Logo Sulselsatu

Warga Pulau ke Gubernur Sulsel Nonaktif: Terima Kasih Pak Sudah Peduli ke Kami

Asrul
Asrul

Sabtu, 29 Mei 2021 14:39

NA serahkan bantuan kepada warga Pulau Lanjukang dan Langkai. (ist)
NA serahkan bantuan kepada warga Pulau Lanjukang dan Langkai. (ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Instalasi unit Pengelolaan Air Siap Minum (Arsinum) yang dirintis oleh Gubernur Sulsel nonaktif, HM Nurdin Abdullah sudah berlangsung dan dimanfaatkan masyarakat. Ada beberapa pulau di Kota Makassar yang telah mendapat fasilitas kebutuhan dasar tersebut, yakni Pulau Samalona, Pulau Barang Caddi, serta dua pulau terluar Pulau Lanjukang dan Pulau Langkai.

Senyum Sanimah, salah seorang warga Pulau Lanjukang merekah lebar. Selama puluhan tahun bermukim, kini ia bisa menikmati pasokan air minum bersih siap minum dengan harga yang sangat terjangkau dan jadi pelepas dahaga sehari-hari.

Dibalik atas apa yang menimpa Gubernur Sulsel Nonaktif tersebut, penghuni pulau menganggap Nurdin Abdullah adalah sosok pemimpin berjasa juga peduli karena telah memperhatikan kebutuhan dasar warga pulau. Dahulu, kata Sanimah, demi air minum yang bersih, warga pulau terpaksa menyeberang ke Kota Makassar membeli air dengan ongkos yang tidak sedikit.

Baca Juga : Iksan Iskandar Bersama Warga Jeneponto Terharu Saat Bertemu Nurdin Abdullah

Jika keadaan cuaca tidak memungkinkan, warga menunggu air bersih datang hingga berhari-hari, sembari menanti warga hanya bisa minta sumbangan air dari tetangga yang masih memiliki stok. Terkadang, juga hanya memanfaatkan air hujan.

“Terima kasih pak Nurdin Abdullah, besar sekali pengorbanan bapak untuk Pulau Lanjukang. Seandainya bukan dia, tidak ada fasilitas Arsinum seperti ini yang bisa digunakan untuk minum dan masak nasi. Kita terus mendoakan pak Nurdin,” ujarnya ditemui beberapa waktu lalu.

Selama aktif sebagai Gubernur Sulsel, sosok Nurdin Abdullah memang dikenal berkomitmen akan mensejahterahkan warga kepulauan. Tak hanya memenuhi kebutuhan air minum dan air bersih, tetapi juga infrastruktur jalan, listrik, dan pendidikan.

Baca Juga : Taufan Pawe Temui Nurdin Abdullah, Begini Reaksi Relawan

Ketua RT Pulau Lanjukang, Jalaluddin mengaku, ada tiga proyek yang telah diselesaikan NA untuk pulau yang dihuni oleh kurang lebih 70 jiwa itu. Diantaranya, Arsinum, perbaikan jalan dengan paving block mengitari seluruh pulau hingga lampu penerangan.

“Masyarakat sangat senang karena selama ini kendala adalah kebutuhan air. Jika tidak ada air, warga tidak akan mandi dan minum. Badan hanya dibilas-bilas. Alhamdulillah, sekarang semua terpenuhi,” bebernya.

Tak hanya itu, pembangunan jalan paving block juga dilakukan. Dahulu hanya 100-200 meter, sekarang sudah dibangun hingga 800 meter mengelilingi Pulau Lanjukang.

Baca Juga : Dapat Remisi Kemerdekaan, Nurdin Abdullah Bebas Dari Lapas Sukamiskin

Penerangan seperti lampu jalan juga diberikan. Bahkan di sektor pendidikan, Nurdin Abdullah rutin mengirim mahasiswa ke Pulau Lanjukang untuk mengedukasi anak-anak pulau yang jaraknya sangat jauh dari sekolah.

“Ini tidak terlepas dari perhatian pak Nurdin Abdullah kepada masyarakat pulau. Kami doakan agar segala program bisa dilanjutkan. Masyarakat sangat berharap adanya peningkatan pendidikan dan kesehatan,” harap pria kelahiran tahun 1960 ini.

Selain di Pulau Lanjukang, kebutuhan Arsinum di Pulau Barang Caddi juga sudah terpenuhi. Bahkan, mampu memproduksi hingga 150 galon tiap harinya.

Baca Juga : Lies Nurdin Abdullah Minta Restu Maju Senayan di Forum Silaturahmi Alumni Kacak

Lurah Barang Caddi, M Sahryd mengungkapkan, sebelum ada Arsinum, masyarakat hanya mengharapkan air ledeng dari Kota Makassar dan harganya cukup mahal yaitu Rp7.000 per galon, sekarang arsinum dijual hanya Rp3.000 pergalon.

“Kami sangat berterima kasih kepada pak gub (Nurdin Abdullah), dengan adanya Arsinum sangat membantu. Beberapa tahun lamanya, baru kali pertama ada pejabat atau gubernur yang masuk menyiapkan bantuan Arsinum,” katanya.

Bagi M Sahryd, sosok Gubernur nonaktif Nurdin Abdullah sangat peduli dan akrab dengan masyarakat. Dia akan berbaur dan merangkul masyarakat tanpa memandang kasta.

Baca Juga : Pesan Nurdin Abdullah ke Andi Sudirman Saat Bertemu di Sukamiskin: Majumi Lagi

“Contohnya, saat pertama kali pak gub datang, beliau langsung bersosialisasi dan bertanya apa yang dibutuhkan oleh warga pulau. Akhirnya, beliau berkesimpulan untuk membangun Arsinum. Beberapa minggu saja, langsung dibangun Arsinum,” kenangnya.

Bukan itu saja, Nurdin Abdullah juga memprogramkan pemasangan listrik bawah laut melihat penggunaan listrik masih berasal dari swadaya masyarakat yang kurang lebih berjumlah 700 Kepala Keluarga (KK).

“Harapan kami, apa yang telah diprogramkan Nurdin Abdullah bisa segera dilanjutkan dan terlaksana kembali,” harapnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Lifestyle21 Februari 2024 13:01
Kallafriends Berhasil Capai 50 Ribu Downloader Selama 2023
Superapp Kallafriends terus hadir memberikan digital experience berbeda kepada pelanggan. Kallafriends berhasil mencapai lebih dari 50 ribu downloader...
Ekonomi21 Februari 2024 12:44
Smartfren for Business dan AXA Insurance Kolaborasi Beri Perlindungan Bagi UKM
PT AXA Insurance Indonesia (AXA Insurance), penyedia jasa asuransi umum dan kesehatan kerja sama dengan Smartfren for Business memberikan perlindungan...
Video20 Februari 2024 21:40
VIDEO: Suara Caleg PPP Makassar Diduga Dicuri
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tiga orang Caleg DPRD Makassar dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang maju di Dapil 2 meliputi Kecamatan Tallo,...
Hukum20 Februari 2024 21:07
Tingkatkan Kualitas Layanan AHU, Kanwil Kemenkumham Sulsel Gelar Sosialisasi Kenotariatan, Kewarganegaraan dan Pewarganegaraan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan Sosialisasikan layanan Administrasi Hukum Umum (AHU) terkai...