Logo Sulselsatu

Dewan Desak Percepat Pengisian JPT di Pemkot Makassar

Asrul
Asrul

Kamis, 22 Juli 2021 14:39

Anggota Komisi A DPRD Kota Makassar, Kasrudi. (ist)
Anggota Komisi A DPRD Kota Makassar, Kasrudi. (ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota Komisi A Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kota Makassar meminta pemkot sesegera mungkin melakukan pengisian jabatan pimpinan tertinggi (JPT) pascaenam bulan menjabat.

Diketahui ada sekitar 23 Jabatan yang saat ini kosong ataupun diisi oleh pelaksana tugas (Plt). Anggota Komisi A Kasrudi beranggapan jabatan lowong tersebut cukup berpengaruh kinerja pemerintahan ke depannya sehingga pemerintah jangan menunda hal tersebut.

“Untuk yang lowong ataupun diisi Plt harus cepat diisi karena sangat berpengaruh pada kinerja pemkot, tapi kan ini juga sebenarnya pemkot tersandung regulasi, untuk lelang kan enam bulanpi setelah pelantikan (walikota),” ujar legislator Gerindra ini.

Selain itu dirinya juga mengatensi agar pemkot bisa benar-benar selektif memilih orang-orang yang berintegritas, utamanya posisi-posisi krusial saat ini, Seperti Dinsos ataupun Dinkes yang peran besarnya sangat dibutuhkan dalam mengakomodir permasalahan Covid-19.

Sponsored by MGID

“Itu juga termasuk (masalah Covid dan Bansos). semoga setelah ada jabatan, lelang ini, orang yang terpilih benar-benar maksimal, utamanya dia bisa mengetahui visi-misi walikota, karena ada kontrak politik,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Makassar Siswanta Attas mengatakan total ada 12 jabatan yang saat ini kosong, sisanya yaitu 11 jabatan diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt).

“Jadi ada sekitar 20 JPT belum ada, ada yang sudah ada Plt-nya,” terangnya saat dihubungi.

Adapun jabatan yang saat ini diisi Plt yaitu BPKAD yang saat ini diisi oleh Plt Helmy Budiman, Sekretaris Dewan yang saat ini diisi Plt Harun Rani, Dinas Kesehatan diisi Plt Andi Hadijah Iriani, DPU diisi Plt M. Hamka, Dinas Kebudayaan diisi Herfida Attas, Diskominfo diisi Plt Denny Hidayat, Damkar diisi Plt Hasanuddin, Dinas Penataan Ruang diisi Plt Husni Mubarak, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana diisi Plt Arya Puspasari Abady, Dinas Pertanahan diisi Plt Andi Zulkifli Nanda dan Dinsos diisi Plt Asvira Anwar.

Sementara jabatan yang sama sekali belum terisi pasca-Jobfit yaitu Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang sebelumnya dijabat Plt Iman Hud, kini menjadi Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar. Kepala Dinas Pariwisata sebelumnya dijabat Rusmayani Madjid kini menjadi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Makassar. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sebelumnya dijabat Tenri A Palallo yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas Perpustakaan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga sebelumnya dijabat Hendra Hakamuddin yang kini menjadi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP sebelumnya dijabat Andi Bukti Djufrie kini menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Makassar.

Kepala Dinas Perdagangan sebelumnya dijabat Andi Muh Yasir yang kini menjadi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Makassar. Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman sebelumnya dijabat Fatur Rahim yang kini menjadi Kepala Dinas Kearsipan dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja sebelumnya dijabat Iman Hud yang kini menjadi Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar.

Siswanta mengatakan belum mengetahui pasti kapan jabatan-jabatan tersebut segera diisi oleh Plt.

“Jadi JPT yang lowong pasti akan dilelang, tapi untuk sementara ini belum ditau yang isi Plt. Jadwalnya juga kita belum (pastikan),” pungkasnya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Adventorial23 September 2021 00:02
Ukur Potensi ASN, Pemkot Parepare Lakukan Tes Asesmen
SULSELSATU.com, Parepare — Untuk mengukur kemampuan manajerial Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN), Pemerintah Kota Pare...
Video22 September 2021 23:32
VIDEO: Syaharuddin Alrif Terima Aduan Pengusaha Peternak Ayam di DPRD Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sejumlah pengusaha peternak ayam mengadu ke DPRD Sulsel terkait lonjakan harga pakan yang dinilai terlalu tinggi. Sem...
Video22 September 2021 22:31
VIDEO: Bupati Kolaka Timur Terjaring OTT KPK Baru Menjabat 14 Minggu
SULSELSATU.com – Bupati Kolaka Timur, Andi Merya Nur terjaring OTT Komisi Pemberantasan Korupsi, Selasa (21/9/2021). Sebelum menangkap Bupati Ko...
Sponsored by MGID
Ekonomi22 September 2021 21:12
Lewat Kegiatan Memilah Sampah Menabung Emas, Pegadaian Ajak Anak-anak Jadi Pahlawan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan kegiatan Memilah Sampah Menabung Emas pada bulan Juli lalu, kini PT Pegadaian ...