Hari Ketiga Operasi Patuh di Jeneponto, Polisi Temukan SIM Palsu

images-ads-post

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Hari ketiga pelaksanaan Operasi Patuh 2020, Satlantas Polres Jeneponto yang dipimpin Kanit Patroli, Ipda Bahar menemukan Surat Izin Mengemudi (SIM) A dan C palsu.

“Kita menemukan SIM palsu, sempat dia memperlihatkan ke kita setelah kita periksa ternyata foto scan,” ujar Ipda Baharuddin kepada awak media di lokasi operasi, Sabtu (25/7/2020).

Menurut Baharuddin, SIM asli pengendara tersebut ada, tapi yang diperlihatkan SIM palsu dengan alasan SIM tersebut untuk cadangan.

“Saya bilang ini bukan SIM cadangan, jadi tetap kita amankan SIM palsunya dan kemudian karena ia adalah warga Jeneponto sehingga kita hanya beri pembinaan,” katanya.

Mantan Wakapolsek Batang ini mengatakan, operasi patuh hari ketiga ini laksanakan dengan beberapa penindakan.

“Tapi kita prioritaskan penindakan yang berpotensi pada kecelakaan, jadi operasi ini sifatnya preventif (pencegahan), walaupun begitu misalanya ada pelanggaran lain seperti melawan arus, anak di bawah umur, tidak menggunakan helm standar dan kalau ada yang begitu kita lakukan penindakan,” katanya.

Selain pemeriksaan surat surat kendaraan, dalam operasi ini juga, setiap pengendara roda dua maupun roda empat diminta untuk menggunakan masker untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Selain memeriksan surat surat kendaraan, kita juga lakukan pembagian masker. Jadi kita utamakan protokol kesehatannya,” katanya.

Adapun hasil penindakan operasi patuh hari ketiga ini, teguran 18 kendaraan dengan rincian 11 unit kendaraan roda dua, 7 unit kendaraan roda empat. 

Sementara yang ditilang sebanyak 7 kendaraan, 4 kendaraan roda dua dan 3 kendaraan roda 4.

Penulis: Dedi

Editor: Kink Kusuma Rein