Logo Sulselsatu

Pemkot Parepare Miliki Perwali Sistem Satu Data Pembangunan Daerah

Midkhal
Midkhal

Kamis, 15 Juli 2021 20:29

Pemkot Parepare Miliki Perwali Sistem Satu Data Pembangunan Daerah

SULSELSATU.com, Parepare – Badan Informasi Geospasial (BIG) bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Infrastruktur Informasi Geospasial (PPIG) Universitas Hasanuddin dan Pemerintah Kota Parepare menggelar Sosialisasi Penguatan Kelembagaan Simpul Jaringan Daerah.

Sosialisasi dibuka secara virtual oleh Sekretaris Daerah Kota Parepare, H Iwan Asaad, Kamis (15/7/2021).

Dalam sambutannya, Sekda Iwan Asaad mengemukakan, Pemerintah Kota Parepare berkomitmen dalam penerapan dan pelaksanaan Simpul Jaringan ini. “Dalam aspek kelembagaan, akan membuat regulasi terkait dengan hal tersebut,” kata Iwan Asaad.

Baca Juga : Ketua IKM Parepare Tutup Usia, Taufan Pawe Berduka

Selain itu, kata dia, BIG juga membangun dan memelihara sistem akses jaringan IGN pada penghubung Simpul Jaringan, memfasilitasi penyebarluasan Informasi Geospasial (IG) Simpul Jaringan melalui jaringan IGN.

Sponsored by MGID

”Dalam Perpres tersebut juga disebutkan bahwa Pemda diwajibkan untuk membuat Unit Kerja yang menjadi Simpul Jaringan dalam melaksanakan tugas sebagai unit produksi, pengelolaan dan penyebarluasan informasi geospasial.

Aturan itu diperkuat dengan berlakunya SE Mendagri No. 503/685A/SJ tentang penyiapan infrastruktur dan jaringan untuk Kebijakan Satu Peta (KSP) bagi Pemda serta penunjukkan unit kerjanya,” ungkap Iwan.

Baca Juga : Boleh di Masjid, Taufan Pawe Pilih Salat Idul Adha di Rumah

Simpul Jaringan ini merupakan institusi yang bertanggung jawab dalam penyelenggaraan pengumpulan, pemeliharaan, pemutakhiran, pertukaran dan penyebarluasan Data Geospasial dan Informasi Geospasial tertentu.

“Dengan adanya Simpul Jaringan maka tanggung jawab terhadap data/informasi geospasial tema tertentu menjadi jelas. Jangan sampai tema peta yang sama dibuat oleh banyak institusi,” imbuh Iwan.

Dalam kesempatan itu, Iwan juga menekankan arahan Presiden RI tentang pentingnya satu data dalam proses pengambilan kebijakan yang tepat.

Baca Juga : Forkopimda Parepare: Tidak Ada Takbir Keliling Idul Adha 1442 H

“Dalam hal satu data ini, Pemerintah Kota Parepare telah memiliki Peraturan Wali Kota tentang Sistem Satu Data Untuk Pembangunan Daerah. Dengan adanya Perwali ini bertujuan untuk memiliki satu basis data pembangunan yang akurat, terpusat dan terintegrasi,” tegas Iwan.

Perwali Sistem Satu Data Pembangunan Daerah ini juga dapat menghasilkan analisis kebijakan pembangunan yang tepat, aktual, bermutu dan akuntabel bagi daerah an pemangku kepentingan serta menghasilkan perencanaan pembangunan secara terukur dan komprehensif.

Iwan pun berharap sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman tentang Penguatan Simpul Jaringan Geospasial dan Kota Parepare.

Baca Juga : Forkopimda Parepare: Tidak Ada Takbir Keliling Idul Adha 1442 H

“Kami berharap dukungan dari Badan Informasi Geospasial dalam hal penguatan Simpul Jaringan di Kota Parepare sehingga dalam Peta Simpul Jaringan Nasional, status Kota Parepare dalam Peta Simpul Jaringan Nasional dapat menjadi daerah yang unggul,” harap Iwan.

Sosialisasi yang terpusat di ruang rapat Bappeda Parepare itu juga dihadiri secara virtual oleh Plt Deputi Infrastruktur Informasi Geospasial (IIG) Dr Rer Nat Sumaryono sekaligus memberikan arahan.

Dari Bappeda Parepare hadir Kepala Bappeda Samsuddin Taha, Sekretaris Bappeda Zulkarnaen Nasrun, dan jajaran, serta beberapa Kepala SKPD.

Sementara materi dalam sosialisasi adalah One Data Indonesia, Geoportal dan Kelembagaan Simpul Jaringan Daerah oleh Aris Haryanto dari BIG. Kemudian Pendampingan Penguatan Kelembagaan Simpul Jaringan Daerah oleh Dr Nurjannah Nurdin dan Dr Mahatma Lanuru.

Baca Juga : Forkopimda Parepare: Tidak Ada Takbir Keliling Idul Adha 1442 H

Serta diskusi tentang Kesiapan Kelembagaan Simpul Jaringan dan Peraturan Tata Kelola Data dan Informasi, Kesiapan Data Geospasial masing-masing OPD, dan Ketersediaan SDM Geospasial.

Penulis : Andi Fardi
Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video24 Juli 2021 21:28
VIDEO: Pria Terpapar Covid-19 di Sumatera Utara Malah Dianiaya Warga
SULSELSATU.com – Seorang pria yang diduga terpapar Covid-19 dianiaya oleh sejumlah warga viral di media sosial. Video tersebut terjadi di Desa S...
Makassar24 Juli 2021 19:47
Plt Gubernur Sulsel Ucapkan Belasungkawa Meninggalnya Taufik Fachruddin
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Komisaris...
Video24 Juli 2021 19:43
VIDEO: Satpol PP Makassar Bongkar Tembok Pembatas Jalan Masuk Rumah Tahfidz
SULSELSATU.com – Tembok pembatas akses jalan ke rumah tahfidz akhirnya dibongkar oleh petugas Satpol PP Kota Makassar pada Sabtu (24/7/2021) . S...
Sponsored by MGID
Politik24 Juli 2021 18:48
Golkar Makassar Gelar Penandatanganan Pakta Integritas Calon Pengurus
SULSELSATU.com, Makassar - DPD II Partai Golkar Makassar menggelar penandatanganan pakta integritas untuk calon pengurus periode 2021-2026....