang telah mengantongi kartu tani akan melakukan proses pembelian pupuk maupun transaksi lainnya berhubungan dengan pertanian tanpa antrean di Bank.

“Berdasarkan keputusan pusat, ada agen yang telah ditunjuk untuk melalukan proses transaksi, jadi para petani bisa membawa kartu tani lalu menukarkan pupuk atau bibit sesuai dengan luasan lahannya, lalu kartu tersebut juga berfungsi untuk menabung dan transaksi perbankan lainnya,” kata Takdir.

Ia juga menyinggung, Program Pemerintah lainnya yang berkaitan dengan pertanian yakni Kredit Usaha Rakyat (KUR) tani, jika ke depan akan dilakukan setelah ada petunjuk teknis penyaluran KUR Tani.

“BNI hadir memberikan solusi, program KUR Tani nantinya diprioritaskan kepada pemegang Kartu Tani ini untuk membantu proses tanam hingga penjualan,” katanya.

Di tempat lain, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe berharap, dengan hadirnya kartu tani tersebut dapat memberikan kesejahteraan kepada para petani, meskipun luas lahan pertanian di Kota Parepare tak sebanding dengan wilayah pertanian di daerah lainnya.

“Kita ketahui bahwa luas lahan pertanian di Parepare sempit, sehingga kita hanya bisa memaksimalkan potensi-potensi yang ada dengan memberikan subsidi, baik pupuk maupun bibit agar hasil panen petani kita bisa maksimal melalui kartu tani ini. Bukan hanya petani, para nelayan juga sudah diasuransikan. Ini artinya, Pemkot Parepare tidak pernah diam demi kesejahteraan petani dan nelayan kita,” tutup Taufan.

Penulis: Andi Fardi

Editor: Hendra Wijaya