iklan Kareba Parlementa

Terkendala Jaringan Internet, Siswa di Cenrana Maros Belajar di Rumah Kades

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAROS – Sejumlah murid dari Sekolah Dasar Desa Cenrana Baru, Kecamatan Cenrana, Maros, terpaksa belajar di rumah kepala desa setempat yang menyediakan internet gratis. Jaringan internet memang jadi salah satu kendala utama pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Di desa yang berjarak sekitar 40 kilometer dari kota Maros ini, memang sejak dulu tidak pernah terjangkau dengan fasilitas telekomunikasi. Jangankan untuk internet, jaringan untuk sekadar telepon atau sms saja, sangat sulit didapatkan. 

Untuk mendapatkan internet, pihak desa pun harus mengeluarkan anggaran jutaan rupiah untuk membeli alat penguat sinyal yang disambungkan ke modem. Hanya saja, koneksi internet yang diterima sangat terbatas dan tidak stabil. Bahkan saat hujan ataupun ada angin kencang, koneksi internet juga hilang. 

“Anak-anak di sini memang tidak bisa belajar online di rumah mereka karena jaringan internet memang tidak ada. Jangankan internet, untuk menelpon atau sms saja itu sangat sulit. Harus ke atas gunung dulu untuk bisa menikmati jaringan,” ujar Kepala desa Cenrana Baru, Andi Zaenal, Senin (10/8/2020). 

Puluhan siswa dari berbagai tingkatan kelas itu datang ke rumah kepala desa dengan membawa gawai mereka. Karena koneksi internet terbatas, merekapun harus antre menyambungkan ke internet. Bagi anak yang tidak memiliki gawai, kades pun terkadang meminjamkan gawai miliknya untuk dipakai belajar.

“Kendala lain itu lagi,  ada beberapa saja yang punya HP, jadi kadang ada satu HP untuk lima orang anak. Kadang juga HP saya kasi pinjamkan. Mereka tidak bersamaan tersambung karena kan terbata, jadi harus antre juga,” bebernya. 

Kondisi yang sudah berlangsung sejak lama inipun sudah berkali-kali disampaikan ke pihak terkait. Hingga kini belum ada penyedia jasa jaringan telekomunikasi yang membangun jaringan mereka ke wilayah yang berpenduduk sekitar dua ribu jiwa. 

“Kami sudah sampaikan ke pihak terkait, tapi memang belum ada responsnya. Yah kita berharap adalah provider yang mau membangun jaringannya ke desa kami ini untuk bantu warga dalam kondisi seperti ini,” ujarnya. 

Tak hanya pihak desa, beberapa warga yang memiliki modem, juga harus mensiasati kondisi ini dengan membuat antena dari tiang bambu setinggi belasan meter yang kemudian digunakan untuk menggantungkan modem. 

“Jadi banyak warga disini, ada yang pasang tiang panjang di depan rumah mereka untuk dibuatkan wadah modem. Yah kalau lagi bagus cuacanya, lumayanlah bisa untuk sebatas WhatsApp dan media sosial lainnya. Kalau untuk browsing itu sangat lambat sekali,” kata salah seorang warga, Ikbal. 

Karena membutuhkan akses internet yang stabil, bagi warga yang berstatys pelajar SMP, SMA dan yang sudah duduk di bangku perkuliahan, harus ke desa tetangga yang jaraknya mencapai 4 kilometer untuk mendapatkan jaringan internet. 

“Ada lokasi kebun di atas gunung yang sudah masuk desa sebelah itu bisa dapat 4G. Yang anak SMP, SMA dan yang kuliah itu juga tiap hari ke sana. Lumayan jauh dari sini, sekitar 4 kilometer,” pungkasnya.

Penulis: Indra Sadli Pratama

Editor: Hendra Wijaya

Iklan PDAM
...

Populer

Pasar Tradisional Karisa Jeneponto Terbakar

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pasar Tradisional Karisa Jeneponto di Jl. Pahlawan, Kelurahan Empoang, terbakar. Dari pantauan sulselsatu.com, kebakaran terjadi sekitar pukul 22.20 Wita, Kamis malam (24/9/2020). Hingga...

Bupati Jeneponto “Menangis”, Isi Pasar Karisa Tinggal Puing-Puing

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Bupati Jeneponto Iksan Iskandar yang sementara menjalani isolasi mandiri akibat positif Covid-19 di Rujab, sedih hingga meneteskan air mata saat mengetahui...

VIDEO: Inalillahi, Pasar Tradisional Karisa Jeneponto Terbakar

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Pasar Tradisional Karisa Jeneponto di Jl. Pahlawan, Kelurahan Empoang, terbakar. Dari pantauan sulselsatu.com, kebakaran terjadi sekitar pukul 10.20 Wita, Kamis malam (24/9/2020). Video...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

Polres Jeneponto Ungkap Motif Tewasnya Pemuda Asal Bantaeng

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pihak kepolisian Polres Jeneponto berhasil mengungkap motif tewasnya Rendy Sacada (23) pemuda asal Jl, Raya Lanto nomor 21, Tappanjeng, Kabupaten Bantaeng...

Jayadi Nas, Iqbal Suhaeb, Aslam Patonangi Ditunjuk Jadi Pjs Bupati

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah, mengaku akan mengukuhkan Penjabat sementara (Pjs) Bupati untuk mengisi kekosongan kepala daerah yang kembali maju...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Komisi V DPR RI Tinjau Proses Pengerjaan Rel Kereta Api Maros-Pangkep

SULSELSATU.com, MAROS - Anggota Komisi V DPR RI Muh Aras, berkunjung...

Artikel Lainnya

Bertemu Ismak, Nelayan Lantebung: Kami Butuh Pendampingan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Muhammad Ismak bertemu dengan kelompok nelayan pesisir Lantebung...

Pemkot Parepare Salurkan Bantuan Beras Peduli kepada Warga Terdampak Covid-19

SULSELSATU.com, PAREPARE - Pemerintah Kota Parepare menyalurkan bantuan beras peduli kepada...

Tim Tindak Lanjut Pemkab Sinjai Peringkat ke-2 Terbaik Penyelesaian LHP BPK

SULSELSATU.com, SINJAI - Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong menghadiri Pembahasan...

Tajir Melintir, Putra Raja Salman Bakal Beli Newcastle United Rp5,8 Triliun

JAKARTA - Putra mahkota Kerajaan Arab Saudi, Mohammed Bin Salman bakal...

Khabib Tolak Tawaran Taipan Arab Soal Rematch McGregor

JAKARTA - Juara dunia kelas ringan UFC, Khabib Nurmagomedov merespons tawaran...

Terkini

Hari Pertama Kampanye, Fatma Kembali Serukan Pilkada Bermartabat

SULSELSATU.COM, MAKASSAR - Kampanye perdana calon wakil wali kota Makassar, Fatmawati...

5.000 Lorong Wisata Jadi Program Pamungkas ADAMA’

SULSELSATU.COM, MAKASSAR - Penataan lorong-lorong tetap menjadi fokus perhatian pasangan nomor...

Ujian SKB CPNS Parepare Selesai, 5 Peserta Gugur

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri...

Hari Pertama Kampanye, Fatma: Satukan Hati untuk Makassar Maju

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kampanye perdana calon wakil wali kota Makassar, Fatmawati...

Lantik 7 Pjs Bupati, Nurdin Abdullah: Jaga Netralitas ASN di Pilkada

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah, mengingatkan tujuh...