Logo Sulselsatu

Plt Gubernur Tegaskan Akan Lanjutkan Pembangunan Stadion Mattoanging

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Kamis, 22 April 2021 21:45

Plt Gubernur Tegaskan Akan Lanjutkan Pembangunan Stadion Mattoanging

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, menegaskan, Pemerintah Provinsi Sulsel akan tetap melanjutkan pembangunan Stadion Mattoangin Andi Mattalatta, Makassar.

Hal ini ditegaskan Sudirman Sulaiman usai melakukan pertemuan dengan OPD terkait membahas perihal Stadion Mattoangin di Rujab Wagub Sulsel jalan Yusuf daeng ngawing makassar Kamis, (22/04/2021).

“Kalau lanjut, kita lanjutkan saja (secara bertahap). Masa diterlantarkan begitu. Untuk kondisi pembangunan, tentu ada tahapan sesuai kondisi kemampuan keuangan (daerah). Kalau tahun ini dikerjakan atau tidak, kita lihat kondisi keuangan dan design yang diinginkan,” tegasnya.

Baca Juga : Dispora Sulsel Teken Kontrak dengan PT Artefak Arkindo Terkait Pengawasan Pembangunan Stadion Mattoanging

Sudirman mengaku pertimbangan untuk melanjutkan pembangunan stadion tersebut berdasarkan laporan OPD terkait tentang desain serta teknis pembangunan markas PSM Makassar itu.

Sponsored by MGID

“Mereka (OPD) melaporkan tentang desain serta pertimbangan-pertimbangan teknis. Kita masih tunggu, karena masih memberikan pandangan sementara, makanya kita finalkan dululah apa yang terbaik,” katanya.

Perihal perencanaan lebih lanjut, kata dia, perlu dibahas pada tingkat Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Sudirman mengaku tidak akan mengintervensi pembangunan stadion tersebut melainkan akan melakukan sistem Bottom-up yang merupakan Pendekatan dari bawah ke atas, menggunakan pengambilan kebijakan berdasarkan masukan dari rakyat dan kemudian disusun serta direalisasikan oleh pemerintah.

Baca Juga : Peduli Olahraga, Forkopimda Hingga Akademisi Sulsel Diganjar Penghargaan Haornas

“TAPD yang mengetahui tentang pertimbangan pembiayaan konstruksi, sektor prioritas, pelayanan dasar yang mutlak harus dilakukan. Saya tidak boleh intervensi. Makanya saya selalu bilang, kita ambil (sistem pertimbangan) bottom-up,” ungkapnya.

Meski begitu, Sudirman menegaskan pembangunan dilakukan dengan berbagai pertimbangan, sehingga bisa berfungsi maksimal. Tidak seperti beberapa pembangunan stadion tidak ada yang terselesaikan.

“Saya tidak ingin mengambil risiko. Kalau saya bangun, saya tidak mau, saya bangun (nantinya beresiko) mandek, atau ditinggalkan dan tidak jadi lagi (tidak tuntas). Saya ingin ketika membangun, setiap tahapan membangun itu bisa berfungsi. Saya harus hati-hati, jangan sampai kita beri anggaran ke sana, tapi tidak cukup, hilang barang dan tidak dipakai, hitung-hitungan harus betul- betul matang, baru kita jalankan,” terangnya.

Baca Juga : Serahkan Bantuan 10.500 Paket Sembako CSR Pelaku Usaha, BUMD,dan BUMN, Plt Gubernur Sulsel Harap Bantuan Tepat Sasaran

Apa lagi, saat ini Pemprov tengah melakukan upaya penyelesaian utang proyek tahun 2020. Apalagi, adanya refocussing anggaran.

“Kita (fokus) penyelesaian utang, (sekitar Rp 300 Miliar) tersisa 12 persen. Dan masih ada utang yang harus diakui dulu (pemeriksaan BPKP dan Inspektorat), baru diselesaikan. Untuk utang pembangunan stadion kita belum lakukan saat ini, karena baru saja kita ambil untuk infrastruktur,” jelasnya.

Editor : Jahir Majid

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi23 September 2021 21:17
Yuk Merapat! PLN Cari Mitra Usaha untuk Bangun Lebih dari 100 SPKLU
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT PLN (Persero) membuka peluang kerja sama bagi para pelaku usaha untuk ikut membangun 101 stasiun pengisian kendara...
Adventorial23 September 2021 21:00
Pemkot-DPRD Masih Kaji Aturan PTM di Parepare
SULSELSATU.com, Parepare — Meski Pemerintah Kota Parepare belum memperbolehkan kegiatan sekolah luar jaringan (luring) atau Pembelajaran Tatap M...
Video23 September 2021 20:22
VIDEO: Pelawak Tukul Arwana Alami Pendarahan Otak
SULSELSATU.com – Pelawak Tukul Arwana dikabarkan sakit akibat pendarahan otak. Putra Sulung Tukul Arwana menyebut ayahnya dilarikan ke Rumah Sak...
Sponsored by MGID
Berita Utama23 September 2021 19:46
Rayakan HUT Polantas ke-66, Kapolres Jeneponto : Jangan Lukai Hati Rakyat
SULSELSATU.com,Jeneponto – Jajaran Polres Jeneponto merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Polisi Lalu Lintas (Polantas) ke-66 di Aula Pesat Gatra Kan...