Logo Sulselsatu

Indonesia Masih Bergelut, Wuhan Sudah Hidup Normal

ridwan ridwan
ridwan ridwan

Selasa, 26 Januari 2021 16:03

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com – Sejak kasus pertama Covid-19 ditemukan di Wuhan, China setahun yang lalu, kini kehidupan di kota berpenduduk 11 juta itu telah normal kembali.

Sempat lockdown, penduduk Wuhan sudah dapat menikmati kembali aktivitas. Seperti dikutip CNBC Indonesia, penduduk sudah ada yang sedang joging di jalanan, ada yang sedang berlatih Tai Chi di taman yang diselimuti kabut di samping Sungai Yangtze.

Keadaan ini berbanding terbalik dengan kondisi di seluruh dunia, termasuk Indonesia yang kesulitan menghadapi penyebaran virus Covid-19.

Baca Juga : VIDEO: Tak Mampu Tangani Virus Corona, Wakil PM Tiongkok Didemo Warga Wuhan

Wuhan dipuji karena pengorbanannya dalam melayani bangsa, mengubahnya menjadi semacam Stalingrad dalam perang Tiongkok melawan virus, diperingati dalam buku, dokumenter, acara TV, dan ucapan selamat dari para pejabat termasuk dari kepala negara dan pemimpin Partai Komunis China, Xi Jinping.

“Kami pikir Wuhan adalah kota heroik. Bagaimanapun itu, Wuhan telah menghentikan ekonominya untuk membantu China menangani pandemi. Ini tindakan yang mulia,” kata Chen Jiali, seorang warga Wuhan, seperti dikutip dari CNBC.com, belum lama ini.

“Saat itu, masyarakat sangat gelisah, tapi pemerintah sangat mendukung kami. Itu adalah jaminan yang sangat kuat, jadi kami melewati ini bersama-sama. Sejak orang Wuhan mengalami pandemi, mereka melakukan tindakan pencegahan pribadi lebih baik daripada orang di daerah lain,” ungkap Yao.

Sejak berakhirnya lockdown, Wuhan sebagian besar telah terhindar dari wabah lebih lanjut. Menurut penduduk, Wuhan berhasil karena kesadaran yang meningkat akibat pengalaman traumatis tahun lalu. (*)

Editor: ANDI

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Bisnis28 Maret 2024 17:39
Pengiriman Barang Lebih Cepat dan Mudah Melalui Layanan Same Day Delivery Cahaya Bone
Cahaya Bone sebagai salah satu lini bisnis Kalla Transport & Logistcs (Translog) senantiasa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat....
Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....
Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...
Aneka28 Maret 2024 13:55
Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Gerakan Sedekah Pohon
SULSELSATU.com, BONE – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kembali mencetak sejarah dengan melakukan gerakan sedekah pohon untuk masya...