Logo Sulselsatu

Cara Pemkot Parepare Perhatikan ASN yang Sakit, Dibantu Kenaikan Pangkat Hingga Dibolehkan Pensiun Dini

Midkhal
Midkhal

Jumat, 21 Mei 2021 23:05

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, Parepare – Pemerintah Kota Parepare melalui Badan Kepegawaian, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) terus menunjukkan kepedulian dengan peningkatan pelayanan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN).

Melalui pengimplementasian Sistem Layanan Kepegawaian Terpadu (Si Nawaitu), inovasi yang dikembangkan sejak 2019 lalu, BKPSDMD Parepare menyasar sejumlah rumah ASN yang kini terbaring sakit.

Dalam kunjungan yang diwakili Sekretaris BKPSDMD Adriani Idrus, dan Kepala Bidang Perencanaan Pemberhentian dan Informasi Aparatur Guntur SH MH, serta Kasubid Profesi ASN A Armiani, mereka menyapa, menghibur hingga membantu penyusunan berkas kenaikan pangkat, dan pensiun beberapa ASN yang sudah tidak mampu mengurus berkas atau dokumen kepegawaian yang dimilikinya.

Baca Juga : Untung Menggiurkan, Kejari-Pemkot Parepare Komitmen Berantas Mafia Pupuk

“Kami sangat terharu melihat semangat mereka. Walaupun sakit, tapi rajin masuk kantor. Seperti Pak Ismail misalnya, ia kena stroke, kakinya mengecil dan berjalan menggunakan tongkat tapi rajin masuk kantor. Kami sarankan untuk pensiun dini karena melihat kondisi kesehatan dan umurnya. Dan dia langsung menangis. Kita juga uruskan kenaikan pangkatnya sekali sebelum pensiun dini,” cerita Adriani, Jumat (21/5/2021).

Kendati demikian, beberapa ASN yang diusulkan pensiun dini harus tetap melalui pengujian kesehatan oleh tim penguji kesehatan pemerintah daerah.

“Ada juga Bu Atisa, beliau kena gangguan jiwa tapi rajin ke kantor diantar jemput oleh keluarganya. Kalau tidak ada yang jemput, tidak tahu ke mana. Dia sudah tidak mengerti mengenai berkas-berkas kepegawaiannya, jadi kami bantu susun dan rapikan berkas pensiunnya karena sudah memasuki masa pensiun pada September ini,” imbuh Adriani.

Baca Juga : Jembatan Kembar Parepare Akan Diresmikan Pada HUT Kota ke-63

Para ASN yang diduga mengalami gangguan jiwa tersebut kata dia, melakukan pengobatan secara intensif dengan meminum obat secara teratur pada malam hari.

“Adapun PNS yang kami kunjungi adalah PNS pada SKPD Kelurahan Lompoe, Kelurahan Lakessi, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, dan Dinas Pendidikan,” ungkap Adriani Idrus.

Selain program mengunjungi ASN sakit, BKPSDM Parepare juga menggenjot pelayanan pengantaran berkas kenaikan pangkat ASN secara mobile dari kantor ke kantor.

Baca Juga : Kawasan Kuliner Religi Parepare, Ruang Publik Ramah Anak

“Program pelayanan prima ini merupakan instruksi Bapak Wali Kota sebagai pembina kepegawaian yang mengharapkan pelayanan bagi ASN terus ditingkatkan sehingga antara hak dan kewajiban ASN dapat berbanding lurus,” tandas Adriani Idrus.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Fardi
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...