Logo Sulselsatu

Indonesia Tuan Rumah FIBA Asia Cup 2021

Midkhal
Midkhal

Jumat, 04 Juni 2021 12:01

Indonesia Tuan Rumah FIBA Asia Cup 2021

SULSELSATU.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas bersama jajaran terkait untuk membahas persiapan penyelenggaraan salah satu ajang olahraga berskala internasional yakni FIBA Asia Cup 2021. Dalam rapat tersebut, Presiden meminta agar penyelenggaraan ajang yang akan digelar pada bulan Agustus 2021 tersebut disiapkan secara baik.

“Beliau memberikan arahan kepada kami untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik-baiknya karena waktunya sudah sangat mepet. Jadi itu yang kaitan dengan FIBA Asia Cup, kejuaraan basket yang akan kita lakukan pada bulan Agustus,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, dalam keterangannya.

Menpora menjelaskan bahwa ajang FIBA Asia Cup 2021 nantinya akan diikuti oleh sejumlah negara dari kawasan Asia Pasifik. Pada tahun 2023 nanti, Indonesia juga telah ditunjuk untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket atau FIBA World Cup.

Baca Juga : PSSI, Kemenpora dan Polri Bahas Izin Liga Selasa 25 Mei

“Untuk menjadi peserta itu (FIBA World Cup) harus ikut kualifikasi dan kita memang harus berjuang keras. Niat kita, kita menjadi penyelenggara yang baik, tetapi juga harus punya prestasi dalam tim nasional kita,” imbuhnya.

Sponsored by MGID

Meski peluang tim nasional basket Indonesia untuk ikut ajang FIBA World Cup itu tidak mudah, namun Menpora meyakini bahwa keputusan Indonesia menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup 2021 akan membuka kesempatan untuk bisa lolos ke ajang FIBA World Cup. Menurutnya, dari peserta FIBA Asia Cup itu nantinya akan diambil 8 besar untuk mengikuti FIBA World Cup.

“Kalau diselenggarakan di Indonesia, tentu peluang itu akan besar untuk kita. Oleh sebab itu, kenapa kita menggunakan kesempatan untuk menjadi tuan rumah,” jelasnya.

Baca Juga : Kemenpora Ajukan Anggaran Rp400 Miliar Biayai Piala Dunia U-20

Dalam rapat tersebut, Menpora juga menyampaikan sejumlah hal lain terkait dengan kesiapan sarana dan prasarana penunjang FIBA Asia Cup, serta kesiapan tim nasional basket Indonesia. Menpora optimistis, peluang tim nasional basket Indonesia untuk mengulang posisi di Asian Games 2018 lalu bisa terulang.

“Saya kira kalau kita berkaca kepada Asian Games, tim nasional kita berada pada posisi 8 besar, maka insyaallah ini akan sama pada saat FIBA Asia nanti,” tandasnya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama28 Oktober 2021 01:33
Wali Kota Danny Jadi Tim Penguji di Munas IAI
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) hadir dalam Musyawarah Nasional (Munas) Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) ...
Berita Utama28 Oktober 2021 00:09
Kebakaran di Allu Tarowang Jeneponto, Bocah 8 Tahun Tewas Terbakar
SULSELSATU.com, Jeneponto – Kebakaran rumah kembali terjadi di Jeneponto. Kali ini rumah panggung milik Satturia dg Sangka (55) di Dusun Likusar...
Video27 Oktober 2021 23:20
VIDEO: Nekat, Maling Ini Ketahuan Saat Bobol Mesin ATM di Markas TNI
SULSELSATU.com – Seorang pria kedapatan saat membobol mesin ATM di markas TNI viral di media sosial. Dalam video terlihat pria itu berada di dal...
Sponsored by MGID
Berita Utama27 Oktober 2021 20:46
Bupati Iksan Sebut, Puskesmas di Jeneponto “Cantik” Karena Aliyah Mustika
SULSELSATU.com, Jeneponto – Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar memberi apresiasi kepada anggota DPR RI, Aliyah Mustika atas kontribusi dan perhati...