Logo Sulselsatu

Covid-19 Masih Tinggi, IDI Makassar Tolak Kebijakan Sekolah Tatap Muka di Sulsel

ridwan ridwan
ridwan ridwan

Selasa, 23 Februari 2021 14:10

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Makassar menolak kebijakan Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel yang tengah pertimbangkan untuk membuka sekolah tatap muka secara bertahap. Rencana ini akan dimulai ditingkat kelas XII jenjang SMA/SMK.

Ketua IDI Kota Makassar, dr Siswanto Wahab menyampaikan, pihaknya menolak dengan kebijakan sekolah tatap muka apapun alasannya. Sebab, data yang ada positif rate di Indonesia masih tinggi, berkisat 38,16.

“Artinya, 10 orang dilakukan testing swab/PCR akan ada 4 orang positif. Sulsel, masih masuk 5-7 tertinggi di Indonesia dan makassar sebagai epicentrum,” tegas Siswanto, Selasa (23/2).

Baca Juga : Organisasi Profesi Medis di Makassar Tolak RUU Omnibus Law Kesehatan

Sehingga, kata Siswanto, acuan itu menjadi dasar penolakan IDI Makassar terkait sekolah tatap muka. “Mau bertahap atau sekaligus, kita tetap tolak,” ujar dokter ahli kulit ini.

Sementara, Humas IDI Kota Makassar dr Wachyudi Muchsin SH MKes, mengingatkan ada tiga poin penting untuk perhatikan masa depan anak. Yakni, hak anak hidup, hak anak sehat dan hak anak mendapatkan pendidikan.

“Guru saja belum di vaksin apalagi siswa. Siapa yang mau bertanggung jawab jika anak-anak kena Covid-19, anak-anak bisa terpapar di sekolah,” beber dr Yudi.

Baca Juga : Tanggap Bencana Pasca Pandemi, Danny Pomanto dan IDI Makassar Kolaborasi Pengendalian Outbreak Mongkypox

Belum lagi, sambung dokter Koboi–sapaan akrabnya, peserta didik bisa terkena baik saat ke sekolah atau balik dari sekolah. Dampaknya, terjadi kluster sekolah bahkan kluster keluarga semakin tinggi.

IDI Kota Makassar mendukung kebijakan yang dikeluarkan akhir tahun 2020 IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) tentang perlu adanya sejumlah hal yang diperhatikan dan dilakukan yang mencakup dukungan untuk kesehatan dan kesejahteraan anak.

Yakni penundaan pembukaan sekolah untuk kegiatan pembelajaran tatap muka sampai guru dan peserta didik semua sudah di vaksin Covid-19. Kemudian, mereka yang memiliki andil untuk menurunkan transmisi di sekolah.

Baca Juga : Bersama IDI Makassar, Danny Bahas Program Makassar Recover dan Isolasi Apung

“Idealnya untuk Sulsel, 1200-1300 setiap hari pemeriksaan swab/PCR diluar pemeriksaan penderita positif Covid-19,” ujarnya.

Setelah itu, kata dokter Yudi, imbauan terkait pendidikan disiplin hidup bersih sehat, penerapan protokol kesehatan dari rumah hingga ke sekolah. Termasuk, mempersiapkan kebutuhan penunjang kesehatan anak seperti masker, bekal makanan dan air minum, pembersih tangan, hingga rencana transportasi harus steril.

“Intinya IDI Makassar tolak kebijakan buka sekolah saat covid-19 masih tinggi di Sulsel,” tegasnya. (*)

Baca Juga : Tim Medis Dituding Untung dalam Penanganan Covid-19, IDI Makassar: Ini Fitnah

Editor: ANDI

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....