Logo Sulselsatu

Pemkot Parepare Miliki Perwali Sistem Satu Data Pembangunan Daerah

Midkhal
Midkhal

Kamis, 15 Juli 2021 20:29

Pemkot Parepare Miliki Perwali Sistem Satu Data Pembangunan Daerah

SULSELSATU.com, Parepare – Badan Informasi Geospasial (BIG) bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Infrastruktur Informasi Geospasial (PPIG) Universitas Hasanuddin dan Pemerintah Kota Parepare menggelar Sosialisasi Penguatan Kelembagaan Simpul Jaringan Daerah.

Sosialisasi dibuka secara virtual oleh Sekretaris Daerah Kota Parepare, H Iwan Asaad, Kamis (15/7/2021).

Dalam sambutannya, Sekda Iwan Asaad mengemukakan, Pemerintah Kota Parepare berkomitmen dalam penerapan dan pelaksanaan Simpul Jaringan ini. “Dalam aspek kelembagaan, akan membuat regulasi terkait dengan hal tersebut,” kata Iwan Asaad.

Baca Juga : Kabar Gembira! Warga Parepare Pasien Covid Isoman di Rumah Bakal Diberi Tunjangan Uang

Selain itu, kata dia, BIG juga membangun dan memelihara sistem akses jaringan IGN pada penghubung Simpul Jaringan, memfasilitasi penyebarluasan Informasi Geospasial (IG) Simpul Jaringan melalui jaringan IGN.

Sponsored by MGID

”Dalam Perpres tersebut juga disebutkan bahwa Pemda diwajibkan untuk membuat Unit Kerja yang menjadi Simpul Jaringan dalam melaksanakan tugas sebagai unit produksi, pengelolaan dan penyebarluasan informasi geospasial.

Aturan itu diperkuat dengan berlakunya SE Mendagri No. 503/685A/SJ tentang penyiapan infrastruktur dan jaringan untuk Kebijakan Satu Peta (KSP) bagi Pemda serta penunjukkan unit kerjanya,” ungkap Iwan.

Baca Juga : Alhamdulillah! Pemkot Parepare Lunasi Insentif Nakes, Menyusul Insentif Tenaga Vaksinasi

Simpul Jaringan ini merupakan institusi yang bertanggung jawab dalam penyelenggaraan pengumpulan, pemeliharaan, pemutakhiran, pertukaran dan penyebarluasan Data Geospasial dan Informasi Geospasial tertentu.

“Dengan adanya Simpul Jaringan maka tanggung jawab terhadap data/informasi geospasial tema tertentu menjadi jelas. Jangan sampai tema peta yang sama dibuat oleh banyak institusi,” imbuh Iwan.

Dalam kesempatan itu, Iwan juga menekankan arahan Presiden RI tentang pentingnya satu data dalam proses pengambilan kebijakan yang tepat.

Baca Juga : Prioritaskan Nakes, Taufan Pawe Diundang Jadi Pembicara di Kemenkes RI

“Dalam hal satu data ini, Pemerintah Kota Parepare telah memiliki Peraturan Wali Kota tentang Sistem Satu Data Untuk Pembangunan Daerah. Dengan adanya Perwali ini bertujuan untuk memiliki satu basis data pembangunan yang akurat, terpusat dan terintegrasi,” tegas Iwan.

Perwali Sistem Satu Data Pembangunan Daerah ini juga dapat menghasilkan analisis kebijakan pembangunan yang tepat, aktual, bermutu dan akuntabel bagi daerah an pemangku kepentingan serta menghasilkan perencanaan pembangunan secara terukur dan komprehensif.

Iwan pun berharap sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman tentang Penguatan Simpul Jaringan Geospasial dan Kota Parepare.

Baca Juga : Prioritaskan Nakes, Taufan Pawe Diundang Jadi Pembicara di Kemenkes RI

“Kami berharap dukungan dari Badan Informasi Geospasial dalam hal penguatan Simpul Jaringan di Kota Parepare sehingga dalam Peta Simpul Jaringan Nasional, status Kota Parepare dalam Peta Simpul Jaringan Nasional dapat menjadi daerah yang unggul,” harap Iwan.

Sosialisasi yang terpusat di ruang rapat Bappeda Parepare itu juga dihadiri secara virtual oleh Plt Deputi Infrastruktur Informasi Geospasial (IIG) Dr Rer Nat Sumaryono sekaligus memberikan arahan.

Dari Bappeda Parepare hadir Kepala Bappeda Samsuddin Taha, Sekretaris Bappeda Zulkarnaen Nasrun, dan jajaran, serta beberapa Kepala SKPD.

Sementara materi dalam sosialisasi adalah One Data Indonesia, Geoportal dan Kelembagaan Simpul Jaringan Daerah oleh Aris Haryanto dari BIG. Kemudian Pendampingan Penguatan Kelembagaan Simpul Jaringan Daerah oleh Dr Nurjannah Nurdin dan Dr Mahatma Lanuru.

Baca Juga : Prioritaskan Nakes, Taufan Pawe Diundang Jadi Pembicara di Kemenkes RI

Serta diskusi tentang Kesiapan Kelembagaan Simpul Jaringan dan Peraturan Tata Kelola Data dan Informasi, Kesiapan Data Geospasial masing-masing OPD, dan Ketersediaan SDM Geospasial.

Penulis : Andi Fardi
Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

OPD06 Desember 2021 20:47
Rangga Janji Perjuangkan Aspirasi Warga Saat Reses Bisa Terealisasi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota DPRD Sulsel Fachruddin Rangga kembali melakukan reses pada titik keempat di Kelurahan Pa’bundukang, Kecamat...
Berita Utama06 Desember 2021 20:13
Capaian Vaksinasi di Jeneponto Masih Rendah, Satgas Covid-19 Sulsel Turun Tangan
SULSELSATU.com, Jeneponto – Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sulsel turun tangan langsung melakukan vaksinasi di Jeneponto. Kedatangan tim Satgas Co...
Breaking News06 Desember 2021 20:05
Varian Omicron Terus Menyebar, Pemerintah Tunda Pemberangkatan Umroh Sampai Tahun 2022
SULSELSATU.com, JAKARTA – Varian Omicron terus menyebar ke sejumpah negara. Melihat kondisj tersebut, Pemerintah memutuskan untuk menunda pember...
Sponsored by MGID
Ekonomi06 Desember 2021 19:46
BRI Tanggap Bencana Semeru, Kerahkan Mobil Evakuasi dan Bangun Posko Bantuan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Proses penanganan bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur masih terus berjala...