iklan Kareba Parlementa

Gugus Tugas Sulsel Minta Warga Jaga Physical Distancing

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gugus Tugas Covid-19 Sulsel membagikan kabar terbaru terkait penanggulangan virus Corona kepada media, melalui video conference, Selasa, 23 Juni 2020.

Dalam kesempatan tersebut, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sulsel Syafri mengatakan, gugus tugas sudah secara proaktif melakukan hal-hal terkait dengan penanganan virus Corona.

“Tentunya kita tetap mengedepankan koordinasi lintas sektor, koordinasi tingkat wilayah dan ini sebenarnya yang menjadi kunci penanganan Covid-19. Ini bukan hanya terkait masalah kesehatan saja, tetapi juga masalah sosial, di situ juga ada masalah ekonomi yang dimana ini kita harus lakukan secara terintegrasi,” katanya.

Ia mengungkapkan, Pemprov Sulsel telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Makassar dalam penanganan Covid-19 tersebut. Mengingat, kasus Covid-19 di Sulsel ini 70-80 persennya adalah representasi dari Makassar.

“Kita sudah berkoordinasi, kita mengharapkan adanya massive tracing, intensif testing, serta edukasi, dan beberapa waktu ini akan diterapkan punish and reward,” jelasnya.

Syafri berharap, media dapat memberikan informasi yang positif terkait pemberitaan Covid-19.

“Tentunya teman-teman media ini juga mengharapkan agar Covid-19 ini bisa dieliminir dengan cepat. Karena kita tahu bersama bahwa pandemi ini sangat menguras energi, membuat kita kurang produktif,” ujarnya.

Senada dengan penjelasan Prof Syafri, Kepala Dinas Kominfo Kota Makassar, Ismail Hajiali, menyampaikan, apa yang dilakukan Pemerintah Kota Makassar pada beberapa minggu terakhir adalah suatu upaya untuk memutus mata rantai Covid-19.

“Seperti yang diketahui bahwa minggu kemarin kita telah membentuk Inspektur Covid dan hari itu juga dilakukan sosialisasi di kelurahan dan kecamatan yang melibatkan berbagai pihak. Sampai pada hari Sabtu kemarin kita melakukan penerapan sanksi dari Peraturan Wali Kota kepada orang-orang dan tempat usaha yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan,” bebernya.

Selain itu, Pemerintah Kota Makassar juga telah melakukan penyemprotan disinfektan secara massal di seluruh wilayah Kota Makassar.

“Hari Sabtu dan Minggu kita melakukan penyemprotan disinfektan secara massal. Ada 15 kecamatan yang menjadi prioritas utama, khususnya jalan-jalan utama, pusat perbelanjaan dan tempat ibadah. Ini semua tentu menjadi upaya bagaimana agar masyarakat kita bisa terhindar dari Covid-19 dan yang terpapar bisa tertangani,” tambahnya.

Ia menambahkan, sampai hari Selasa ini, Inspektur Covid di Makassar tetap melakukan edukasi kepada masyarakat.

“Walaupun sebagian masyarakat mungkin menganggap bahwa virus ini sudah berlalu, tetapi kita tidak pernah berhenti untuk melakukan edukasi, sosialisasi dan menyampaikan apa yang menjadi resiko jika tidak mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, dr Ichsan Mustari, menegaskan, peningkatan dan penurunan angka positif Covid-19 bukan sebuah ajang perlombaan. Bukan untuk menentukan provinsi mana yang banyak atau sedikit positif corona.

“Yang pasti memang virus ini menyebar secara cepat, jadi logikanya jika di suatu tempat protokol kesehatan tidak dijalankan, maka tidak mungkin mendapatkan angka (positif corona) yang sedikit,” tegasnya.

Menurutnya lagi, penguatan social distancing dan physical distancing harus dilakukan, bukan hanya di luar rumah, tetapi juga di dalam rumah.

“Seperti penambahan yang terjadi di Bulukumba, berdasarkan hasil tracing contact yang kita dapatkan itu adalah kontak serumah. Kami sampaikan juga bahwa sampai saat ini, rapid test kepada masyarakat masih terus kita lakukan dan tentunya juga penyediaan fasilitas pendukung lainnya,” tutupnya.

Editor: Hendra Wijaya

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Sejarah Singkat 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

SULSELSATU.com - Hari ini, Bangsa Indonesia memperingati 10 November Hari Pahlawan. Namun mungkin banyak yang belum tahu kenapa pada tanggal 10 November di tetapkaN...

Inilah 6 Peran Ayah yang Ideal untuk Keluarga Ayah

 SULSELSATU.com - Ayah adalah bagian yang tak terpisahkan dalam keluarga. Keluarga bukan hanya urusan para Ibu, sementara urusan Ayah adalah mencari nafkah. Pembagian peran...

Dua Wartawan di Jeneponto Diusir Oknum Security Saat Meliput di DPRD

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Rapat Anggaran perubahan R-APBD di ruang komisi III Kantor DPRD Jeneponto, Selasa, (29/9/2020), diwarnai insiden pengusiran terhadap dua jurnalis yang sedang...

Kunci Kemenangan Dua Periode Yeni Rahman, Kini Jadi Pasukan Pemenangan Irman-Zunnun

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Calon Wali Kota Makassar, Irman "None" Yasin Limpo, bersilaturahmi dengan Pemuda Pelopor Rajawali, di Jalan Rajawali Makassar, Rabu, 30 September 2020....

VIDEO: Selama 14 Hari Isolasi, Bupati Jeneponto Dinyatakan Terbebas Dari Covid-19

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Usai menjalani isolasi mandiri selama 14 hari, Bupati...

Artikel Lainnya

Live Streaming Piala AFF: Indonesia Vs Timor Leste

SULSELSATU.com, JAKARTA - Timnas Indonesia akan menantang Timor Leste pada matchday...

None Bertemu Dokter Onasis, Bahas Apa?

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo kian...

Ini Respons Dewan Pers Soal Prabowo yang Enggan Diwawancarai Wartawan

SULSELSATU.com, JAKARTA - Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo, mendorong agar...

Bangkitkan Semangat Patriotisme, Dispora Lutra Gelar Kilas Balik Masamba Affair

SULSELSATU.com, LUTRA - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Luwu Utara...

OTT Pungli di Maros Belum Cukup Bukti, Kejari Bebaskan Hatta

SULSELSATU.com, MAROS - Kejaksaan Negeri (Kejari) Maros membebaskan Camat Simbang Muhammad...

Terkini

Susuri Lorong-Lorong, Fatma Kampanye Protokol Kesehatan

  SULSELSATU.com. MAKASSAR - Calon Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi mengampanyekan...

Jalur Kereta Api Makassar-Parepare Bakal Rampung, Berikut 7 Jalur Stasiunnya

  SULSELSATU.com, PANGKEP - Setelah menyelesaikan pembangunan rel kereta api di Kabupaten...

Dewan Kritik Rangkap Jabatan di Lingkup Pemkot Makassar

  SULSELSATU.com, MAKASSAR - Anggota Komisi A DPRD Kota Makassar, Hamzah Hamid...

VIDEO: Viral, Seorang Anak Nelayan di Maros Rela Naik Perahu Untuk Daftar TNI

SULSELSATU.com - Perjuangan seorang anak nelayan di Maros untuk menjadi TNI...

Gubernur Target Tuntaskan Pembangunan Jalan di Kawasan Destinasi Wisata

  SULSELSATU.com, TORAJA UTARA - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah, menargetkan...