Logo Sulselsatu

Kerap Gagal Raih Predikat WTP, Bupati Jeneponto Sidak Kantor OPD

ridwan ridwan
ridwan ridwan

Selasa, 23 Februari 2021 17:44

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Impian Pemerintah Kabupaten Jeneponto untuk meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI dari tahun ke tahun hingga kini belum tercapai.

Padahal, Iksan Iskandar telah menduduki kursi Bupati Jeneponto hampir 8 tahun lamanya.

Demi mewujudkan impian tersebut, Iksan Iskandar kali ini melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) dibeberapa OPD, seperti Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaaan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlidungan Anak, RSUD Lanto Dg Pasewang dan Kantor Disdukcapil, Selasa (23/2/2021).

Dalam sidak tersebut, Iksan Iskandar di didampingi Kepala BKPSDm, Basir Bohari, Kepala Inspektorat, Maskur, Kasatpol PP & Damkar, Muh Nasuhan T, Kabag Protpim, Mustaufiq dan Kabid Humas Kominfo, Mansyur.

Bupati Jeneponto Iksan Iskandar melakukan sidak untuk memastikan langsung proses dan manajemen yang berjalan di OPD, termasuk fungsi administrasi, dan laporan keuangannya masing-masing.

“Harapannya ke OPD yang di sidak hari ini untuk senantiasa berinovasi dan berakselerasi mengikuti laju OPD yang lain yang secara administrasi sudah dianggap baik,” katanya.

Kantor OPD yang pertama di sidak adalah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam sidaknya itu, Iksan Iskandar menegaskan kepada Jajaran disdikbud untuk meningkatkan kinerjanya karena OPD yang besar banyak disorot oleh pulublik karena dianggap menjadi lokomotif dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Jeneponto.

Setelah itu Bupati melanjutkan sidak ke Di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, di tempat ini bupati berkeliling ruangan memastikan semua pejabat dan ASN hadir ditempat.

Setelah Iksan langsung memimpin rapat dengan Kepala Dianas dan para pejabat di lingkup DP3A. Dalam sambutanya, Bupati menyampaikan kepada staf DP3A untuk menjalankan fungsi manajemen organisasi yang baik.

“Jangan ada manajemen tusuk sate. Sekretaris harus memberikan peran strategis dalam membantu kadis menjalakan manajemen yang baik,” pungkasnya.

Dari kantor DP3A, Bupati dua periode ini melanjutkan sidak ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, di sana, Iksan ingin memastikan pelayanan berjalan dengan baik.

“Tidak ada pungutan dalam setiap pengurusan KTP, KK, Akte lahir dan Akte Kematian. Semua gratis untuk masyarakat,” tegas Iskan kepada jajaran Disdukcapil.

Sementara RSUD Lanto Dg Pasewang menjadi Kantor terkhir dalam sidak yang dilakukan Bupati hari ini. Di tempat tersebut Iksan memberikan kesempatan kepada Direktur, KTU, Kabid sampai PPTK kegiatan untuk menyampaikan kendala-kendala yang dihadapi sampai manajemen tidak berjalan sesuai harapan.

Selanjutnya, Iksan Iskandar Bupati tegas memberikan warning kepada pejabat di RSUD LDP untuk membenahi manajemennya.

“Suguhkan kami berita dan prestasi yang baik. Ketika tidak mampu berkinerja baik dan tidak mampu mengemban amanah kami persilahkan juga untuk mundur dari jabatan,”kata Iksan.

Penegasan ini dilakukan Iksan Iskandar lantaran beberapa tahun terakhir Pemkab Jeneponto selalu gagal meraih predikat WTP.

“Kita dari beberapa tahun menargetkan Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP ) belum juga kita raih, hal ini disebakan oleh kinerja beberapa OPD yang masih di bawa dari target yang kita tetapkan. Untuk itu kami harus turun langsng memastikan semua OPD berjalan selaras untuk mencapai visi, misi dan rencana srtategis yang telah kita tetapkan untuk Jeneponto smart,” tegas Iksan. (*)

Penulis: DEDI
Editor: ANDI

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...