iklan Kareba Parlementa

Terkendala Jaringan Internet, Siswa di Cenrana Maros Belajar di Rumah Kades

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAROS – Sejumlah murid dari Sekolah Dasar Desa Cenrana Baru, Kecamatan Cenrana, Maros, terpaksa belajar di rumah kepala desa setempat yang menyediakan internet gratis. Jaringan internet memang jadi salah satu kendala utama pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Di desa yang berjarak sekitar 40 kilometer dari kota Maros ini, memang sejak dulu tidak pernah terjangkau dengan fasilitas telekomunikasi. Jangankan untuk internet, jaringan untuk sekadar telepon atau sms saja, sangat sulit didapatkan. 

Untuk mendapatkan internet, pihak desa pun harus mengeluarkan anggaran jutaan rupiah untuk membeli alat penguat sinyal yang disambungkan ke modem. Hanya saja, koneksi internet yang diterima sangat terbatas dan tidak stabil. Bahkan saat hujan ataupun ada angin kencang, koneksi internet juga hilang. 

“Anak-anak di sini memang tidak bisa belajar online di rumah mereka karena jaringan internet memang tidak ada. Jangankan internet, untuk menelpon atau sms saja itu sangat sulit. Harus ke atas gunung dulu untuk bisa menikmati jaringan,” ujar Kepala desa Cenrana Baru, Andi Zaenal, Senin (10/8/2020). 

Puluhan siswa dari berbagai tingkatan kelas itu datang ke rumah kepala desa dengan membawa gawai mereka. Karena koneksi internet terbatas, merekapun harus antre menyambungkan ke internet. Bagi anak yang tidak memiliki gawai, kades pun terkadang meminjamkan gawai miliknya untuk dipakai belajar.

“Kendala lain itu lagi,  ada beberapa saja yang punya HP, jadi kadang ada satu HP untuk lima orang anak. Kadang juga HP saya kasi pinjamkan. Mereka tidak bersamaan tersambung karena kan terbata, jadi harus antre juga,” bebernya. 

Kondisi yang sudah berlangsung sejak lama inipun sudah berkali-kali disampaikan ke pihak terkait. Hingga kini belum ada penyedia jasa jaringan telekomunikasi yang membangun jaringan mereka ke wilayah yang berpenduduk sekitar dua ribu jiwa. 

“Kami sudah sampaikan ke pihak terkait, tapi memang belum ada responsnya. Yah kita berharap adalah provider yang mau membangun jaringannya ke desa kami ini untuk bantu warga dalam kondisi seperti ini,” ujarnya. 

Tak hanya pihak desa, beberapa warga yang memiliki modem, juga harus mensiasati kondisi ini dengan membuat antena dari tiang bambu setinggi belasan meter yang kemudian digunakan untuk menggantungkan modem. 

“Jadi banyak warga disini, ada yang pasang tiang panjang di depan rumah mereka untuk dibuatkan wadah modem. Yah kalau lagi bagus cuacanya, lumayanlah bisa untuk sebatas WhatsApp dan media sosial lainnya. Kalau untuk browsing itu sangat lambat sekali,” kata salah seorang warga, Ikbal. 

Karena membutuhkan akses internet yang stabil, bagi warga yang berstatys pelajar SMP, SMA dan yang sudah duduk di bangku perkuliahan, harus ke desa tetangga yang jaraknya mencapai 4 kilometer untuk mendapatkan jaringan internet. 

“Ada lokasi kebun di atas gunung yang sudah masuk desa sebelah itu bisa dapat 4G. Yang anak SMP, SMA dan yang kuliah itu juga tiap hari ke sana. Lumayan jauh dari sini, sekitar 4 kilometer,” pungkasnya.

Penulis: Indra Sadli Pratama

Editor: Hendra Wijaya

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Dua Wartawan di Jeneponto Diusir Oknum Security Saat Meliput di DPRD

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Rapat Anggaran perubahan R-APBD di ruang komisi III Kantor DPRD Jeneponto, Selasa, (29/9/2020), diwarnai insiden pengusiran terhadap dua jurnalis yang sedang...

VIDEO: Pemotor Trail Lakukan Pelecehan, Sentuh Area Sensitif Wanita Berkemben di Sungai

SULSELSATU.com - Seorang pengendara motor trail tega melakukan pelecehan terhadap seorang wanita di sebuah sungai. Dalam video terlihat wanita seksi berkemben atau memakai kain jarik. Kejadian...

Wabup Jeneponto Ditunjuk Jadi Ketua Tim Pemulihan Pasar Karisa

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar secara resmi menunjuk Wakil Bupati Jeneponto, Paris Yaris sebagai ketua Tim Penanganan dan Pemulihan Pasar Karisa yang...

Kampanye di Zona III, None Nginap di Rumah Ketua RT

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Calon Wali Kota Makassar, Irman "None" Yasin Limpo, hari ini akan melakukan kampanyenya di Zona III, yang meliputi Kecamatan Panakkukang, Manggala,...

Komisi V DPR RI Tinjau Proses Pengerjaan Rel Kereta Api Maros-Pangkep

SULSELSATU.com, MAROS - Anggota Komisi V DPR RI Muh Aras, berkunjung...

Artikel Lainnya

Dewan Minta Laskar Pajak Bapenda Dikaji Ulang Keberadaannya

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar menyoroti...

KKB Serang Pos Yonif 755/Yalet, Satu Anggota TNI Gugur Tertembak

SULSELSATU.com, JAKARTA - Seorang anggota TNI di Pos Yonif 755/Yalet di...

Habil Marati Penyuplai Dana Rencana Pembunuhan Pejabat Negara

SULSELSATU.com, JAKARTA - Polisi telah mengungkap pemasok dana pada rencana pembunuhan...

Jadi Pembiacara di Forum USAID, Kadis Kominfo Jelaskan Keunggulan Open Data Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makasasar, Ismail...

Liga Italia Musim 2019/2020 Mulai Bergulir, Catat Jadwalnya

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Serie A atau Liga Italia musim 2019/2020 mulai...

Terkini

APT, Politisi Muda NasDem Diberi Amanah Jabat Wakil Ketua Komisi C DPRD Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Legislator Fraksi NasDem Sulsel, Andre Prasetyo Tanta (APT),...

Prof Rudy Apresiasi Hadirnya Perda Pencegahan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Prof Rudy Djamaluddin...

VIDEO: Bikin Haru, Kisah Anak Driver Ojol yang Lulus Perguruan Tinggi dan Dapat Beasiswa

  SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan seorang anak driver ojek online menceritakan...

Akan Diresmikan Presiden Jokowi, Menhub Dijadwalkan Kunjungi Bandara Toraja

SULSELSATU.com, TANA TORAJA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dijadwalkan...

Taat Protokol Kesehatan Covid-19, Satlantas Polres Jeneponto Beri Edukasi Pengendara

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Kepolisian Resort (Polres) Jeneponto terus mengedukasi masyarakat untuk...