Logo Sulselsatu

Ranperda RPJMD Kota Makassar Ditarget Selesai Sebelum APBD Perubahan

Asrul
Asrul

Senin, 02 Agustus 2021 12:39

Ketua Komisi D DPRD Makassar, Abd. Wahab Tahir. (Foto/Ist)
Ketua Komisi D DPRD Makassar, Abd. Wahab Tahir. (Foto/Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Panitia Khusus Ranperda Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Makassar tahun 2021-2026 melaksanakan rapat terbatas bersama tim ahli dan sejumlah instansi terkait.

Wakil Ketua Pansus Ranperda RPJMD Kota Makassar, Abdul Wahab Tahir mengatakan pembahasan RPJMD masih sebatas ekspos.

“RPJMD ini masih ekspos, berikutnya jawaban pemerintah kota atas tanggapan ahli, jawaban ahli atas tanggapan pemerintah kota dan kami akan memanggil koalisi organisasi non pemerintah (NGO) sebagai partisipan terhadap arah pembangunan,” kata Wahab, Senin (2/8/2021).

Baca Juga : Ray Suryadi Minta Dinkes Makassar Segera Bayar Upah Tim Detektor Covid-19

Selain itu, kata Wahab hal yang paling krusial dalam pembahasan tersebut seluruh pihak terkait hendak membahas kajian secara teknis. Sementara di ekspos ini baru membahas secara umum.

Sponsored by MGID

“Baru bicara dokumen, belum kepada norma dan kaidah hal paling substansi tadi adalah norma dan kaidah pakemnya saya balik tadi, saya tuntaskan dokumen pendukungnya baru kita bicara norma dan kaidahnya,” tutur legislator Golkar ini.

Meski pembahasan baru berada di fase awal, namun Ketua komisi D DPRD Kota Makassar ini yakin bahwa Ranperda RPJMD ini tidak lewat dari batas waktu. Terlebih, APBD Perubahan sendiri bakal masuk pada bulan September mendatang.

Baca Juga : Budi Hastuti Sebut Sistem Pendidikan di Makassar Butuh Adaptasi Baru

“Tidak lah, semua punya batasan toleransi, semua punya batasan tentatif secara waktu tapi ada toleransi karena keadaan sekarang ini bayangkan saja rapat tidak boleh lewat dari jam 4, apalagi PPKM level IV sekarang kan,” ujarnya.

“Optimis lah, selesai tepat waktu, sedikit ji pasalnya yang berat itu dokumen pendukungnya karena antara norma kaidah harus berkesesuaian dengan dokumen pendukung karena itu satu rangkaian yang tidak bisa dipisah begitu bunyi pasalnya. Doakan saja,” pungkasnya.

Sementara, Anggota Pansus RPJMD Kota Makassar, Abdi Asmara menambahkan RPJMD kali ini merupakan kontrak politik Walikota dan Wakil Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi.

Baca Juga : Legislator PKS Makassar Yeni Rahman Minta Perda Rokok Dilaksanakan Secara Baik

Abdi menekankan, seluruh visi misi Danny-Fatma harus termaktub dalam RPJMD ini.

“Tentunya harapan kami karena masa jabatan Pak Danny ini kurang lebih tiga tahun, harapan besar kami semua janji politik itu tertuang dalam RPJMD ini. Jangan lah lagi setelah dua tahun baru ada perubahan. Kami mau Bappeda tim yang menyusun efektif dalam menyusun ini termaktub semua apa yang dijanjikan sama masyarakat adalah dihimpun di situ,” kata Abdi.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar27 September 2021 21:13
Pulihkan Pariwisata Sulsel, Forum Pariwisata Sulsel Bergerak Launching Hastag #KeSulSelmi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Forum Pariwisata Sulsel Bergerak melaunching slogan hastag #KeSulSelMi di Kopi Kebun Jalan Racing Center Makassar, Se...
Makassar27 September 2021 19:46
Kanwilkumham dan Dinsos MoU Pembinaan Warga Lapas, Plt Gubernur Sulsel Harap Ada Sertifikasi Pembinaan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kantor Wilayah Kemen...
Makassar27 September 2021 18:54
Siapkan Simulasi PTM, Pemkot Makassar Pastikan Kondisi Pelajar Sehat Terlebih Dulu
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar tidak mau gegabah menerapkan proses pembelajaran tatap muka (PTM) bagi para pelajar di masa ...
Sponsored by MGID
Video27 September 2021 18:41
VIDEO: Purnawirawan Polri Terpaksa Jadi Manusia Silver Akibat Himpitan Ekonomi
SULSELSATU.com – Seorang purnawirawan Polri jadi manusia silver viral di media sosial. Purnawirawan Polri itu ditangkap oleh satpol PP di Kota S...