iklan Kareba Parlementa

Pemprov Sulsel Ingin Kembalikan Kejayaan Sutera Wajo dan Soppeng

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, Makassar – Kepala Dinas Perindustrian Sulsel, Ahmadi Akil melaporkan ke Gubernur Sulsel terkait penyelesaian pembangunan dua rumah produksi pemintalan sutra di Soppeng dan Wajo. Serta rencana lelang mesin pemintal. Hal ini terkait misi mengembalikan kejayaan sutra.

Ahmadi menjelaskan penyelesaian pembangunan bukan pada pembangunan gedung baru, namun rehabilitasi berat. Adapun anggarannya, untuk Wajo Rp1,5 miliar dengan 2 unit gedung sedangkan Soppeng Rp700 juta.

Iklan Humas SulSel

“Ini upaya Pemerintah Provinsi Sulsel untuk mengembalikan kejayaan sutera untuk beberapa kabupaten. Khususnya Soppeng dan Wajo,” kata Ahmadi di Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (24/2/2021).

Laporkan pertama bahwa untuk 2020 sudah selesai pembangunan fisik rumah produksi pemintalan di dua kabupaten. Anggaranya berasal dari APBD Provinsi Sulsel.

Dan tahun ini, yaitu Tahun Anggaran 2021 juga mendapatkan alokasi dana DAK untuk pembangunan rumah produksi tenun gedogan.

Adapun karena Covid-19 di 2020, pengadaan untuk mesin peralatan pemintal diadakan di Anggaran Tahun 2021.

“Dan insyaallah dalam dua minggu ini akan kami ajukan ke ULP (Unit Layanan Pengadaan LKPP) untuk dilakukan lelang terkait pengadaan mesin itu,” sebutnya.

Terdapat dua mesin yang akan beli untuk pemintalan. Masing-masing untuk Soppeng dan Wajo. Dengan kapasitas yang berbeda. Untuk Wajo full otomatis dan di Soppeng semi otomatis.

Kemudian pengadaan mesin celup. Hadirnya mesin ini akan meningkatkan nilai tambah kain sutra. Dengan tidak lagi hanya menjual kain putih tetapi dengan kain berwarna.

“Selama ini menjual kain putih, harapan kita ke depan tidak lagi menjual kain putih. Tetapi kain yang sudah punya warna. Sehingga nilai tambahnya akan ada. Insyaallah tahun ini akan terealisasi,” harapnya.

“Pak Gubernur berharap ini segera dilaksanakan karena ini kepentingan masyarakat di Sulsel. Khususnya untuk sementara dua daerah ini, yakni Soppeng dan Wajo,” tambahnya.

Diketahui Pemprov menyiapkan anggaran Rp18 miliar untuk mengembangkan sentra sutra. Anggaran ini untuk proses pembuatan sutera. Mulai dari budi daya ulat sutra, pembuatan kokon, pemintalan, desain, quality kontrol, pengembangan tenaga ahli hingga proses pemasaran.

Khusus produksi sutra anggaran dari Dinas Perindustrian dialokasikan Rp11,6 miliar. Sedangkan sisanya dialokasikan Dinas Kehutanan Sulsel. Anggaran dari Dinas Perindustrian ini digunakan membangun rumah produksi yang dilengkapi dengan mesin pemintal, pengembangan SDM, hingga pembangunan rumah kokon.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Midkhal

...

Populer

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Pengacara Muda Asal Makassar Pinang Fashion Blogger Indah Nada Puspita

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Hijabers cantik, Indah Nada Puspita yang populer dikenal sebagai fashion blogger hijab di Indonesia resmi dilamar oleh seorang pengacara muda asal...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

Rektor UPA Sebut Pemprov Sulsel Jual Besi Tua Stadion Mattoanging: Duitnya Diambil Nurdin Abdullah

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pengamat Pemerintahan Universitas Patria Artha Makassar (UPA) Bastian Lubis menilai sejak awal pemerintah provinsi (Pemprov) Sulsel tak memiliki niat untuk melakukan...

3 Cara Ampuh Keluarkan Lendir Saat Bayi Batuk Pilek

SULSELSATU.com - Kondisi Si Kecil yang baru lahir memang membuatnya rentan terhadap berbagai penyakit. Terlebih jika cuaca di luar sedang tak menentu. Akibatnya, bukan hanya...

Artikel Lainnya

PDAM Makassar Kirim Dua Armada Tangki Air Bantu Korban Banjir di Biringkanaya

SULSELSATU.com, Makassar - PDAM Kota Makassar mengirimkan dua armada tangki air...

Ini Kegiatan Fadli Ananda di Minggu Tenang Kampanye Pilwali Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Memasuki minggu tenang kampanye Pilwalkot Makassar 2020, dokter...

NA Apresiasi Perlakuan Pemkot Parepare Terhadap Pasien Corona

SULSELSATU.com, PAREPARE - Gubernur Sulawesi, Prof Nurdin Abdullah Selatan mengapresiasi perlakuan...

Cegah Corona, Polres Maros Semprotkan Disinfektan di Setiap Sudut Ruang Pelayanan

SULSELSATU.com, MAROS - Berbagai upaya diakukan Polres Maros dalam mengantisipasi penyebaran...

KPK Ungkap Cerita Tangkap Nurdin Abdullah di Rujab Gubernur Sulsel

SULSELSATU.com - Gubernur Sulsel nonaktif Nurdin Abdullah mengaku sedang tertidur saat...

Terkini

Bahas Sulsel, Sudirman Sulaiman dan Taufan Pawe Bertemu

SULSELSATU.com, Makassar - Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dan Walikota...

Mentan SYL Janjikan Program Inseminasi Buatan Kuda untuk Jeneponto

SULSELSATU.com, Jeneponto - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meninjau proses...

ASN BKD Parepare Terima Vaksin Covid-19 Tahap Dua

SULSELSATU.com, Parepare - Puluhan staf dan pegawai Kantor Badan Keuangan Daerah...

Jaga Kenyamanan Warga Saat Ramadan, PJU Parepare Maksimalkan Pemeliharaan Lampu Jalan

SULSELSATU.com, Parepare - Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Pekerjaan Umum dan...

VIDEO: Ini Penjelasan Imam Salat Tarawih Super Kilat

SULSELSATU.com - Sebuah pondok pesantren di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat melaksanakan...