Logo Sulselsatu

Demo PTTUN Makassar, Aliansi Mahasiswa Desak Hakim Tolak Gugatan Herwin Yatim

Asrul
Asrul

Kamis, 08 Oktober 2020 13:33

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Masyarakat Peduli Demokrasi melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Makassar, Jalan AP Pettarani, Kamis (8/10/2020).

Mereka mendesak majelis hakim PTTUN untuk menolak gugatan calon Petahana Kabupaten Banggai, Herwin Yatim.

Jenderal lapangan, Faisal mengatakan, aksi yang dilakukan untuk mendukung KPU Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah yang menetapkan bakal pasangan calon petahana dalam Pilkada 2020, Herwin Yatim-Mustar Labolo tidak memenuhi syarat.

Baca Juga : Video Simpatisan Herwin Yatim Klaim Menang Gugatan Beredar, Mahasiswa: Hargai Proses Hukum

“Kami mendukung KPU Banggai yang menganulir Bupati Banggai. Langkah yang diambil KPU ini sudah baik,” kata Faisal.

Dukungan atas keputusan KPU Banggai lantaran Herwin Yatim dinilai melakukan pelanggaran dengan melakukan pelantikan dan mutasi pejabat.

Pasalnya, pelantikan dan mutasi pejabat yang dilakukan tanpa persetujuan tertulis dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Karena itu, Faisal berharap, PTTUN Makassar harus bersikap profesional dalam perkara tersebut sehingga bisa menjadi patron dalam penegakan hukum.

Unjuk rasa yang nyaris ricuh tersebut mereda usai Humas PTTUN Makassar, Ilham Lubis menerima aspirasi demonstran. Ilham mengaku akan menyampaikan aspirasi tersebut kepada pimpinan PTTUN Makassar.

Di kesempatan itu, Ilham menyampaikan sidang perkara tersebut tengah berlangsung di PTTUN Makassar. Sidangnya dalam tahap pembacaan pembuktian.

“Berkaitan dengan perkara yang sedang berjalan di PTTUN Makassar ini sudah masuk pembacaan gugatan dan jawaban dan pembacaaan bukti hari ini,” terang Ilham.

Ilham pun meminta mahasiswa untuk terus mengawal jalannya perkara guna menegakkan UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 1 Tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU Nomor 1 Tahun 2014 tentang pemilihan gubernur, bupati, dan walikota menjadi Undang-Undang.

“Tidak ada satupun yang terkontiminasi. Itu saya yakinkan kepada semua, sudah tekad kami,” tandas Ilham.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, menyatakan bakal pasangan calon petahana dalam Pilkada 2020 yaitu Herwin Yatim-Mustar Labolo tidak memenuhi syarat.

Keputusan itu tertuang dalam surat keputusan KPU Kabupaten Banggai bernomor 50/PL.02.3-Kpt/7201/KPU-Kab/IX/2020 tidak diterima Herwin Yatim.

Pasangan petahana Herwin Yatim-Mustar Labolo tak memenuhi syarat karena terganjal pelanggaran mutasi pejabat yang dilarang regulasi.

Penetapan tak memenuhi syarat (TMS) pasangan Herwin-Mustar, yang masih memimpin sebagai bupati dan wakil bupati, itu tertuang dalam surat keputusan KPU Banggai pada Rabu (23/9/2020).

Surat ditandatangani Ketua KPU Banggai Zaidul Bahri Mokoagow. Surat itu diunggah ke laman kpu-banggaikab.go.id.

Pada saat bersamaan. Dalam surat putusan berbeda, KPU Banggai menetapkan dua pasangan calon yang memenuhi syarat, yakni Amirudin-Furqanuddin Masulili dan Sulianti Murad-Zainal Abidin Ali Hamu.

Herwin-Mustar diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) berkoalisi dengan, antara lain, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Solidaritas Indonesia, dan Partai Gelora. (*)

Editor: ANDI

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video19 April 2024 23:42
VIDEO: Bocah Nangis saat Pemain Timnas U-23 Hadapi Pinalti Australia
SULSELSATU.com – Seorang bocah nangis tersedu saat Kiper Timnas U-23 Ernando Ari Sutaryadi menghadapi tendangan pinalti. Saat pertandingan mengh...
Pendidikan19 April 2024 21:59
Program Beasiswa KALLA Dibuka Hingga 30 April 2024 Bagi Mahasiswa di Empat Provinsi Ini
LAZ Hadji Kalla kembali menghadirkan program pemberian bantuan beasiswa pendidikan dan kepemimpinan kepada mahasiswa. ...
Video19 April 2024 21:51
VIDEO: 10 Korban Tanah Longsor di Tana Toraja Dimakamkan dalam Satu Lubang
SULSELSATU.com – 10 korban tanah longsor di Makale, Tana Toraja dimakamkan, Jumat (19/4/2024). Jenazah korban dimakamkan dalam satu lubang di Ko...
Politik19 April 2024 21:03
Yusran Lalogau Calon Tunggal NasDem di Pilkada Pangkep
ULSELSATU.com, MAKASSAR – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulsel mengusung Muhammad Yusran Lalogau (MYL) sebagai calon tunggal mengha...