Logo Sulselsatu

Birokrasi Kacau, Pengamat: Jangan Tunda-tunda Pelantikan

ridwan ridwan
ridwan ridwan

Kamis, 11 Februari 2021 14:52

Birokrasi Kacau, Pengamat: Jangan Tunda-tunda Pelantikan

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pelantikan kepala daerah terpilih hasil Pilkada serentak 2020 lalu, hingga kini masih belum jelas kapan dilakukan. Termasuk hasil Pilwali Makassar.

Menanggapi hal itu, pengamat pemerintahan, Bastian Lubis mengatakan, memang seharusnya setelah pengumuman pemenang Pilwali oleh KPU sebaiknya disegerakan dilantik.

“Karena sudah lebih dua tahun kalender dan tiga tahun anggaran, Pemkot Makassar dipimpin oleh ASN atau Pj wali kota yang lebih dominan berkiblat menjalankan misi Gubernur dalam segala kebijakannya,” katanya.

Baca Juga : Tantangan dan Harapan Menanti 11 Kepala Daerah yang Baru

Rektor Universitas Patria Artha Makassar ini menilai, bahwa Pemkot tidak ada arah yang jelas visi misinya karena tidak mempunyai RPJMD. Karena Pj Wali kota bukan pejabat publik sehingga tatanan birokrasi jadi kacau atau hancur lebur, berdampak pada manajemen keuangan terganggu.

Sponsored by MGID

Selain itu, terjadi iklim yang tidak sehat karena pejabatnya terlibat politik praktis di Pilwali yang juga diakomodir oleh para Pj wali kota atas arahan dari Provinsi.

“Pendapatan asli daerah terjun bebas, tapi yang bikin aneh lagi tetap dapat opini WTP, lengkaplah sudah kerusakkan mental birokrasi. Pelayan masyarakat beralih menjadi pelayan Pj yang diragukan kompetensi kepemimpinannya,” tuturnya.

Baca Juga : VIDEO: Wartawan Diusir Saat Gladi Pelantikan Kepala Daerah di Sulsel

“Jadi memang perlu pelantikan dilakukan pada tanggal 17 Februari 2021, sudah tidak bisa ditunda-tunda lagi, karena makin lama Pj Rudy Djamaluddin bercokol semakin merusak tatanan pemerintahan,” pungkasnya. (*)

Editor: ANDI

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Metropolitan23 September 2021 22:15
Perumda Air Minum Makassar Laksanakan Instruksi BPK
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Berdasarkan Instruksi BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) terkait air baku yang akan diolah sebagai air bersih harus teruk...
Video23 September 2021 22:05
VIDEO: Satpol PP di Bekasi Minta Konsumen Masuk Minimarket Pakai PeduliLindungi, Ahli: Berlebihan
SULSELSATU.com – Sosialisasi petugas Satpol PP untuk pemasangan barcode PeduliLindungi di minimarket di Bekasi dianggap berlebihan. Dalam video ...
Ekonomi23 September 2021 21:17
Yuk Merapat! PLN Cari Mitra Usaha untuk Bangun Lebih dari 100 SPKLU
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT PLN (Persero) membuka peluang kerja sama bagi para pelaku usaha untuk ikut membangun 101 stasiun pengisian kendara...
Sponsored by MGID
Adventorial23 September 2021 21:00
Pemkot-DPRD Masih Kaji Aturan PTM di Parepare
SULSELSATU.com, Parepare — Meski Pemerintah Kota Parepare belum memperbolehkan kegiatan sekolah luar jaringan (luring) atau Pembelajaran Tatap M...