Logo Sulselsatu

Pemkot Parepare Miliki Perwali Sistem Satu Data Pembangunan Daerah

Midkhal
Midkhal

Kamis, 15 Juli 2021 20:29

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, Parepare – Badan Informasi Geospasial (BIG) bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Infrastruktur Informasi Geospasial (PPIG) Universitas Hasanuddin dan Pemerintah Kota Parepare menggelar Sosialisasi Penguatan Kelembagaan Simpul Jaringan Daerah.

Sosialisasi dibuka secara virtual oleh Sekretaris Daerah Kota Parepare, H Iwan Asaad, Kamis (15/7/2021).

Dalam sambutannya, Sekda Iwan Asaad mengemukakan, Pemerintah Kota Parepare berkomitmen dalam penerapan dan pelaksanaan Simpul Jaringan ini. “Dalam aspek kelembagaan, akan membuat regulasi terkait dengan hal tersebut,” kata Iwan Asaad.

Baca Juga : Untung Menggiurkan, Kejari-Pemkot Parepare Komitmen Berantas Mafia Pupuk

Selain itu, kata dia, BIG juga membangun dan memelihara sistem akses jaringan IGN pada penghubung Simpul Jaringan, memfasilitasi penyebarluasan Informasi Geospasial (IG) Simpul Jaringan melalui jaringan IGN.

”Dalam Perpres tersebut juga disebutkan bahwa Pemda diwajibkan untuk membuat Unit Kerja yang menjadi Simpul Jaringan dalam melaksanakan tugas sebagai unit produksi, pengelolaan dan penyebarluasan informasi geospasial.

Aturan itu diperkuat dengan berlakunya SE Mendagri No. 503/685A/SJ tentang penyiapan infrastruktur dan jaringan untuk Kebijakan Satu Peta (KSP) bagi Pemda serta penunjukkan unit kerjanya,” ungkap Iwan.

Baca Juga : Jembatan Kembar Parepare Akan Diresmikan Pada HUT Kota ke-63

Simpul Jaringan ini merupakan institusi yang bertanggung jawab dalam penyelenggaraan pengumpulan, pemeliharaan, pemutakhiran, pertukaran dan penyebarluasan Data Geospasial dan Informasi Geospasial tertentu.

“Dengan adanya Simpul Jaringan maka tanggung jawab terhadap data/informasi geospasial tema tertentu menjadi jelas. Jangan sampai tema peta yang sama dibuat oleh banyak institusi,” imbuh Iwan.

Dalam kesempatan itu, Iwan juga menekankan arahan Presiden RI tentang pentingnya satu data dalam proses pengambilan kebijakan yang tepat.

Baca Juga : Kawasan Kuliner Religi Parepare, Ruang Publik Ramah Anak

“Dalam hal satu data ini, Pemerintah Kota Parepare telah memiliki Peraturan Wali Kota tentang Sistem Satu Data Untuk Pembangunan Daerah. Dengan adanya Perwali ini bertujuan untuk memiliki satu basis data pembangunan yang akurat, terpusat dan terintegrasi,” tegas Iwan.

Perwali Sistem Satu Data Pembangunan Daerah ini juga dapat menghasilkan analisis kebijakan pembangunan yang tepat, aktual, bermutu dan akuntabel bagi daerah an pemangku kepentingan serta menghasilkan perencanaan pembangunan secara terukur dan komprehensif.

Iwan pun berharap sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman tentang Penguatan Simpul Jaringan Geospasial dan Kota Parepare.

Baca Juga : Taufan Pawe dan Istrinya Umrah, Pemkot Parepare Dikendalikan Pangerang Rahim

“Kami berharap dukungan dari Badan Informasi Geospasial dalam hal penguatan Simpul Jaringan di Kota Parepare sehingga dalam Peta Simpul Jaringan Nasional, status Kota Parepare dalam Peta Simpul Jaringan Nasional dapat menjadi daerah yang unggul,” harap Iwan.

Sosialisasi yang terpusat di ruang rapat Bappeda Parepare itu juga dihadiri secara virtual oleh Plt Deputi Infrastruktur Informasi Geospasial (IIG) Dr Rer Nat Sumaryono sekaligus memberikan arahan.

Dari Bappeda Parepare hadir Kepala Bappeda Samsuddin Taha, Sekretaris Bappeda Zulkarnaen Nasrun, dan jajaran, serta beberapa Kepala SKPD.

Sementara materi dalam sosialisasi adalah One Data Indonesia, Geoportal dan Kelembagaan Simpul Jaringan Daerah oleh Aris Haryanto dari BIG. Kemudian Pendampingan Penguatan Kelembagaan Simpul Jaringan Daerah oleh Dr Nurjannah Nurdin dan Dr Mahatma Lanuru.

Baca Juga : Buka Lomba Inovasi 2023, Taufan Pawe Harap Pelayanan Publik Lebih Optimal

Serta diskusi tentang Kesiapan Kelembagaan Simpul Jaringan dan Peraturan Tata Kelola Data dan Informasi, Kesiapan Data Geospasial masing-masing OPD, dan Ketersediaan SDM Geospasial.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Fardi
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video04 Maret 2024 21:33
VIDEO: Kebakaran di Samping SPBU Tomoni, Satu Truk Terbakar
SULSELSATU.com – Sebuah insiden kebakaran terjadi di sebelah SPBU Tomoni, Kecamatan Tomoni, Kabupaten Luwu Timur pada hari Minggu (3/3/2024). Ke...
Video04 Maret 2024 20:39
VIDEO: Mulai Tahun Ini, PPPK Makassar Bakal Nikmati TPP
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK di lingkup Pemerintah Kota Makassar mulai tahun 2024 ini sudah d...
Bisnis04 Maret 2024 19:14
TelkomGroup Perkuat Portofolio Bisnis, NeutraDC Selesaikan Konsolidasi Data Center Telin Singapore
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya yang berfokus pada bisnis data center, NeutraDC (Telkom Data Ekosistem) telah menyele...
Video04 Maret 2024 18:30
VIDEO: Damkar Evakuasi Pegawai yang Terjebak di Lift Puskesmas Kassi-Kassi Makassar
SULSELSATU.com – Seorang pegawai terjebak di lift Puskesmas Kassi-Kassi, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (4/3/2024). Sejumlah petugas dam...